Dukungan Ubuntu 20.10 Berakhir Juli ini!

Bagikan:

Sesuai judul artikel, hal ini adalah sebagai warning (peringatan) bahwa para pengguna Ubuntu 20.10 dengan codename “Groovy Gorilla” agar segera berpindah ke lain hati versi karena dukungan Ubuntu 20.10 berakhir Juli ini, tepatnya pada 22 Juli 2021.

Dukungan Ubuntu 21.04

Salah satu versi yang menjadi pilihan jika kalian ingin terus memperbaharui sistem Ubuntu menjadi versi terbaru adalah Ubuntu 21.04 yang memiliki codename Hirsute Hippo yang telah diluncurkan bulan 22 April 2021.

Ubuntu 21.04 mendapat dukungan (termasuk pembaruan aplikasi inti dan perbaikan keamanan) hingga Januari 2022. Tidak cukup lama memang, tetapi cukup untuk menantikan Ubuntu 21.10 yang akan dirilis pada bulan Oktober dengan dukungan hingga Juli 2022. Tahun tersebut, Ubuntu 22.04 LTS akan tersedia dengan dukungan dalam jangka waktu lama.

Migrasi ke Ubuntu 21.04 dengan Terminal Command Line

Jika kalian sudah pernah melakukan upgrade versi Ubuntu, untuk migrasi ke Ubuntu 21.04 juga memiliki langkah yang sama.

Pastikan kalian sudah melakukan backup data-data penting sebelum upgrading. Jika sudah siap, buka Terminal kalian dan ketik command berikut.

sudo do-release-upgrade -c

Ikuti petunjuk yang muncul di tampilan layar kalian dan dalam waktu 15 menit atau lebih (dengan asumsi kalian memiliki koneksi internet yang baik), maka sistem akan menjalankan rilis terbaru.

Setelah upgrade berhasil, saya sarankan untuk sekalian melakukan pembaruan semua software di dalam sistem Ubuntu kalian juga dengan menjalankan command:

sudo apt update && sudo apt dist-upgrade

Opsi Pembaruan tanpa Terminal Command Line

Bagi pengguna Ubuntu 20.10 ‘Groovy Gorilla’, kalian dapat meng-upgrade ke Ubuntu 21.04 secara langsung, tidak perlu menginstal ulang, dan tidak perlu juga menggunakan Terminal jika kalian belum familiar dengan command line.

Biasanya akan muncul permintaan dialog box Software Updater muncul di sistem dengan sendirinya seperti gambar di bawah ini.

Kemudian klik tombol Upgrade. Bukan tombol OK ya.

Akan muncul dialog box yang menampilkan catatan rilis Ubuntu 21.04 seperti berikut.

Saya persilakan kalian untuk membaca catatan rilisnya jika berkenan, tapi kalau saya sih akan langsung klik Upgrade saja agar cepet 😀

Sisanya cukup menunggu proses berjalan saja dan pastikan sumber listrik kalian aman selama proses upgrade berjalan. Bagi pengguna laptop, pastikan baterai terisi juga.

Jika tiba-tiba PC/laptop mati saat proses upgrade, kadang ada package yang gak sempurna dan harus di-purge terlebih dahulu untuk bisa memulai dari awal alias gak mau melanjutkan proses dari package sebelumnya yang gagal.

Proses upgrade akan cukup memakan waktu, apalagi bagi makhluk-makhluk dengan keterbatasan kuota seperti saya yang masih anak kosan hehe.

Selamat berjuang ya. Jangan semangat dan terus putus asa #eh 😀

Sumber: penerjemahan dari omgubuntu.co.uk