Publish ke HTML5 dari Smart Apps Creator

Bagikan:

Setelah aplikasi kalian selesai, hal yang perlu dilakukan adalah membuat output atau istilah kerennya dalam pengembangan aplikasi adalah publish atau deployment ke format-format tertentu sehingga bisa dijalankan oleh user. Salah satunya adalah publish ke HTML5.

Output dari Smart Apps Creator

Ada beberapa output yang bisa dilakukan oleh Smart Apps Creator yakni untuk perangkat mobile (Android dan Ios) dan juga perangkat desktop.

Untuk output ke Android sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya. Untuk perangkat desktop, langkahnya tak jauh beda. Hanya tinggal memilih tipe outputnya saja. Kali ini yang paling banyak ditanyakan ke saya adalah output ke HTML5.

Publish ke HTML5

Untuk membuat output HTML5, SAC menyediakan dua pilihan yakni output untuk lokal atau via cloud.

Untuk output lokal, hasil output akan tersimpan di komputer kalian sendiri. So, testing harus kalian lakukan di localhost agar bisa berjalan aplikasi HTML5-nya.

Kalau via cloud, hasil output akan tersimpan di server SAC di mana kalian harus registrasi akun dulu di web resminya agar bisa menggunakan fasilitas ini. Pengguna gratisan hanya akan diberi sedikit storage untuk cloud.

Kalau saya pribadi lebih menyarankan via lokal saja. Selain gratis, kita juga masih bisa memodifikasi jika ada yang ingin kita ubah. Namun, tentunya kalian juga sudah harus mengetahui cara menggunakan localhost ya untuk bisa menjalankan aplikasi kalian.

Loh, kok lokal saja? Nanti gimana user/siswa saya bisa ngakses aplikasi yang saya buat?

Untuk pertanyaan itu, salah satu solusinya adalah membuat output APK yang Android saja karena bisa dibagikan via Telegram langsung kepada user/siswa.

Untuk HTML5 memang nantinya harus di-online-kan juga via hosting. Ada beberapa hosting gratisan dengan storage terbatas yang bisa digunakan. Namun, ya lagi-lagi harus tahu sedikit kemampuan teknis untuk perhostingan ya.

Format HTML5 ini saya anjurkan bagi kalian yang ingin mengikuti kompetisi yang mengharuskan hasil outputnya adalah HTML5.

Langsung saja deh daripada banyak cuap-cuap hehe.

  1. Pastikan project SAC sudah kalian buat dan selesaikan.
  2. Siapkan dulu folder baru yang akan menjadi tempat menampung file-file output yang dihasilkan oleh SAC.
  3. Klik tombol SMART di bagian kiri atas > pilih Output.
Membuat output di SAC
Membuat output di SAC
  1.  Kemudian klik pada bagian HTML5 > pilih HTML Folder > pilih Submit.
Pilih HTML5 dengan HTML Folder
Pilih HTML5 dengan HTML Folder
  1. Nah, kemudian pilih folder yang sudah kalian siapkan tadi. Jika sudah ketemu, akhiri dengan klik Select Folder.
  2. Proses output akan berjalan. Tunggu saja sampai selesai.

Sekarang coba cek folder yang kalian gunakan untuk output HTML5 tadi. Jika berhasil, akan ada beberapa folder dan file yang menjadi output seperti gambar berikut.

Hasil output HTML5 dari SAC
Hasil output HTML5 dari SAC

Nah, selesai deh. Tinggal submit aja ke web kompetisi yang kalian ikuti. Semoga sukses yes.

Bagikan: