Linux Mint 20.3 Sudah Hadir!

Bagikan:

Tahun baru, rilis baru. Kira-kira begitulah sambutan yang tepat untuk kehadiran hal baru ini. Yup, Linux Mint 20.3 sudah hadir tentunya dengan beberapa pembaruan yang mengesankan. Pastinya juga bisa didownload secara gratis.

Ya, setelah lima bulan pengembangan, tindak lanjut yang sangat dinanti-nantikan untuk rilis Linux Mint 20.2 bulan Juli telah keluar (unduhannya langsung dan pengumuman rilis telah naik).

Secara keseluruhan, ini adalah pembaruan substansial yang dikemas dengan banyak perubahan visual dan peningkatan kegunaan yang membuat distro yang sudah ramah pengguna ini lebih mudah digunakan.

Linux Mint 20.3 didasarkan pada  Ubuntu 20.04.5 LTS dan dikirimkan dengan kernel Linux 5.4. Ini didukung dengan pembaruan hingga 2025, meskipun Anda juga akan dapat meningkatkan ke Linux Mint 21 di beberapa titik (belum ada tanggal rilis pasti untuk itu).

Untuk detail lebih lanjut tentang apa yang berubah dalam rilis unggulan Cinnamon, baca terus ya.

Tapi kalau mau langsung nyari bagian unduhan, ada di bagian bawah artikel ini untuk menemukan tautan mengunduh Linux Mint 20.3 untuk Anda coba sendiri 😀

Ringkasan Linux Mint 20.3

Kita akan mulai dengan perubahan yang paling jelas: tema baru.

Linux Mint 20.3 memiliki tampilan baru yang menggunakan lebih sedikit warna hijau! Ya, nada minty yang kita kenal sekarang memberi jalan pada aksen abu-abu seperti baja di seluruh antarmuka pengguna sistem.

Tema “Mint-Y” yang baru juga menampilkan bilah judul yang lebih besar dan kontrol jendela yang lebih besar, dengan tombol perkecil, maksimalkan, dan tutup yang semuanya lebih mudah ditekan daripada sebelumnya.

tampilan lama Linux Mint 20.3tampilan baru Linux Mint 20.3

Selain itu, tema Mint-Y baru menampilkan sudut jendela membulat secara default. Ini memberikan desktop Linux Mint (dan aplikasi apa pun yang berjalan di atasnya) sedikit modernitas — dan membantu distro mengikuti gaya visual yang berkembang di platform lain.

Mereka yang tidak dimenangkan oleh perombakan dapat beralih kembali ke versi asli dari tema Mint-Y dengan menginstal package mint-themes-legacy .

Berpegang teguh pada perubahan visual, beberapa aplikasi media asli Mint (seperti Celluloid , Hypnotix , dan penampil gambar stok) sekarang menggunakan tema gelap secara default. Perubahan ini konsisten dengan distro Linux dan lingkungan desktop lainnya, termasuk Ubuntu.

Tampilan dark mode secara default di aplikasi Linux Mint 20.3
Tampilan dark mode secara default di aplikasi Linux Mint 20.3

Beberapa fitur baru telah ditambahkan ke lingkungan desktop Cinnamon yang disertakan dalam Linux Mint 20.3.

Misalnya, applet kalender sekarang menampilkan acara kalender dari berbagai sumber, termasuk Google Kalender (melalui Akun Online ) serta aplikasi Kalender GNOME yang dikirimkan bersama Mint. Perubahan kecil ini membuat dampak besar bagi mereka yang terorganisir tanpa cela.

Tampilan kalender di Linux Mint 20.3 yang lebih jelas
Tampilan kalender di Linux Mint 20.3 yang lebih jelas

Manajer file Nemo sekarang dengan anggun menangani situasi saat Anda memindahkan atau menyalin file dengan nama yang sama dengan yang ada di tujuan yang dimaksud. Versi Nemo sebelumnya yang ditawarkan memungkinkan Anda ‘melewati’ pemindahan/salinan, atau ‘menimpa’ file yang sudah ada sebelumnya dengan yang baru. Sekarang, di Mint 20.3, Anda mendapatkan opsi untuk mengganti nama file untuk menghindari/menyelesaikan konflik.

Dialog “run” juga memiliki gaya baru:

Tampilan run di Linux Mint 20.3
Tampilan run di Linux Mint 20.3

Mint mengatakan itu adalah animasi ‘ditinjau, disetel, dan disederhanakan’ di seluruh distribusi. Ini adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk memperkenalkan versi yang lebih baru dari pengelola jendela Mutter dalam rilis mendatang, yang menurut Mint mampu memberikan “efek yang lebih baik” — sesuatu yang harus diwaspadai.

Terkait, utilitas Efek sekarang menampilkan desain yang disederhanakan dalam satu halaman, daripada opsi yang dibagi menjadi dua:

Pengaturan efek di Linux Mint 20.3
Pengaturan efek di Linux Mint 20.3

Di tempat lain, beberapa applet panel Cinnamon mendapatkan opsi konfigurasi tambahan, seperti pengalih ruang kerja yang sekarang memungkinkan Anda menonaktifkan pengguliran untuk mengubah ruang kerja, menyembunyikan penghitung di applet notifikasi, dan menghapus label dari applet daftar jendela.

Dan yang besar: Bluetooth sekarang dapat dihidupkan/dimatikan langsung dari menu baki bluetooth itu sendiri.

Aplikasi Baru & Lebih Baik di Linux Mint 20.3

Ke aplikasi, di mana ada banyak perubahan.

Linux Mint 20.3 menyertakan aplikasi baru bernama Thingy . Ini adalah Pengelola dokumen yang menyediakan akses cepat ke dokumen favorit dan/atau yang baru dibuka. Selain itu, alat ini melacak kemajuan membaca Anda sehingga Anda dapat melanjutkan dengan tepat di mana Anda tinggalkan.

Thingy App untuk mengelola dokumen di Linux Mint
Thingy App untuk mengelola dokumen di Linux Mint

Alat Notes yang ada mendapat peningkatan besar di sini, termasuk fungsi pencarian dan opsi pemformatan tambahan, termasuk opsi untuk membuat teks yang dipilih lebih besar atau lebih kecil. Hypnotix , alat TV internet gratis Mint, mendapatkan fitur pencarian saluran; sementara penampil gambar stok Mint dapat ‘menyesuaikan’ gambar dengan lebar atau tinggi.

Sekarang dimungkinkan untuk beralih antar tab di editor teks Xed menggunakan pintasan ctrl + tab sedangkan penampil dokumen XReader sekarang halaman ke arah yang benar saat membaca manga. Kedua aplikasi mengambil opsi untuk menyembunyikan bilah menu (ketuk cepat alt tombol dengan salah satu aplikasi terfokus membuatnya muncul kembali sebentar).

Perubahan lainnya:

  • Peningkatan dukungan untuk bahasa kanan-ke-kiri
  • Dukungan NVIDIA Optimus dalam file .desktop
  • Pintasan alt + super + s baru untuk mengaktifkan pembaca layarsupers
  • Dukungan untuk penskalaan fraksional 3x (jika didukung)
  • laporan sistem sekarang hanya berjalan sekali sehari (sebelumnya satu jam sekali)
  • Wallpaper baru

Untuk detail lebih lanjut, lihat catatan rilis resmi atau pengumuman rilis untuk “Una”, nama kode rilis ini, setelah rilis diumumkan secara resmi.

Unduh Linux Mint 20.3

Anda dapat mengunduh Linux Mint 20.3 dari mirror resmi Linux Mint, yang tersedia sebagai ISO image 64-bit. Buat USB flashdisk dengan menggunakan alat seperti Etcher atau Popsicle, atau tulis ke DVD kosong lalu boot darinya, dan instal.

Anda juga dapat mengunduh edisi Linux Mint 20.3 Mate dan Linux Mint 20.3 Xfce dari situs web Mint dan mirror resmi apa pun yang ditautkan dari situs web Mint, seperti yang ini atau yang ini .

Lebih suka torrent? Torrents Linux Mint resmi tersedia (pastikan Anda mengunduh versi 20.3).

Jika Anda menggunakan versi Linux Mint yang lebih lama, Anda dapat meningkatkan ke Linux Mint 20.3 tanpa menginstal ulang. Prompt pembaruan ini akan muncul di aplikasi Update Manager segera setelah rilis diumumkan secara resmi.

close

Berlangganan gratis, yuk! 👋

Bagikan:
4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments