Publish APK ke Google Play Store

Bagikan:

Setelah aplikasi selesai, hal yang banyak ditanyakan ke saya selaku admin adalah tentang cara mengupload atau publish APK Smart Apps Creator (SAC) ke Google Play Store. Okey, kali ini akan saya jawab ya. Cus simak terus sampai akhir.

Pada dasarnya, tutorial ini upload APK untuk semua software pengembangan ya. Tak hanya Smart Apps Creator, tapi juga dari Unity, Android Studio, Construct, ataupun yang lain dengan output APK.

Smart Apps Creator (SAC) menjadi salah software paling mudah untuk membuat aplikasi Android tanpa perlu pemrograman (koding) sehingga dapat digunakan oleh semua kalangan. Selain itu, tampilan interface-nya yang sangat mirip dengan Powerpoint membuat SAC cepat populer.

Memiliki Akun Pengembang di Play Store (Google Play Console)

Ini wajib dan mutlak jika ingin melakukan publish APK ke Play Store. Kalian harus memiliki akun sebagai pengembang dan akan memberikan tampilan Google Play Console seperti berikut.

Jika belum memiliki akun, kalian dapat membeli langsung sebesar $25 ke Google atau sekitar antara 350-400 ribu rupiah. Untuk pembayaran biasanya dengan kartu kredit. Jika belum punya kartu kredit, sekarang beberapa bank sudah bisa menggunakan Virtual Credit Number (VCN) yang juga dapat kalian gunakan untuk pembayaran.

Untuk pembuatan akun Google Play Console, kalian dapat mengunjungi play.google.com/console/u/0/signup dan akan muncul tampilan seperti berikut.

Jika sudah melakukan pembayaran, maka kalian siap untuk melakukan publish APK ke Play Store dan terus baca sampai artikel selesai ya 😀

Persiapan Aset untuk Publikasi Play Store

Beberapa hal yang harus kalian siapkan untuk publish di Play Store antara lain sebagai berikut.

  1. File APK. Ini wajib dong pastinya.
  2. Screenshot aplikasi dalam beberapa tampilan. Jika aplikasi kalian responsif dalam semua posisi, sebaiknya sertakan juga tampilan landscape dan portrait
  3. Deskripsi aplikasi. Biasanya memuat fitur dan konten apa saja yang ada dalam aplikasi tersebut.
  4. Ikon aplikasi.
  5. Gambar fitur (featured image) yang akan menjadi banner aplikasi.

Publish APK ke Play Store

Ini bagian intinya. Langsung saja simak langkah-langkahnya:

Berapa hari lama waktu peninjauan? Gak ada yang tahu pasti ya, guys. Ini bergantung pada aplikasi kalian juga. Kalau sederhana ya cepet, kurang dari 1×24 jam. Kalau aplikasi kalian kompleks sekelas game online dengan banyak item penjualan dan lainnya, pasti akan butuh waktu lebih bagi Google untuk meninjaunya.

