Mencoba Belanja Pulsa di Bukalapak? Why Not?

Bagikan:

Belanja pulsa di zaman yang serba e-commerce tidak repot lagi harus ke konter apalagi saya yang tinggal di pedaleman desa dan terbilang lumayan kalau ke konter. Selain menyediakan berbagai barang yang “kelihatan” wujudnya, Bukalapak juga menyediakan barang yang tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan termasuk di antaranya dalam bentuk pulsa. Sama halnya dengan belanja barang di bukalapak yang sudah kita ulik kemarin, belanja pulsa juga cukup dilakukan dengan satu kali klik. Apakah bisa dipercaya untuk belanja pulsa online? Kan barangnya gak diantar sampai ke rumah via pos? Nah, itu dia yang akan kita bahas. Okey, langsung yuk ke poin utama.

Mencoba Belanja Pulsa di Bukalapak

Ada beberapa hal yang sangat perlu kalian ketahui dalam pembelian pulsa di Bukalapak yakni :

  1. Hanya Verified dan Trusted Seller
    Yang perlu kalian ketahui adalah tidak semua seller alias penjual bisa menjual pulsa di Bukalapak karena pulsa tidak diantar dengan kantor pos atau apapun yang memiliki bukti pengiriman resi. Oleh karena itu, untuk tetap menjaga keamanan transaksi, Bukalapak menyediakan penjual yang verified dan trusted alias terpercaya yang memang sudah bekerja sama dengan Bukalapak. Jika kalian menemukan penjual lain selain di menu Beli Pulsa di Bukalapak, saran saya jangan dibeli. So, pembelian pulsa di Bukalapak HANYA lewat menu Beli Pulsa ya. Tombol menu Beli Pulsa ada di bagian kanan atas yang bisa kalian lihat sebagai berikut.

    Tombol Beli Pulsa
    Tombol Beli Pulsa

    Selain dari tombol Beli Pulsa di atas, kalian juga bisa masuk ke bagian menu Kategori Barang > scroll ke bawah dropdown menu > pilih Tiket & Voucher > pilih pulsa. Ribet ya yang cara kedua haha, pake cara pertama ajalah cepet 😀

  2. Pembelian Hanya Via Komputer/PC
    Selain itu, pembelian pulsa di Bukalapak hanya bisa dilakukan dengan komputer/PC dan untuk sementara belum bisa dilakukan via mobile apps-nya baik untuk Android maupun iOS. Mengapa belum bisa di mobile? Ya ditunggu saja perkembangan aplikasinya terus.
  3. Pembelian pulsa hanya bisa dilakukan Satu Kali Transaksi
    Ya, sepertinya hal ini memang perlu dilakukan dengan tujuan agar tidak ada oknum-oknum yang “memanfaatkan” hal ini untuk pembelian yang tidak terbatas apalagi tidak adanya biaya tambahan layaknya kalau kita beli pulsa di konter. Mungkin yang jadi biaya tambahan hanya tiga digit terakhir sebagai kode unik, toh itu juga tidak mahal menurut saya daripada beli di konter offline. Selain itu, pulsa yang bisa kalian beli hanya dapat dimulai dari pulsa yang bernilai 25 ribu rupiah ke atas. So, tidak ada pulsa 5 ribu rupiah dan 10 ribu rupiah ya.
  4. Konfirmasi Pengiriman Langsung dan Otomatis
    Setelah penjual pulsa melakukan pengiriman ke nomor yang kalian masukkan saat transaksi, maka secara langsung dan otomatis Bukalapak telah mengonfirmasi pembelian kalian dan tidak dapat ditarik ulang ataupun komplain. Oleh karena itu, pastikan dengan detail dan teliti bahwa nomor hape yang ingin kalian isi pulsa sudah benar. Jika pulsa kalian tidak masuk apalagi nyasar, kalian tidak bisa menyalahkan pihak penjual maupun Bukalapak karena saat pengisian nomor sudah sangat gede untuk melihat nomor hape dengan jelas. Nanti akan dijelaskan di bawah tata cara pembelian pulsa.

Okey, empat poin di atas sekiranya cukup bagi kalian yang hendak membeli pulsa di Bukalapak. Sekarang mari kita bahas tentang cara belanja pulsa di Bukalapak. Cekidot…

  1. Login
    Ya jelas tentulah kalian harus login untuk melakukan transaksi di Bukalapak haha. Bagi yang belum punya akun, silahkan daftar aja karena gratis dan tidak dipunguit biaya apapun (kecuali kuota paket data internet kalian). Di artikel sebelumnya sudah saya jelaskan tentang tata cara pendaftaran dan login di Bukalapak ya.
  2. Beli Pulsa
    Nah, sudah saya singgung sedikit tentang tombol menu Beli Pulsa yang bisa kalian klik untuk masuk ke halaman pembelian pulsa. Di sini Bukalapak menawarkan pulsa dari beberapa jenis operator yang bisa kalian beli seperti Indosat, XL, 3, Axis, Smartfren, dan Telkomsel. Pilih yang sesuai dengan nomor hape kalian. Ingat ! Minimal pembelian pulsa harus 25 ribu dan pastikan rekening kalian di atas 25 ribu agar cukup untuk membayar transaksi 😀
    O, iya…jika kalian tidak menemukan harga pulsa yang kalian inginkan, mungkin pulsanya sudah habis untuk harga tersebut. Kalian bisa bertanya pada penjual dengan klik Tinggalkan Pesan untuk memastikan stok pulsa dengan harga yang kalian inginkan.

    Jenis pulsa di Bukalapak
    Jenis pulsa di Bukalapak
  3. Mulai Belanja
    Shopping time. Sama halnya jika kalian membeli barang di Bukalapak seperti yang telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya, kalian hanya perlu klik tombol Beli.

    Klik Beli
    Klik

    Setelah itu, kalian akan masuk ke halaman pengisian data pembelian yakni tentang operator dan nomor telepon yang ingin kalian isi pulsa. Sekali lagi, pastikan data operator dan nomor hape yang kalian masukkan sudah benar. Berikut tampilan skrinsutnya, di sini saya iseng aja milih pulsa yang gede hehe. Kan cuma buat contoh doang 😀

    Isi data beli pulsa
    Isi data beli pulsa

    Klik tombol Lanjut jika sudah memastikan kebenaran data yang kalian masukkan. O, iya…di bawah kolom untuk memasukkan nomor hape, akan otomatis keluar kotak besar yang menunjukkan nomor hape kalian dengan ukuran yang lebih besar. Kotak ini sangat membantu penglihatan agar kita tidak salah dalam memasukkan nomor hape. Selanjutnya, kalian akan diantar ke tampilan metode pembayaran. Sama halnya seperti artikel saya tentang Mudah Belanja di Bukalapak, kalian juga diberi pilihan dengan cara apa kalian akan membayar transaksi yang sudah kalian lakukan. Langsung klik Lanjut jika semua sudah beres.

    Metode pembayaran
    Metode pembayaran

    Selanjutnya kalian akan bertemu halaman jumlah total yang harus kalian bayar beserta kode unik pembelian. Pembayaran hanya dibatasi selama 10 jam dan jika kalian belum membayar dalam batas waktu tersebut, maka transaksi otomatis akan gagal. Berikut tampilan skrinsutnya.

    Total bayar pulsa
    Total bayar pulsa
  4. Saatnya Bayar
    Yup, jika kalian sudah sampai langkah di atas artinya proses pembelian kalian sudah selesai dan saatnya masuk ke tahap pembayaran. Lakukan pembayaran TEPAT TIGA DIGIT yang telah diberikan oleh Bukalapak. Salah digit kode terakhir akan berakibat pembayaran kalian yang tidak bisa terdeteksi. Jangan lupa hanya 1×10 jam ya untuk batas waktu pembayarannya.

Jika kalian sudah membayar, otomatis kalian akan mendapatkan notifikasi di nomor hape (biasanya sms) tentang kesuksesan pengisian pulsa. Sama lah ya kalau isi pulsa di konter secara offline. Sekali lagi, transaksi untuk pembelian pulsa hanya dapat dilakukan satu kali. Jika kalian belum menyelesaikan transaksi pertama, maka kalian belum bisa membeli pulsa lagi dengan akun yang sama. Gini nih skrinsut gagalnya.

Peringatan gagal
Peringatan gagal

Selamat belanja !

Bagikan: