Aplikasi Telegram Desktop untuk Linux

Bagikan:

Telegram sudah menjadi pilihan banyak orang sebagai aplikasi chat dengan enkripsi end-to-end dan dianggap aman. Namun, apakah ada aplikasi Telegram Desktop untuk Linux?

Ada aplikasi Telegram resmi untuk Android dan iOS (catatan: Anda memerlukan nomor ponsel yang berfungsi untuk membuat akun Telegram), dan Anda dapat menggunakan layanan ini di browser web apa pun dari Telegram Web.

Tetapi cara terbaik untuk merasakan semua fitur yang ditawarkan Telegram adalah dengan menggunakan klien desktop Telegram resmi yang tersedia untuk Windows, macOS, dan (akhirnya ada juga) Linux.

Aplikasi Telegram Desktop untuk Linux

Sebelum masuk ke materi inti, berikut beberapa fitur Telegram yang bisa kita gunakan:

  • Kirim teks, foto, klip audio dan video
  • Opsi obrolan individu, grup, dan pribadi
  • Melakukan panggilan suara gratis ke pengguna lain
  • Pesan dienkripsi dan dapat dihapus sendiri
  • API terbuka dan protokol mengizinkan aplikasi pihak ketiga

Ada empat cara berbeda untuk menginstal Telegram di Ubuntu 18.04 LTS (atau lebih baru). Ini juga dapat dilakukan untuk Ubuntu 16.04 LTS jika kalian masih menjalankan versi yang lama Ubuntu.

Terlepas dari cara yang Anda pilih untuk menginstal Telegram, kalian mendapatkan aplikasi yang sama persis dengan fitur yang sama persis. Tidak ada perbedaan.

Selain itu, metode aplikasi PPA dan Snap yang tercantum juga memberi Anda pembaruan otomatis ke build baru dan saat dirilis.

Langsung aja berikut empat pilihan cara untuk mengunduh Telegram Desktop di Linux.

  1. Melalui Web Resmi Telegram

Bagian desktop dari situs web resmi Telegram memungkinkan Anda mengunduh penginstal aplikasi desktop Telegram yang bekerja pada berbagai sistem operasi, termasuk Ubuntu, Linux Mint, dan lainnya.

Klik tombol di bawah ini untuk mengunduh paket tarball untuk distro Linux (termasuk Ubuntu) yang berisi runtime dan pembaru Telegram mandiri:

Untuk pengguna 32 bit, kalian bisa mengunduh di bawah ini:

Untuk “menjalankan” Telegram menggunakan paket ini mudah: ekstrak file tar.xz yang sudah terunduh dari tombol di atas, masukkan folder ‘Telegram’ yang dibuat, lalu klik dua kali pada telegram biner di dalamnya untuk meluncurkan aplikasi.

Ikuti petunjuk penyiapan yang muncul di layar kalian.

Catatan: metode ini tidak “memasang” aplikasi di sistem Anda, tetapi akan menambahkan pintasan aplikasi ‘Telegram’ ke peluncur aplikasi/menu aplikasi sistem Anda. Ingatlah untuk tidak menghapus file biner yang ditautkannya.

  1. Instal Aplikasi Snap Telegram
Instal Telegram dengan Snap

Anda dapat menginstal Telegram sebagai aplikasi Snap di Ubuntu menggunakan aplikasi Ubuntu Software Center. Untuk melakukan ini, cukup cari ‘telegram-desktop’ di dalam toko atau klik tombol instal di bawah untuk membuka halaman aplikasi secara langsung:

Anda dapat menginstal aplikasi Telegram Snap menggunakan baris perintah dengan perintah:

sudo snap instal telegram-desktop

Ketika instalasi Telegram selesai, aplikasi akan tersedia untuk diluncurkan dari peluncur aplikasi dan menu aplikasi. Setelah berjalan, cukup ikuti petunjuk pengaturan di layar.

  1. Menambahkan PPA Telegram

Ini adalah PPA Telegram yang tidak resmi untuk Ubuntu 16.04 LTS dan di atasnya. PPA ini mengemas build resmi terbaru dalam repositori tradisional. Tetap aman untuk digunakan pastinya.

Jika Anda ingin menginstal Telegram di Linux Mint, Anda mungkin lebih suka menggunakan PPA ini daripada paket biner (metode 1) atau snap (metode 2).

Menambahkan Telegram PPA ke sumber perangkat lunak Anda itu mudah. Cukup buka jendela terminal baru dengan Ctrl + T dan jalankan perintah berikut, masukkan kata sandi pengguna saat diminta:

sudo add-apt-repository ppa:atareao/telegram
sudo apt update && sudo apt install telegram

Setelah penginstalan selesai, Anda akan dapat meluncurkan Telegram dengan menemukannya di menu aplikasi atau peluncur aplikasi lingkungan desktop.

  1. Instal Telegram Flatpak

Klien Telegram Linux juga tersedia untuk diinstal sebagai aplikasi Flatpak dari Flathub. Catatan: di Ubuntu Anda perlu menginstal Flatpak dan mengatur repo Flathub sebelum Anda dapat menginstal aplikasi.

Kemudian instal Flathub berikut.

Catatan

Untuk mendaftar akun Telegram, kalian memerlukan nomor telepon seluler yang valid/berfungsi, sama seperti WhatsApp. Ini berlaku termasuk saat menggunakan layanan di komputer desktop.

Bagikan: