Web Tidak Bisa Diakses dan Solusinya

Bagikan:

Pernahkah kalian mengalami web kalian tidak bisa diakses dan muncul gambar dengan tulisan “This site can’t be reached” ? Nah, artikel ini akan membahas mengapa hal tersebut terjadi terutama pada web yang non hosted. Jadi, kebanyakan yang mengalami web tidak bisa diakses ini adalah web yang memakai hosting sendiri. Jika kalian pengguna blogger, wordpress, atau sejenisnya kemungkinan hal ini sangat jarang terjadi karena sudah ada perlindungan dari pihak penyedia blog hosted (sebut saja Google selaku pemilik Blogger misalnya).

web tidak bisa diakses
Web Tidak Bisa Diakses

Jika web tidak bisa diakses, salah satu diagnosa yang mungkin terjadi adalah down server. Jika kalian menggunakan WordPress dan memasang plugin Jetpack biasanya akan ada notifikasi melalui email yang memberitahukan bahwa server kalian sedang down. Namun, jika kalian tak kunjung mendapatkan notifikasi down server dari Jetpack berarti ada masalah internal. Kita harus cek satu per satu mulai dari jaringan/koneksi internet hingga provider hosting/server.

Alangkah baiknya kita memulai mengecek masalah yang terjadi dalam jaringan internet kita terlebih dahulu.

  1. Jika kalian menggunakan modem atau router wifi, restart-lah alat tersebut.
  2. Coba buka halaman lain seperti sosmed, google.com, atau yang lain. Jika halaman tersebut terbuka dengan baik, artinya internet kalian untuk kondisi tahap ini aman.
  3. Lakukan pembersihan cache DNS dengan command prompt. Klik menu Start > Run atau tombol Windows + R. Lalu ketik
    ipconfig /flushdns
    
  4. Jika kalian menggunakan proxy, non aktifkan proxy kalian.
  5. Bersihkan cache dan cookies web browser yang kalian gunakan. Sekarang, coba buka web kalian.
  6. Jika masih belum bisa dibuka, gantilah DNS kalian dengan DNS Google. Klik kanan tanda jaringan internet yang ada di kanan bawah taskbar seperti berikut.
    open network and sharing center
  7. Pilih Open Network and Sharing Center
  8. Klik pada jaringan internet kalian. Di sini saya menggunakan wifi dengan nama Faizin.
    klik jaringan
  9. Lanjutkan dengan Klik Properties
    klik properties
  10. Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  11. Pada bagian Use the following DNS server addresses, masukkan DNS Google seperti berikut.
    dns google
  12. Akhiri dengan OK. Sekarang cek kembali web kalian.

Masih belum bisa dibuka juga? Okeh, berarti koneksi internet kalian tidak ada masalah. Lho? Kok gitu? Sekarang marilah kita bertanya pada pemilik server/hosting web kalian. Namun, lakukan langkah berikut terlebih dahulu.

  1. Buka http://www.downforeveryoneorjustme.com lalu masukkan alamat web kalian dan tekan Enter. Web tersebut akan menunjukkan status up atau down dari sebuah web. Jika tertulis UP berarti server kalian aman. Jika statusnya DOWN berarti server kalian sedang bermasalah. Nah, ini status server saya UP. Lanjut ke langkah berikutnya.
    lumpia studio is up
  2. Buka http://whatismyip.com yang berfungsi untuk mengetahui alamat IP public yang kalian gunakan.
    status ip
  3. Sekarang, cobalah untuk bertanya pada Customer Service atau CS penyedia layanan web hosting kalian. Nah, lalu apa kaitannya dengan IP tadi? Jika CS memberi jawab bahwa web kita biasa diakses dengan normal artinya terjadi pemblokiran terhadap IP yang kita gunakan sehingga HANYA KITA yang tidak mengakses web yang kita miliki. Mintalah pada CS untuk meng-unblock IP kalian yang terblokir.
  4. Done.

Masalah ini baru saja saya alami kemarin sore dan akhirnya muncul ide untuk membuat artikel ini hehe. Barangkali kalian juga mengalaminya, semoga artikel ini bisa membantu ya 😀

Bagikan:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments