Kuis Menyenangkan dengan Slido (From Templates)

Bagikan:

Pada tutorial sebelumnya tentang membuat kuis di Slido, kita sudah mencoba membuat kuis dengan pilihan From scratch yang cocok untuk jenis ujian. Sekarang, kita akan mencoba membuat kuis menyenangkan dengan slido yang From templates. Kali ini cocok untuk just for fun.

Kuis Menyenangkan dengan Slido

Pilihan From templates memungkinkan kita untuk mengatur waktu per soal dengan hitungan detik. Alhasil, siapa cepat, tepat, pasti dapat posisi leaderboard teratas.

Langsung aja yuh cus eksekusi bagaimana langkah-langkahnya.

  1. Pastikan sudah login di Slido. Langkah-langkah untuk login bisa dilihat di tutorial pertama di link bagian awal paragraf artikel ini ya.
  2. Klik Create Slido > pilih From templates.
Pilihan From templates di Slido
Pilihan From templates di Slido
  1. Akan muncul beberapa pilihan template yang dapat kalian gunakan. Untuk membuat kuis yang fun, pilih bagian Online lecture. Akhiri dengan klik Use template.
Pilih Online lecture
Pilih Online lecture
  1. Kemudian isilah keterangan yang diperlukan. Akhiri dengan klik Create Slido.
Isikan keterangan kuis Slido
Isikan keterangan kuis Slido
  1. Akan muncul tampilan seperti berikut. 
Kuis tipe Online lecture
Kuis tipe Online lecture

Untuk memunculkan semua soal, klik pada Recap of the lecture. Kalimat ini juga bisa diedit, begitu juga soal-soal di dalamnya. Caranya adalah dengan klik tumpukan titik tiga sebelah kanan seperti gambar di atas. Kemudian klik Edit.

  1. Pada tampilan yang muncul, kalian beri centang aja pada bagian Enable timer dan Show leaderboard. Timer kali ini dalam hitungan detik yes.
Pengaturan timer dan leaderboard
Pengaturan timer dan leaderboard

Jangan lupa akhiri dengan klik Save.

Sampai di sini sudah selesai loh. Untuk mempresentasikan kuis juga sama seperti langkah-langkah di tutorial Slido sebelumnya.

Dengan kuis semacam ini, bisa menjadi semacam ice breaking untuk user baik siswa maupun peserta kegiatan dan mencairkan ketegangan serta kejenungan nan kemumetan.

Selamat berkreativitas yes 😀

Bagikan: