Mengubah Inch ke Centimeter di Google Docs

Bagikan:

Pada artikel sebelumnya, saya telah mengenalkan kalian tentang Google Drive (GDrive) untuk penyiimpanan data. Nah, selain dapat kalian gunakan sebagai tambahan media penyimpanan data, kalian juga dapat membuat beberapa dokumen yang sudah disediakan secara default oleh Google seperti Google Docs (mirip Word). Google Sheet (mirip Excel), Google Slide (mirip Powerpoint), dan sebagainya. Yang akan kita bahas untuk saat ini adalah tentang Google Docs. O, iya…yang perlu kalian tahu adalah ketika kalian membuat dokumen di GDrive ataupun mengedit dokumen yang sudah kalian upload di GDrive, maka secara otomatis Google akan selalu menyimpan data kalian. Jadi, kalian tidak perlu khawatir akan kehilangan data dan pastinya data yang sudah tersimpan di GDrive sudah kebal terhadap virus apapun. It’s cool, right? Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengubah satuan ukuran pada dokumen Google Docs yang secara default adalah inch, menjadi ukuran centimeter (cm).

Mengubah Inch ke Centimeter di Google Docs

Bagi kalian yang sudah pernah atau malah biasa menggunakan Google Docs, mungkin secara tidak sadar kalian masih berada di format inch untuk kertas yang kalian pakai. Mengapa demikian? Ya, karena itulah settingan default pertama kali dari Google Docs untuk ukuran kertas internasional US. Jika kalian tidak asing dengan istilah Page Setup di Word, maka silahkan cek Page Setup Google Docs kalian. Hasilnya akan tampil seperti ini.

Page Setup Google Docs
Page Setup Google Docs

Perhatikan tanda panah yang menunjukkan bahwa dokumen Google Docs masih ada pada satuan inch. Bagi yang tidak biasa menggunakan satuan inch tentu akan bingung, termasuk saya haha. Apalagi dalam tata tulis resmi karya ilmiah yang biasa kita gunakan hanya mengacu pada ukuran centimeter (cm) baik untuk ukuran kertas, margin, dan sebagainya. Nah, bagaimana cara mengubahnya ke centimeter (cm)? Okey, kita akan ulas dari nol ya agar yang belum terbiasa dengan Google Docs juga bisa ikut menyimak 😀

  1. Login ke drive.google.com agar dengan akun Gmail kalian agar bisa menggunakan fasilitas Google Drive.
  2. Setelah masuk ke halaman awal GDrive, buatlah dokumen Google Docs baru yang bisa kalian lakukan secara cepat dengan klik kanan area GDrive > pilih Google Docs
    Klik kanan GDrive
    Klik kanan GDrive
  3. Setelah itu, kalian akan melihat tampilan dokumen baru dari Google Docs. Ya miriplah dengan dokumen barunya Word, tapi tidak kembar hehe. Kalau diperbandingkan sama Word ya lebih mirip Word 2003 dulu karena menu Google Docs belum memiliki ribbon layaknya Word yang terbaru. But…secara fungsionalitas Google Docs gak kalah sama Word dan pastinya gratissss.
    Tampilan dokumen baru Google Docs
    Tampilan dokumen baru Google Docs

    Untuk sementara kita tidak akan membahas menu dan apalah-apalah dulu ya. Itu akan jadi materi selanjutnya dalam artikel yang lain ^_^

  4. Jika kalian belum pernah menggunakan Google Docs, pengaturan Page Setup dapat kalian lihat dari menu File > pilih Page Setup.
    Setting Page Setup Google Docs
    Setting Page Setup Google Docs
  5. Untuk mengubah ukuran inch ke centimeter (cm), kalian perlu masuk ke Docs Home untuk mengubah settingannya. Klik menu Docs Home yang berada di pojok kiri atas dan bertanda biru. Perhatikan gambar berikut.
    Docs Home
    Docs Home
  6. Kalian akan diantar ke halaman Docs Home seperti gambar berikut.
    Halaman Google Docs Home
    Halaman Google Docs Home
  7. Masih semangat membaca kan? Sedikit lagi kok 😀
  8. Oke, lanjut. Klik menu utama di Docs Home kalian yang terletak di sebelah kiri atas seperti gambar berikut.
    Pilih setting Docs Home
    Pilih setting Docs Home

    Pilih Settings untuk masuk ke pengaturan bahasa. Lho, kok pengaturan bahasa? Kan niatnya ngatur ukuran to? Iya, sabar dulu. Baca bawah lagi 😀

  9. Setelah kalian klik Settings, kalian akan melihat pengaturan bahasa yang kalian gunakan dengan Google Docs. Di sinilah masalah kalian akan terpecahkan dengan mengganti settingan bahasa ke bahasa Indonesia kita tercinta. Jika bahasa kalian belum bahasa Indonesia, klik saja untuk menggantinya.
    Ganti bahasa Docs
    Ganti bahasa Docs
  10. Setelah itu, kalian akan diantar ke halaman Account Preferences. Perhatikan bagian Language & Input Tools > ganti bagian Language ke bahasa Indonesia.
    Ganti bahasa Indonesia
    Ganti bahasa Indonesia
  11. Klik tanda pensil untuk memilih bahasa yang tersedia.
    Edit bahasa
    Edit bahasa
  12. Pilih bahasa Indonesia ya.
    Pilih bahasa Indonesia
    Pilih bahasa Indonesia
  13. Sekarang kembalilah ke dokumen Google Docs kalian dan tekan F5 pada keyboard untuk refresh tampiilan.

Bagaimana hasilnya? Untuk mengecek apakah sudah menjadi sentimeter atau belum, cek ulang pada Page Setup yang sekarang telah berganti bahasa menjadi Penataan halaman karena kita sudah menggunakan bahasa Indonesia ya. Berikut tampilan Page Setup saya yang sudah menjadi sentimeter (cm).

Sentimeter (cm)
Sentimeter (cm)

Sekarang kalian bisa mengganti margin dengan ukuran sentimeter yang mudah kalian sesuaikan. Selamat bekerja 😀