  1. Setelah login menggunakan akun Gmail yang terdaftar sebagai pengembang di Google Play Console, akan muncul tampilan dashboard (beranda) seperti berikut.
    Tampilan beranda Google Play Console
    Kemudian klik tombol Buat aplikasi di sebelah kanan atas untuk menambah aplikasi baru.
  2. Akan muncul tampilan pemberian nama, bahasa aplikasi, jenis aplikasi atau game, harga (gratis atau berbayar) dan persetujuan atas pernyataan semacam S&K kepatuhan pada Google selaku pemilik toko. Isi semua bagian tersebut dan langsung beri centang aja pada pernyataannya.
    Isi form Buat aplikasi baru di Google Play Console
    Lanjutkan dengan klik tombol Buat aplikasi yang aktif di bagian kanan bawah.
  3. Tampilan selanjutnya akan memberikan kalian cukup lumayan banyak tugas di versi Google Play Console terbaru saat ini. Berbeda dengan versi lama dulu saat saya pertama kali membuat akun. Yah, makin ketat lah pokoknya rules dari Google.
    Penyiapan aplikasi rilis
  4. Kita mulai dengan tampilan Akses aplikasi. Pilih sesuai aplikasi kalian. Akhiri dengan klik Simpan.
    Setelah selesai, kembalilah ke laman Dasbor.
    Tampilan Akses aplikasi
  5. Bagian berikutnya adalah tampilan Iklan. Jika kalian menyisipkan iklan dalam aplikasi, pilih yang sesuai ya. Iklan di aplikasi ya bisa dari Admob atau sejenisnya. Nah, punya saya untuk contoh ini tidak ada iklan.
    Tampilan Iklan
    Jangan lupa akhiri dengan klik Simpan lalu kembali Dasbor.
  6. Laman berikutnya adalah Rating konten. Langsung klik saja Mulai Kuesioner. Hal ini bertujuan agar Google dapat mencocokkan siapa pengguna seharusnya dari aplikasi kalian termasuk dari rentang usia dan sebagainya. Sekali lagi, isikan data yang sesuai dan benar ya. Ini demi kebaikan akun kalian dan kebaikan anak bangsa yang akan memakai aplikasi kalian juga loh.
    Tampilan Rating Konten
    Form kuesioner ini akan memiliki beberapa halaman. Isikan aja semua sesuai data dengan baik dan benar.
    Form kuesioner Rating konten
    Pada halaman kedua, klik Simpan terlebih dahulu untuk mengaktifkan tombol Berikutnya.
    Form kuesioner Rating konten 2
    Halaman ketiga akan tampil rating konten aplikasi secara otomatis oleh Google berdasarkan data yang kalian isikan tadi. Akhiri dengan klik Kirim. Lalu Akan muncul tampilan ringkasan dari kuesioner kalian.
    Form kuesioner Rating konten 3
    Jika sudah sesuai, langsung saja kembali ke Dasbor.
  7. Lanjuuut…kalau capek, siapkan kopi dan cemilan terlebih dahulu karena Belanda masih jauh alias masih panjang langkahnya 😀
  8. Selanjutnya pada bagian Target audiens, pilih rentang usia pengguna aplikasi kalian. Sebagai pengembang, tentunya kalian harus tahu aplikasi yang kalian buat sebaiknya digunakan oleh rentang usia berapa. Di bagian Target audiens ini akan ada tiga halaman. Lengkapi aja semua.
    Tampilan Target audiens
    Akhiri dengan Simpan. Jangan lupa kembali ke Dasbor.
  9. Berikutnya adalah form Aplikasi berita untuk mengonfirmasi aplikasi kalian berisi konten berita atau tidak.
    Tampilan Aplikasi berita
    Akhiri dengan Simpan, kemudian kembali ke Dasbor.
  10. Kemudian masuk ke bagian Pilih kategori dan berikan detail kontak yang akan menuju ke laman Setelah toko untuk pemilihan kategori dan pemberian tag pada aplikasi. Oiya, tag aplikasi di sini sudah urut abjad. Kalian juga bisa melakukan pencarian tag jika tidak ingin repot scrolling semua tag yang ada.
    Pengelolaan tag aplikasi
    Akhiri dengan klik Terapkan.
  11. Lengkapi bagian Detail kontak listingan Play Store. Biarkan saja bagian Pemasaran eksternal tetap tercentang. Akhiri dengan klik Simpan.
    Detail kontak listingan Play Store
  12. Scroll ke bawah dan masuk pada menu Konten aplikasi. Kita akan mengisi bagian Kebijakan privasi terlebih dahulu. Kebijakan privasi ini perlu untuk memberikan info pada user tentang data apa saja yang akan mereka berikan, bagaimana pengembang harus menjaga data usernya, dan sebagainya.
    Tampilan Kebijakan Privasi
    Biasanya kebijakan privasi ini hanya berisi link laman web yang memuat keseluruhan kebijakan pengembang aplikasi.
    Form pengisian Kebijakan privasi
    Akhiri dengan klik Simpan.
  13. Masuk ke menu Produksi dan klik Buat rilis baru. Pada tampilan Play App Signing, langsung klik Lanjutkan.
    Klik Lanjutkan pada Play App Signing
  14. Upload APK kalian pada bagian berikutnya. Tunggu sampai proses upload selesai. Di bagian Catatan rilis, kalian boleh menambahkan daftar fitur-fitur apa yang muncul pada tiap rilisan. Jika tidak ada, boleh dibiarkan kosong. Akhiri dengan klik Simpan.
    Upload APK
  15. Lanjut dengan scoll ke bawah dan masuk ke menu Listingan toko utama. Di sini nanti kalian akan diminta memasukkan deskripsi, ikon aplikasi dengan ukuran piksel yang diminta yakni 512 x 512 piksel dengan maksimal 1 MB dalam format JPEG atau PNG 32-bit, gambar fitur dengan ukuran 1/024 x 500 piksel dan maksimal 1 MB dalam format JPEG atau PNG 24 bit tidak transparan, dan screenshot aplikasi berjumlah 2-8 gambar berformat JPEG atau PNG 24 bit tidak transparan (sesuaikan juga perbandingan rasio yang diminta dalam tampilan landscape atau portrait).
    Tampilan Listingan toko utama
    Oiya, jika aplikasi kalian dapat digunakan di tablet, bisa juga menambahkan screenshot untuk tampilan tablet. Jika tidak ada, lewati saja.
    Untuk bagian Video, bisa diisi dengan video demo yang sudah terupload di Youtube. Kalau tidak ada, bisa dikosongi saja. Akhiri dengan klik Simpan.
  16. Kembali ke menu Produksi. Kali ini kita akan mengisi bagian Negara/wilayah yang dapat mengakses aplikasi kita dari Play Store. Klik langsung Tambahkan negara/wilayah.
    Tampilan penentuan Negara atau wilayah
    Centang semua aja agar mudah dan aplikasi kita juga masuk ke semua negara. Akhiri dengan klik Tambahkan negara/wilayah di bagian bawah.
    Centang semua pada pilihan Tambahkan negara atau wilayah
  17. Kemudian pilih tab Rilis > klik tombol Edit. Langsung saja klik Tinjau rilis karena tadi kita sudah mengisi yang diperlukan untuk perilisan.
    Edit pada tab Rilis
  18. Langsung klik pada tombol Mulai peluncuran ke Produksi.
    Klik Mulai peluncuran ke Produksi
  19. Nah, sampailah pada tahap akhir yakni penantian peninjauan dari pihak Google terhadap aplikasi yang kita upload. Overall, sampai di langkah ini kalian udah selesai.

Sekian langkah publish APK ke Google Play Store. Semoga bermanfaat dan membantu untuk publikasi aplikasi kalian ke seluruh dunia. Good luck 🙂

Bagikan: