MIUI 13 dan Fitur Terbarunya Sudah Masuk Indonesia

Bagikan:

Bersamaan dengan acara peluncuran Redmi Note 11 series semalam yakni pada 15 Maret 2022, Xiaomi turut meluncurkan antarmuka MIUI 13 ke Indonesia. MIUI 13 dan fitur terbarunya juga sudah bisa diunduh di Indonesia.

Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel menjelaskan bahwa antarmuka penerus MIUI 12 ini hadir secara perdana di trio Redmi Note 11 series, yakni Redmi Note 11 “reguler”, Redmi Note 11 Pro, dan Redmi Note 11 Pro 5G.

“MIUI 13 akan hadir di seri Redmi Note 11 langsung dari saat Anda membelinya,” jelas Calvin dalam acara peluncuran Redmi Note 11 series yang digelar secara online, Selasa (15/3/2022).

MIUI 13 dan Fitur Terbarunya

Secara umum, MIUI 13 bakal menawarkan peningkatan pengelolaan aplikasi sehingga perangkat dapat lebih lancar saat membuka dan menjalankan aplikasi. Beberapa fitur itu antara lain:

  • Liquid Storage
  • Atomized Memory
  • Focused Algorithms
  • Smart Balance
  • Sidebar
  • MiSans Font
  • Widget dinamis
  • Live wallpaper
  • Peningkatan dukungan keamanan

Selain itu, MIUI 13 juga membawa tampilan yang lebih menarik dari antarmuka versi sebelumnya. Mari kita bahas masing-masing fitur tersebut secara lebih mendalam. Lanjut scroll !

Liquid Storage

Liquid Storage berperan untuk memberikan optimisasi pada bagian manajemen file. Menurut Calvin, penggunaan ponsel setelah 36 bulan berpotensi mengalami pengurangan kecepatan pada proses penyimpanan hingga 50 persen.

Namun dengan kehadiran Liquid Storage di MIUI 13 diklaim mampu membantu mengoptimalkan penggunaan di sektor penyimpanan. Dengan demikian, proses baca dan tulis (read and write) yang terjadi pada storage saat sedang mengelola file, dapat berjalan dengan lebih baik.

“Dibandingkan OS Android lainnya, MIUI 13 dapat mempertahankan read & write speed hingga 95 persen,” ungkap Calvin.

Atomized Memory

Atomized Memory atau optimisasi RAM merupakan sebuah fitur yang dapat membantu mengelola kinerja aplikasi, khususnya aplikasi yang aktif berjalan di background. Calvin menjelaskan bahwa Atomized Memory ditujukan untuk meningkatkan kinerja RAM dan menutup aplikasi yang tak lagi aktif di background.

Alhasil, fitur ini dapat menyediakan ruang tambahan untuk aplikasi yang ingin dibuka dan dijalankan oleh pengguna. “Atomized Memory memberikan pengalaman lancar ketika menggunakan aplikasi, menghasilkan efisiensi background lebih baik bahkan hingga 40 persen,” tutur Calvin.

Focused Algorithms

Fitur ketiga yang hadir di MIUI 13 ini, menurut Calvin, dapat membantu perangkat dalam mengalokasi sumber daya dengan baik ke aplikasi yang ingin dibuka. Sebagai contoh, saat pengguna hendak menjalankan sebuah game, maka Focused Algorithms dapat memfokuskan semua sumber dayanya ke aplikasi tersebut.

Hal ini menyebabkan performa game menjadi lebih lancar, lantaran sebagian besar sumber daya telah dialokasikan pada game tersebut.

Smart Balance

Sesuai dengan namanya, fitur Smart Balance bertugas untuk menyeimbangkan performa ponsel dengan efisiensi daya yang dikeluarkan. Smart Balance diklaim dapat memberikan performa yang baik saat menjalankan aplikasi, namun turut disertai dengan efisiensi daya sehingga mampu menghemat penggunaan baterai. “Hasilnya, dengan MIUI 13, Anda mendapatkan daya tahan yang lebih baik, bahkan hingga 10 persen,” ucap Calvin.

