The response is not a valid JSON response WordPress

Bagikan:

Artikel ini saya tulis setelah berhasil memecahkan problem di tampilan dashboard web studio ini. Saya pun bosan melihat tampilan warning tersebut terus-menerus. Nah, langsung saja nih cara mudah mengatasi Google Site Kit yang selalu muncul The response is not a valid JSON response.

Apa itu Google Site Kit?

Bagi kalian yang masih belum tahu, Google Site Kit adalah plugin yang dikembangkan oleh Google untuk para pengguna WordPress yang memuat fitur-fitur Google untuk menganalisis status web mulai dari Google Analytics, Google Search Console, Google Adsense, dan Google PageSpeed.

Dalam Google Site Kit ini, semua tampilan dari sistem-sistem Google di atas dapat dilihat melalui dashboard WordPress yang kita miliki.

Tampilan Google Site Kit di dashboard WP
Tampilan Google Site Kit di dashboard WP

Tampilan di atas adalah tampilan normal jika semua fungsi Google Site Kit berjalan dengan baik. Namun, ada kala masalah muncul tanpa kita duga. Seperti muncul tampilan di bawah ini.

Google Site Kit The response is not a valid JSON response
Google Site Kit The response is not a valid JSON response

The response is not a valid JSON response di Google Site Kit

Setelah mengalami kejadian ini dan berusaha mencari solusi dari internet ke sana ke mari dari berbagai situs, menurut analisis yang saya pahami kejadian ini karena ada ketidaksinkronan antara server dan situs kita.

Nah, penyebab tidak sinkron ini bisa banyak hal apalagi WordPress yang sudah termasuk kompleks konfigurasinya.

Jika kalian memiliki banyak plugin yang digunakan tentu akan menambah beban lagi untuk sistem WordPress yang kalian miliki.

Nah, sekarang bagaimana cara solusi dan cara mengatasinya? Apakah rumit?

Jawaban saya: ternyata tak serumit yang kita duga, Ferguso 😀

Langsung aja dah kita simak bagaimana solusinya.

  1. Login ke dashboard WordPress kalian.
  2. Klik menu Settings. Kalau kalian menggunakan bahasa Indonesia, berarti ada di menu Pengaturan. Untuk bahasa Indonesia silakan menyesuaikan ya karena di sini saya memakai bahasa Inggris untuk web studio ini.
  3. Dari menu tersebut akan muncul beberapa submenu. Tidak perlu mengecek semuanya.
Tampilan menu Settings
Tampilan menu Settings

Yang perlu kalian cek adalah submenu General, Writing, Reading, Discussion, Media, dan Permalink. Lalu, apa yang harus dicek?

Gak ada kok sebenarnya. Jika semua pengaturan kalian sudah sesuai dari awal dan tidak menghendaki adanya perubahan, gak perlu ada yang diubah hehe.

  1. Yang perlu kita lakukan untuk mengatasi The response is not a valid JSON response di Google Site Kit ini hanyalah menyimpan ulang saja. Nantinya, WordPress akan mengonfigurasi kembali dengan server hosting yang kalian miliki.
Simpan ulang semua pengaturan
Simpan ulang semua pengaturan

Lakukan hal sama untuk semua submenu lain yang sudah saya sebutkan di atas yup. Sesimpel itu kan ya? Hehe.

Jika sudah selesai, coba refresh kembali WordPress kalian. Apakah ada perbedaan? Harusnya semua sudah beres jika koneksi ke Google Site Kit sudah kalian atur dengan benar di awal.

Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan di kolom komentar yes. Selamat berjuang 😀

Bagikan: