Tombol Keluar (Exit) Android dengan ActionScript 3.0

Bagikan:

Dalam membuat aplikasi baik desktop/PC maupun mobile, biasanya akan ada tombol exit untuk keluar dari aplikasi. Nah, kali ini kita akan belajar membuat tombol keluar (exit) dengan ActionScript 3.0.

Dalam tutorial ini, kalian bebas menggunakan Adobe Flash ataupun Adobe Animate CC asalkan pilih ActionScript 3.0 sebagai tipe dokumennya. Jika untuk Android berarti pilih tipe dokumen AIR for Android.

Sebenarnya, kebanyakan aplikasi terutama di Android yang kita gunakan akan sangat jarang sekali kita temui tombol keluar. Hal tersebut karena sudah ada tombol Home (tengah) yang akan mengeluarkan semua aplikasi yang tampil.

Namun, bagi beberapa orang mungkin masih perlu adanya tombol keluar di UI mereka. Jika kalian termasuk salah satunya, kalian akan perlu memahami artikel ini. Oiya, ini khusus untuk Android ya tutorialnya. Jika kalian ingin tombol keluar untuk desktop/PC, akan sedikit beda kodenya.

Langsung aja cus pelajari langkah-langkah berikut ini.

  1. Buat dokumen baru di Adobe Flash atau Adobe Animate CC dan pastikan pilih AIR for Android. Ukuran stage bebas saja. Jika ingin menggunakan lebar dan tinggi tertentu, silahkan atur width dan height-nya 😀
    Tipe dokumen AIR for Android di Animate CC
    Tipe dokumen AIR for Android di Animate CC
  2. Selanjutnya, buat tombol keluar (exit). Biasanya akan berbentuk tanda silang. Tentunya jika saya menulis tombol itu berarti kalian bikin menjadi symbol Button yes hehe.
    Tombol keluar (exit) sebagai button
    Tombol keluar (exit) sebagai button
  3. Kemudian berikan instance name tombol tersebut di panel Properties. Di sini saya memberikan nama btn_keluar sebagai instance-nya.
    Instance name tombol keluar
    Instance name tombol keluar
  4. Sekarang tambahkan layer baru untuk menempatkan ActionScript. Biasanya saya akan memberikan nama layer tersebut AS sebagai singkatan ActionScript. Kemudian munculkan panel Actions dengan klik kanan frame pertama layer AS > pilih Actions.
    Memunculkan panel Actions
    Memunculkan panel Actions
  5. Tambahkan script berikut.
btn_keluar.addEventListener(MouseEvent.CLICK, klik_keluar);
function klik_keluar(e:MouseEvent):void
{
	NativeApplication.nativeApplication.exit(0);

}

Penjelasan script tersebut adalah sebagai berikut.

  1. btn_keluar.addEventListener(MouseEvent.CLICK, klik_keluar);
    Ini menjadi script agar tombol yang ber-instance name btn_keluar menjalankan event (kejadian tertentu) yakni saat mouse diklik akan memanggil function klik_keluar.
  2. Baris kedua menjabarkan definisi apa itu function klik_keluar. Nah, dalam hal ini function klik_keluar berisi perintah untuk keluar dari aplikasi dengan script NativeApplication.nativeApplication.exit(0);

Nah, sampai tahap ini tombol kalian harusnya sudah berjalan dengan baik. Coba lakukan testing dengan Ctrl + Enter kemudian klik tombol keluar (exit) yang ada di aplikasi kalian.

Gimana hasilnya? Jika masih ada problem, silahkan komen ya. Berikut link source code yang bisa kalian download.

Tombol keluar (exit) Android dengan ActionScript 3.0