Solusi utf8mb4 requires a newer client library WordPress

Bagikan:

Lagi-lagi artikel yang saya tulis ini muncul atas pengalaman pribadi yang berhasil menyelesaikan masalah tanpa masalah – tapi bukan pegadaian ya hahaha. Okay, kita akan bahas solusi utf8mb4 requires a newer client library di WordPress yang biasanya muncul di tampilan status Site Health.

Kemunculan Masalah

Awal muncul notif utf8mb4 requires a newer client library ini juga tak terduga ya karena sistem Site Health di WordPress saya secara otomatis bekerja dan harusnya pada semua WordPress juga demikian jika tidak kalian setting khusus untuk menghentikan fungsi Site Health.

Notif tersebut akan muncul di dashboard dan saat kalian menuju Site Health, secara lengkap rinciannya akan seperti berikut.

tanda utf8mb4 di WordPress

Yang perlu kalian perhatikan adalah dalam warning tersebut harus tertulis Your MariaDB version supports utf8mb4. Jika tidak, berarti untuk sementara kalian harus menunggu sampai provider hosting yang kalian gunakan sudah meng-upgrade sistem databasenya. Kalian juga bisa kontak customer care provider hosting untuk menanyakan hal tersebut.

Dalam kasus ini, kita anggap sistem database sudah mendukung ya. So, langsung aja kita atasi menuju solusi utf8mb4 requires a newer client library.

Solusi Masalah “utf8mb4 requires a newer client library”

Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut. Oiya, sebagai catatan: langkah-langkah ini hanya bisa digunakan jika kalian membeli hosting berbayar. Jika kalian menggunakan hostingan gratis, biasanya hanya ada tampilan pengubahan versi PHP saja. Jadinya bagi pengguna gratisan tidak akan bisa mengatasi ini (ini sepengalaman saya ya dengan hosting gratisan. Jika ada yang punya pengalaman lain, jangan sungkan untuk berbagi dengana menuliskan di kolom komentar 😁 )

  1. Login ke akun CPanel hosting kalian. Untuk alamat link CPanel ini diberikan oleh provider hosting. Silakan tanyakan ke provider hosting saat membeli.
    Tampilan login CPanel hosting
  2. Cari bagian yang bertuliskan Select PHP Version, lalu klik. Dalam bagian ini, untuk hosting berbayar akan muncul versi PHP yang bisa dipilih dan juga ekstensinya.
    Bagian Select PHP version
  3. Selanjutnya, lakukan hal berikut dengan menyesuaikan versi PHP kalian.
    • Jika masih menggunakan versi PHP 7.x , hilangkan centang pada bagian ekstensi mysql, mysqli, pdo_mysql . Lalu, sebagai gantinya berikan centang pada mysqlnd, nd_mysqli, nd_pdo_mysql .
    • Jika kalian menggunakan versi PHP 8.x atau yang terbaru (saya menggunakan versi 8.2), biasanya ekstensi mysql dan mysqli tidak akan muncul. Alhasil, tinggal sesuaikan aja dengan menghilangkan centang pada pdo_mysql kemudian berikan centang pada mysqlnd, nd_mysqli, nd_pdo_mysql .

Selesai. Setelah itu harusnya masalah kalian sudah beres. Ada baiknya kalian juga memberikan centang tambahan pada ekstensi berikut.

  • imagick
  • zip
  • intl

Jika ada pertanyaan, bisa menyampaikan di kolom komentar yes. Selamat bekerja 😁

Bagikan:
5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar