Pembaruan Ciamik untuk Aplikasi Bawaan Windows 11

Bagikan:

Pembaruan Windows besar pertama tahun ini adalah tentang aplikasi yang lebih fresh untuk Windows 11. Beberapa aplikasi bawaan mendapatkan pembaruan ciamik yang mendukung tampilan dark mode.

Microsoft meluncurkan aplikasi Notepad baru, pengalaman editor gambar baru aplikasi Windows Media Player dan Foto ke lebih banyak pengguna. Walaupun Notepad baru saat ini tersedia untuk pengguna Saluran Beta, tetapi aplikasi Foto dan Pemutar Media sekarang tersedia untuk semua orang.

Pembaruan Ciamik dalam Tampilan Windows 11

Seperti yang mungkin Anda ketahui, Windows 11 adalah tentang peningkatan desain dan Microsoft telah mencoba membuat aplikasi aslinya cocok dengan tampilan dan nuansa baru.

Pada saat peluncuran Windows 11, beberapa aplikasi terasa tidak pada tempatnya, seperti Notepad dan Groove Music. Perusahaan sekarang mencoba memperbarui aplikasi ini dengan desain terpadu baru sehingga terlihat serupa.

Apa saja pembaruan ciamik tersebut? Simak terus sampai akhri yes 😀

Notepad Baru dengan Dark Mode

Minggu ini Microsoft membuat aplikasi Notepad tersedia untuk pengguna di Saluran Beta, yang berarti sekarang dapat diinstal pada Windows 11 Build 22000 atau yang lebih baru. Notepad, yang tetap menjadi aplikasi masuk bagi sebagian besar pengguna, mendapatkan dukungan untuk mode gelap, menu yang didesain ulang, dan halaman pengaturan khusus.

Notepad dengan Dark Mode
Notepad dengan Dark Mode

Penyegaran Windows Notepad mempertahankan desain yang sudah dikenal dengan sentuhan WinUI dan Fluent Design. Misalnya, Notepad sekarang menggunakan sudut membulat pada menu konteks klik kanan, jendela tingkat atas, menu, pemberitahuan pop-up, alat temukan, dan banyak lagi.

Microsoft juga telah mengaktifkan dukungan untuk ikon dan animasi baru berdasarkan WinUI. Ada halaman pengaturan baru yang memungkinkan Anda mengubah font dan tema untuk aplikasi (termasuk mode gelap!). Anda akan dapat mengubah pengaturan bawaan untuk memungkinkan lebih banyak jenis file dapat diakses.

Setelah rilis ini, Notepad telah menjadi aplikasi yang dapat diperbarui Store dan memiliki halamannya sendiri di Microsoft Store.

Saat ini, Notepad hanya tersedia untuk pengguna saluran beta dan akan segera diluncurkan ke masyarakat umum.

Aplikasi Foto

Aplikasi Foto Microsoft yang didesain ulang sekarang tersedia untuk semua orang dan itu mencakup dukungan untuk alat potong (crop) baru, opsi rasio aspek, dan banyak lagi. Anda juga dapat dengan mudah menyesuaikan foto, membuat penyesuaian pada lampu, dan menggunakan opsi mark-up baru.

Tampilan Baru Aplikasi Foto Windows 11
Tampilan Baru Aplikasi Foto Windows 11

Alat pemangkasan sekarang terbuka di dalam layar pratinjau gambar dan Anda juga dapat menelusuri beberapa gambar tanpa beralih di antara gambar, berkat bilah baru yang muncul di bagian bawah.

Musik Groove menjadi Windows Media Player, Bisa MKV

Untuk pengguna di luar Program Windows Insider, Microsoft mengganti Groove Music dengan Windows Media Player. Media Player yang didesain ulang didasarkan pada Groove Music dan juga memungkinkan Anda memutar video termasuk MKV dan MP4.

Media Player sebagai Pengganti Music Groove di WIndows 11
Media Player sebagai Pengganti Music Groove di WIndows 11

Ini adalah pembaruan paling signifikan dari Groove Music selama bertahun-tahun, mirip dengan penyegaran Notepad pada Windows 11. Namun, jangan berharap perubahan signifikan pada kinerja keseluruhan dan format video yang didukung.

Itu karena Windows Media Player didasarkan pada konsep aplikasi Groove dan Movies & TV, sehingga belum siap untuk menggantikan pemutar media yang kuat seperti VLC dan MPV.

Bagikan:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments