Office for Beginner – Berkenalan dengan Word 2016

Bagikan:

Office merupakan aplikasi yang mutlak ada pada sebuah computer atau PC bahkan di mobile device sekalipun. Mengapa saya menyebut Office saja (tanpa Microsoft di depannya)? Karena bagi pengguna open source seperti Linux akan ada aplikasi serupa dengan nama Open Office dan tentunya sekelas dengan Microsoft Office. Dalam artikel ini untuk sementara hanya akan kita bahas Microsoft Office khususnya untuk Word 2016.

Word 2016

Microsoft Office termasuk Microsoft Word terus mengalami evolusi. Jika kalian lahir dan bisa memegang komputer setelah tahun 2000 pastinya sudah pernah mencicipi (minimal melihat) Word 2003. Atau bahkan kalian sudah merasakan versi Word 2007, 2010, dan juga 2013. Bagi yang sudah mencoba Word 2013, kalian akan mudah memahami bahasan dalam artikel ini karena Word 2013 sudah hampir mirip dengan Word 2016 yang akan kita bahas. Okeh langsung ke materi.

Dalam Word 2016, kalian akan menemukan beberapa hal baru yang bisa kalian rasakan.

  1. Interface alias tampilan
    Pada dasarnya, ribbon menu masih memiliki desain yang sama dengan Word 2007 ke atas. Hanya saja ada perbedaan di bagian menu File dan Home. Jika kalian klik menu File pada Word 2016 akan tampil rubrik tersendiri yang unik seperti gambar berikut.
    file menu word 2016
    Tampilan tersebut terbilang unik di mana didesain khusus untuk menunjukkan berbagai keterangan tentang dokumen yang dibuat yang bisa kalian lihat pada bagian Properties di samping kanan.
  1. Terhubung dengan OneDrive
    Kalian dapat menghubungkan akun Microsoft dengan Office 2016 termasuk untuk penyimpanan di OneDrive. Dengan adanya sinkronisasi ini, dokumen yang kalian buat akan aman dan tersimpan di OneDrive.
    terhubung onedrive
  1. Tersedia template yang cukup banyak
    Word 2016 memiliki cukup banyak template yang bisa kalian pilih termasuk untuk template online yang disediakan oleh Microsoft.
    template word 2016
  2. Aktivasi yang berbeda
    Saat kalian selesai menginstal Office 2016, pastinya harus diaktivasi agar Office dapat digunakan. Nah, jika kalian pengguna aplikasi petani, kalian akan merasakan perbedaan dari sisi aktivasi. Berbeda dengan Office 2007 atau 2010 yang masih bisa diaktivasi dengan serial number, Office 2016 biasanya diaktivasi dengan aplikasi KMS atau sejenisnya.
    kmspico

Itulah sedikit review agar kita mengenal Office 2016 khususnya Word 2016. Pada artikel selanjutnya, akan terus ada artikel tutorial tentang Office ya. So, pastikan kalian update artikel-artikel dari Lumpia Studio J

Bagikan: