Theme GTK Terbaik untuk Ubuntu

Bagikan:

Banyak sekali theme yang bisa diunduh dan digunakan untuk Ubuntu termasuk di situs GNOME Look dan Deviant Art. Namun, memilah dan memilih theme adalah hal yang tidak mudah. Nah, kali ini kita akan membahas theme GTK terbaik untuk Ubuntu kalian.

Ibarat kata, memilih theme adalah tentang rasa yang tak akan pernah bisa dijelaskan dengan kata-kata.

Kita akan kewalahan dalam mempertimbangkan banyak hal mulai dari pewarnaan, style UI, dan sejenisnya.

Pada dasarnya kewalahan ini juga tidak hanya terjadi saat memilih theme Ubuntu, tapi juga beberapa theme lain, misal WordPress theme, Blogger theme, dan sebagainya.

Nah, daripada kalian bingung dan capek milih, berikut ada beberapa theme terbaik yang bisa kalian coba di Ubuntu.

Theme GTK Terbaik

  1. Pop GTK Theme
pop-gtk-theme-for-ubuntu

Theme dengan rasa Pop ini memberi kesan semangat. Theme ini berbasis Adwaita, theme default GNOME untuk memastikan tampilan GTK dan fungsinya sesuai dengan ekspektasi saat digunakan.

Theme ini menjadi nyaman di kalangan para pengguna Ubuntu karena color scheme dengan warna yang sama yakni orange dan coklat.

Kalian dapat menginstal theme ini dari repository-nya langsung dan tanpa perlu PPA yakni langsung dari Ubuntu Software. Klik saja tombol berikut dan kalian akan diarahkan ke Ubuntu Software.

Jika kalian masih menggunakan Ubuntu 18.04, kalian harus mendownload installer untuk theme versi lama via launchpad .

2. Layan
layan-gtk-theme-for-ubuntu

Jika kalian melihat gambar di atas, Layan memiliki tampilan flat design untuk GTK 3 dan GNOME Shell desktop yang sangat smooth. Adem gitu ibaratnya.

Desain dengan sudut rounded dan layer ber-shadow membuat kesan menjadi semakin soft. Layan hadir dengan pilihan light, dark, dan mixed. Gambar di atas adalah mixed.

Yang perlu diperhatikan adalah sidebar di Nautilus akan terlihat slick seperti Ambiance di Ubuntu 18.04 LTS.

3. Adwaita Theme
adwaita theme

Adwaita merupakan theme default GNOME dan secara tidak langsung ada di workstation Fedora. Adwaita menjadi theme GTK yang dipertimbangkan untuk pengembangan aplikasi Linux.

Nada abu-abu baja Adwaita adalah bagian dari skema warna halusnya, yang diberi aksen oleh warna pendamping biru. Nuansa keseluruhannya bermanfaat dan temanya sebagian besar bebas dari sentuhan yang terlalu “mencolok”.

Berbicara tentang sentuhan, penggunaan padding Adwaita yang liberal di bar header, menu, dan pop over berarti lebih cocok untuk perangkat ‘ramah sentuhan’ daripada tema lain di daftar ini.

Dan tanaman tema GTK terkenal yang berkembang sekarang dibangun di atas Adwaita , termasuk tema Yaru default Ubuntu dan tema Pop System76 . Jika Anda mencari tampilan Linux yang pasti? Maka Adwaita adalah yang Anda inginkan.

Adwaita sudah diinstal sebelumnya di Ubuntu 18.04 LTS dan yang lebih baru.

4. Tema Qogir
tema qogir gtk untuk ubuntu

Setiap kali saya menyoroti Qogir GTK, reaksinya sama: pembaca menyukainya – dan Anda hanya perlu melihat alasannya.

Menarik secara visual, penggunaan garis lurus oleh Qogir , palet warna duotone, dan latar belakang pengelola file yang menarik (yang benar-benar opsional, btw) digabungkan untuk membuat tampilan yang ikonik sekaligus unik.

Tetapi bagian dari daya tarik Qogir yang luas juga berasal dari kemampuan beradaptasi yang luas.

Tiga varian berbeda dari tema utama tersedia, dengan banyak sub-varian di dalamnya (termasuk yang berwarna Ubuntu). Ini (hampir) menjamin bahwa ada versi tema Qogir yang cocok untuk semua orang, terlepas dari selera khusus mereka.

Cara terbaik untuk menginstal tema Qogir di Ubuntu adalah dengan menggunakan skrip instalasi yang tersedia dari halaman project GitHub.

5. Dark Aurora
dark aurora theme

Tema datar sangat populer, tetapi ada keanggunan yang bersahaja untuk mereka yang menawarkan sedikit kilau dan gradien berkelas, seperti yang ditunjukkan Dark Aurora . Tema ini menonjolkan dirinya sebagai “nyaman di mata” dan tidak mengecewakan; tema ini termasuk berkelas.

Pilihan warna varian abu-abu tidak menuntut perhatian, dan sebaliknya bertindak anggun sebagai latar belakang sederhana untuk aplikasi lain. Tema ini juga memuji beberapa batas jendela yang bagus (jika ukuran keseluruhan jendela chrome terlalu banyak untuk selera Anda, Anda mungkin lebih suka versi ringkas yang disebut Borealis ).

Selain tersedia dalam berbagai warna (bukan hanya abu-abu, seperti yang dipratinjau di atas) ada varian serba gelap yang disebut Ultimate Dark jika Anda menyukai tampilannya, tetapi mendambakan kecerahan yang lebih sedikit.

6. Arc
arc darker

Tema ini bisa dibilang yang tema paling populer GTK dengan pengguna Linux, memenangkan fans di beberapa distro dan bahkan menginspirasi beberapa hacks kustomisasi Windows!

Arc menghindari gradien dan gloss demi UI 2D lurus ke depan. Itu tetap sedatar mungkin. Konsistensi ini memberi aplikasi, menu, dan jendela tampilan minimal dan modern. Sentuhan transparan pada elemen jendela (seperti bilah sisi Nautilus) membantu menambahkan beberapa dinamisme dan tekstur, yang berarti segala sesuatunya tidak pernah terasa terlalu gemuk.

Seperti tema modern lainnya, tema Arc GTK tersedia dalam 3 varian: terang, gelap, dan lebih gelap (yang memadukan bilah jendela gelap dengan konten terang, dan digambarkan di atas).

Anda dapat menginstal tema Arc GTK di Ubuntu 18.04 LTS dan langsung dari repo. Jika Anda menggunakan Ubuntu 20.04, saya sarankan Anda mengunduh versi Arc yang lebih baru langsung dari Gitlab untuk pengalaman yang paling sempurna dengan piksel yang mungkin.

7. Mcata
mcata gtk theme

Sangat mudah untuk  membuat Ubuntu terlihat seperti Mac dan sebagian besar mengapa begitu mudah adalah karena ada serangkaian tema GTK terbaik yang meniru tampilan sistem operasi desktop Apple dengan sangat akurat.

Dan tema Mac terbaik untuk Linux saat ini? Saya akan mengatakan itu Mcata , dibuat oleh pembuat tema produktif Vinceliuice .

Mcata adalah soft fork dari tema yang terinspirasi Mojave dari penulisnya sendiri dan menawarkan perhatian cermat yang sama terhadap detail, secara menakutkan membangkitkan tampilan dan nuansa yang tepat dari estetika desktop Apple.

Tetapi perancang juga berhasil menerjemahkan hal-hal yang membuat Mac terlihat seperti Mac menjadi sesuatu yang juga terlihat bagus di desktop Linux. Sebagai bonus, tema tersedia dalam versi gelap dan terang, serta versi solid dan semi-transparan.

Pasangkan Mcata dengan paket ikon OS Catalina yang hebat dan dok Plank dan orang yang lewat akan kesulitan untuk memberi tahu Anda bahwa Anda tidak menggunakan Mac asli!

8. Orchis
orchis gtk theme for ubuntu

Jika Anda ingin membuat pernyataan dengan pengaturan desktop Linux Anda, maka Orchis adalah cara yang pasti untuk melakukannya.

Orchis adalah tema yang didominasi warna gelap yang memadukan elemen datar dari bahasa desain material Google dengan sudut jendela yang membulat dan palet warna yang lembut.

Seperti tema “Desain Material” lainnya, tema Orchis GTK didasarkan pada tema Materia yang dibuat oleh nana-4. Yang mengatakan, itu jauh dari salinan karbon itu; itu mengatur nada visualnya sendiri.

Saat dipasangkan dengan tema Shell GNOME yang cocok (oleh penulis yang sama) Orchis mengkurasi tampilan yang terasa lebih Google-y daripada Chrome OS Google sendiri — yang sama sekali bukan hal yang buruk.

9. Numix
numix theme

Untuk sesuatu alternatif yang solid untuk tema Arc coba  Numix .

Numix menyeimbangkan elemen terang dan gelap bersama-sama untuk menciptakan desain yang kaya dan mencolok. Menggunakan warna merah sebagai warna sorot utamanya adalah pilihan yang berani, tetapi pilihan yang memungkinkan Numix membuat kesan khas pada desktop.

Lebih baik lagi, Anda dapat menginstal tema Numix di Ubuntu dari toko Ubuntu Software Center:

10. Aurora Nuevo
aurora nuevo

Jika warna-warna berani atau pernyataan visual yang dramatis tidak cocok untuk Anda, Anda harus memberikan perhatian ke arah Aurora Nuevo.

Tema ini digambarkan sebagai “desain Material berwarna pastel seperti tema Gnome” dan, pada awalnya, memang begitulah adanya. Tapi Aurora Nuevo tersedia dalam beragam warna aksen yang berbeda (biru seperti gambar di atas) serta varian yang kurang datar juga bagi mereka yang menginginkannya.

Jika Anda menyukai tampilan Dark Aurora tetapi sedikit warna dengan eye candy Anda, nada gerah Aurora Nuevo akan cocok untuk Anda (terutama ketika dipasangkan dengan ikon folder yang serasi ).

11. Adapta
adapta theme

Adapta (atau lebih tepatnya tema asalnya , Materia ) sangat populer di kalangan pengguna Linux dan pembuat tema Linux (tema digunakan sebagai dasar untuk beberapa tema GTK dalam kumpulan ini).

Adapta terinspirasi oleh bahasa Desain Material Google . Jika Anda penggemar estetika Android, Anda akan menemukan banyak hal yang disukai di Adapta. Ut banyak menggunakan layering dan bayangan, padding yang luas, kontras yang baik, dan sebagainya.

Tetapi Adapta memiliki keunggulan lain: tersedia dalam berbagai varian yang memusingkan termasuk  tema Adapta biasa  (foto), varian gelap yang disebut  Adapta-Nokto , dan putaran yang kurang luas disebut Adapta-Eta — dan sebagian besar tersedia dalam warna tertentu versi juga!

Cara menginstal tema Adapta GTK di Ubuntu adalah sebagai berikut.

  1. Buka jendela Terminal baru ,
  2. Tambahkan PPA resmi dengan kode berikut.
    sudo apt-add-repository ppa:tista/adapta -y
  3. Lalu instal tema di Ubuntu 18.04 LTS atau lebih tinggi dengan kode berikut.
    sudo apt update && sudo apt install adapta-gtk-theme
Ringkasan

Jadi begitulah; pilihan kami dari tema GTK terbaik untuk Ubuntu Linux.

Kami memiliki panduan yang mencakup cara mengubah tema di Ubuntu jika Anda membutuhkannya.

Beberapa bonus teriakan: Ant GTK theme dan warna sorotnya yang berdarah; Cloudy memberikan estetika yang santai dan lembut; jika Anda menyukai tema Nord, keduanya Nordic dan Adapta Nord layak untuk dicoba.

Tema GTK terinspirasi Mac lainnya yang patut dicoba termasuk Prof-GNOME dan, bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang sedikit kurang 1:1, McOS-Transparent .

Ada ratusan tema lagi di situs-situs seperti GNOME Look, DeviantArt, dan GitHub jika daftar ini membuat Anda haus akan lebih banyak lagi. Dengan tema GTK baru yang diproduksi setiap bulan, kami berencana untuk terus memperbarui list theme ini. Nantikan saja ya 😀