Sidebar

Selain memberikan optimisasi pada software, MIUI 13 juga tampil dengan fitur baru bernama Sidebar. Fitur ini menyediakan akses cepat bagi pengguna untuk bisa mengakses aplikasi favorit. Sidebar bisa dimanfaatkan bagi pengguna yang ingin bekerja secara multi-tasking, yakni dengan membuka dua aplikasi atau lebih secara bersamaan.

Calvon menambahkan bahwa MIUI 13 bakal digelontorkan secara berkala di Indonesia mulai kuartal I-2022. Belum diketahui kapan jadwal berikutnya untuk peluncuran MIUI 13 di Indonesia.

MiSans Font

MiSans Font merupakan desain huruf baru yang dibawa dalam MIUI 13. Xiaomi mengklaim MiSans Font merupakan font yang secara optimal dirancang perusahaan untuk bahasa China dan Inggris, supaya dapat dibaca dengan lebih nyaman. Dengan fitur OpenType yang ada di MiSans Font, ukuran tanda baca dapat secara otomatis menyesuaikan dengan besar kecilnya huruf.

Widget Dinamis

Ilustrasi Widget MIUI 13
Ilustrasi Widget MIUI 13

Xiaomi juga membawa tampilan widget baru di MIUI 13. Tampilan widget yang digunakan di MIUI 13 terlihat seperti di iOS 14 atau iOS 15. Jadi, ada beberapa aplikasi dengan widget dinamis yang dapat disesuaikan ukurannya di layar dalam MIUI 13, seperti widget untuk aplikasi kalendar, pengingat untuk minum air, dan sebagainya.

Live Wallpaper

MIUI 13 juga membawa pembaruan pada live wallpaper atau wallpaper yang bisa bergerak. Terdapat beberapa live wallpaper baru yang memiliki rupa seperti formasi kristal.

Ilustrasi Live Wallpaper MIUI 13
Ilustrasi Live Wallpaper MIUI 13

Xiaomi mengatakan bahwa gambar yang dijadikan wallpaper itu diambil menggunakan teknik fotografi timelapse 8K dengan mikroskop yang dipolarisasi. Mikroskop yang dipolarisasi itu memang biasa digunakan untuk melihat partikel dari kristal.

Peningkatan Dukungan Keamanan

Xiaomi menambahkan beberapa fitur baru untuk meningkatkan dukungan keamanan pengguna di MIUI 13. Fitur ini antara lain, perlindungan verifikasi wajah, perlindungan watermark, dan perlindungan dari kejahatan siber. Di MIUI 13, pemindaian untuk verifikasi keamanan tidak hanya dilakukan pada wajah tapi juga meliputi tubuh bagian atas.

Kemudian, pengguna juga akan memungkinkan untuk menambahkan watermark di gambar sebelum dibagikan. Kemudian, MIUI 13 juga memungkinkan pengguna untuk mendapat peringatan apabila terdapat interaksi yang mengarah ke kejahatan siber, seperti transfer file phising yang berbahaya.

Peningkatan Pengelolaan Aplikasi

Pengelolaan aplikasi MIUI 13 merupakan penyempurnaan sistem yang dihasilkan dari rancangan teknologi pada MIUI 12.5 Enhanced Edition. Xiaomi mengeklaim bahwa perangkat dapat menjalankan aplikasi bawaan dan pihak ketiga dengan lebih gegas.

Jika dibanding dengan MIUI 12.5 Enhanced Edition, kecepatan perangkat menjalankan aplikasi bawaan meningkat 20 persen hingga 26 persen. Sedangkan untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga, terjadi peningkatan kecepatan sebesar 15 persen hingga 52 persen.

Selain itu, pembaruan antarmuka juga hadir di produk tablet Xiaomi yang menggunakan layar lebar dengan nama MIUI 13 Pad. MIUI 13 Pad membawa peningkatan fitur multitasking. Fitur itu yang memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa jendela aplikasi dalam satu waktu. Kemudian, jendela aplikasi itu juga dapat diubah ukurannya oleh pengguna.

Nah, itu dia semua kabar dari MIUI 13 dan fitur terbarunya. Bagaimana menurut kalian? Tertarik atau tetep setia dengan yang lama? Kalau saya sih menunggu saja 😀

Bagikan:
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar