Ubuntu 20.10 dan Rencana Fitur Terbarunya

Bagikan:

Pengembangan Ubuntu 20.04 LTS telah selesai dan perhatian pengembang sekarang beralih ke Ubuntu 20.10 yang akan dirilis pada 22 Oktober 2020.

Pada bulan Mei, pengembangan pada rilis (yang diberi nama sandi ‘Groovy Gorilla’ omong-omong) masih dalam tahap awal. Tapi kalian sepertinya sudah tahu beberapa hal termasuk kapan akan dirilis, berapa lama akan didukung, dan beberapa fitur baru yang ingin dimasukkan oleh para pengembang.

Jadi, teruslah meng-update untuk mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang fitur, perubahan, dan peningkatan Ubuntu 20.10.

Di sini akan terus diperbarui secara berkala sepanjang pengembangan, jangan ragu untuk mem-bookmark-nya sekarang untuk memeriksa perkembangannya selama enam bulan ke depan!

Ubuntu 20.10 ‘Groovy Gorilla’

Ubuntu 20.10 adalah rilis jangka pendek (STR). Ini berarti didukung selama 9 bulan dengan perbaikan bug inti yang sedang berjalan, patch keamanan, dan rilis aplikasi baru … dan kemudian tidak ada.

Meskipun jendela dukungan ini kedengarannya singkat, ini sesuai dengan tradisi Ubuntu dalam merilis LTS setiap dua tahun, dengan STR di antaranya.

Secara keseluruhan Ubuntu 20.10 akan menjadi versi ke 23 dari sistem operasi berbasis Linux ini.

Tanggal Rilis Ubuntu 20.10

Ubuntu 20.10 akan dirilis 22 Oktober 2020. Tanggal ini, bersama dengan pengembangan lainnya yang dijadwalkan berlangsung selama enam bulan ke depan, terdaftar di Launchpad, alias rumah dari pengembangan Ubuntu.

Tonggak penting lainnya dalam siklus pengembangan Groovy Gorilla termasuk:

  • Minggu pengujian : 3 Juli 2020
  • UI Freeze : 17 September 2020
  • Ubuntu 20.10 Beta: 1 Oktober 2020
  • Kernel Freeze : 8 Oktober 2020
  • Release Candidate: 15 Oktober 2020

Fitur Ubuntu 20.10

Apa jenis fitur baru yang akan ditawarkan Ubuntu 20.10? Pada saat membaca ini, kalian semua yang berikut ini pasti dikirim, atau sangat mungkin.

Seperti GNOME 3.38 , yang akan dirilis pada bulan September. Rilis ini akan berada di jantung Ubuntu 20.10 dan akan menampilkan batch baru UI dan UX tweak dan peningkatan kinerja lebih lanjut.

Peningkatan penting lainnya di GNOME 3.38 akan melibatkan penyempurnaan pada layar kunci baru (meskipun, jangan terlalu berharap untuk pin unlock) dan menghapus bagian ‘Frequent Apps’ (agak asing) dari kisi Aplikasi .

Desain Gnome lock screen 3.30
Desain Gnome lock screen 3.30

GNOME devs juga berencana untuk meningkatkan spasi ikon aplikasi di Applications grid untuk memanfaatkan ruang yang tersedia dengan lebih baik pada layar yang lebih besar, lebih luas, dan lebih kecil.

Login sidik jari berfitur lengkap adalah upaya yang sedang berlangsung (beberapa di antaranya akan menemukan jalannya kembali ke Ubuntu 20.04 LTS), jadi harap lihat dan dengar lebih banyak tentang hal tersebut antara sekarang dan Oktober.

Ubuntu 20.10 sedang dalam pengembangan dengan Linux Kernel 5.6 pada saat kalian membaca ini tetapi Anda harus mengharapkannya untuk menawarkan kernel Linux yang lebih baru. Sulit untuk memprediksi yang mana, tetapi jika kernel merilis jadwal yang tepat, itu mungkin hanya bisa dilakukan di Linux 5.8.

Masalah ‘ latar belakang desktop buram ‘ sedang ditangani (lagi) untuk Groovy ini, karena akan bekerja untuk mengubah Software Properties agar sesuai dengan mockup yang diproduksi oleh tim desain Canonical.

Dukungan untuk kernel OEM (yaitu perangkat yang dijual dengan Ubuntu). Ini akan mencakup cara memperbarui paket OEM secara online dan fitur “cara untuk merayakan bahwa Anda menggunakan perangkat bersertifikat”.

Jika Anda sering menjalankan command yang memakan waktu cukup lama, Anda mungkin tertarik untuk mendengar bahwa pengembang mempertimbangkan apakah akan mengaktifkan notifikasi ‘process completion’ secara default. Ini adalah sesuatu yang sudah disediakan oleh banyak distro Linux lainnya, termasuk OS dasar.

Ada beberapa hal kecil yang saya ingin Ubuntu sertakan / perbaiki / perbaiki. Misalnya, distro downstream berbasis Ubuntu seperti Pop! _OS menawarkan fitur pemulihan bawaan (built-in recovery).

Ini membuatnya mudah untuk “factory reset” sistem tanpa perlu mengunduh file .iso, dan semua musik jazz itu. Pada tahun 2020, aneh bahwa Ubuntu, alias sistem operasi Linux desktop yang paling banyak digunakan, tidak menawarkan sesuatu yang mendasar seperti itu.

Juga, saya tidak bisa menjadi satu-satunya orang yang menemukan versi Snap “baru” dari Software Center sebagai tempat sampah mutlak ketika mencoba menemukan aplikasi, bukan?

Setiap pencarian aplikasi yang saya buat melihat “aplikasi” Snap relevan dan tidak terkait peringkat jauh di atas hal yang sebenarnya saya cari. Akhirnya, ikon desktop.

Nah, itu dia beberapa bocoran untuk perilisan Ubuntu 20.10. Kita tunggu bersama ya nanti apa fitur yang jadi muncul 😀