Sortir Data dengan Mudah di Excel

Bagikan:

Bagi kalian yang sering menggunakan Excel dan berkutat dengan banyak data, pastinya suatu saat akan bertemu dengan pertanyaan, “bagaimana cara mengurutkan data dari terbesar ke terkecil atau sebaliknya?” Nah, kali ini saya akan bahas sortir data sederhana untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Apa itu Sortir Data?

Sortir data adalah pengurutan data yang bisa dilakukan berdasarkan kondisi tertentu misal dari terbesar ke terkecil atau sebaliknya, maupun dari rentang nilai (angka) tertentu).

Sortir data dapat juga berfungsi untuk mengklasifikasikan sesuai golongan misal asal daerah tertentu, jenis kelamin tertentu, dan sebagainya.

Tipe Sortir Data

Ada beberapa tipe sortir data yang bisa kalian lakukan yakni Ascending, Descending, atau Custom. Kita lihat perbedaannya.

  • Ascending, merupakan tipe pengurutan data dari terkecil ke terbesar. Jadi, data yang di posisi atas adalah data terkecil ya. Sedangkan yang berada di posisi paling bawah adalah data terbesar. Kalau data dalam bentuk huruf, berarti data dengan awal A akan berada di atas dan data dengan awalan Z akan ada di bawah.
  • Descending, merupakan lawan makna dari Ascending. Tipe descending akan memberikan pengurutan data dari terbesar ke terkecil. Jika dalam bentuk huruf berarti data dengan awalan Z akan berada di atas, sedangkan data dengan awalan A akan berada di paling bawah.
  • Custom, merupakan tipe pengurutan sesuai aturan yang kita inginkan.

Nah, untuk sekarang kita sederhana dulu saja ya yakni dengan Ascending atau Descending. Jadi, bagian Custom belum kita pelajari hehe.

Cara Sortir Data di Excel

Untuk melakukan sortir data di Excel, lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Buka data Excel yang kalian miliki.  Oiya, di sini saya memiliki data sebagai berikut. Sederhana saja dulu sebagai latihan 😀

    sortir data dengan mudah di ExcelData tersebut kalau kalian lihat sekilas akan tampak sudah urut rapi kan? Namun, jika kalian perhatikan lebih detil, akan ada beberapa baris yang tidak sekelompok yakni Lebak masih ada yang terpisah. Begitu juga dengan Serang.

  2. Okay, dengan melihat data di atas, yang perlu kita lakukan adalah mengurutkan berdasarkan daerah yang sama sesuai abjad. Jadi, untuk daerah dengan abjad awal akan berada di atas. Sortir ini berdasarkan kolom Kabupaten/Kota.
  3. Untuk memulai pengurutan, lakukan klik dulu pada Lebak teratas yakni di no.1 seperti gambar berikut.
    cell Lebak pertama
  4. Pada menu Excel, klik menu Home > pilih Sort & Filter.
    Menu Sort and Filter
  5. Setelah kalian klik Sort & Filter, akan muncul beberapa pilihan seperti berikut.
    Pilihan ascending dan descending di menu Sort and FilterUntuk Sort A to Z berarti Ascending, sedangkan Sort Z to A berarti Descending. Karena kita akan mengurutkan dari abjadk awal, berarti kita pilih Sort A to Z.
  6. Tampilan data setelah diurutkan adalah sebagai berikut.
    data setelah diurutkanSampai sini belum selesai ya. Kalian perhatikan tuh urutan nomornya. Ada yang janggal gak? 😀
    Yup, nomornya akan tidak berurutan karena menyesuaikan otomatis dengan cell yang posisinya berubah akibat sortir data.
  7. Untuk mengurutkan nomor secara otomatis, kalian tidak perlu mengetik satu per satu. Ikuti langkah sesuai animasi berikut saja ya.
    mengurutkan nomor otomatisKalian blok terlebih dahulu nomor 1 dan 2, kemudian drag and drop (klik dan gerakkan tanpa dilepas) sampai kolom nomor terakhir seperti di atas.

Jadi deh, dan selesai semuanya. Yup, this is the end of this article. Selamat mencoba 🙂