Memperpanjang SIM Mudah Bangets!

Bagikan:

Bagi kalian yang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah mendekati habis, segerakan untuk perpanjang SIM ya. Untuk memperpanjang SIM mudah bangets kok, gaes.

Lebih baik perpanjang SIM lebih awal daripada telat. Pasalnya, telat satu hari pun harus bikin baru dan tidak bisa diperpanjang. Itu mungkin karena sudah memakai sistem elektronik juga input datanya. Tentunya biaya bikin baru juga lebih mahal daripada memperpanjang. Lokasi untuk memperpanjang SIM di Demak ada di Polres Lama yakni di Jalan Kyai Singkil.

Lokasi Polres Lama untuk memperpanjang SIM
Lokasi Polres Lama untuk memperpanjang SIM

Langkah yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman saya langsung saat memperpanjang SIM. Oiya, saya melakukan perpanjangan SIM di Polres Demak ya, gaes, tepatnya pada bulan Januari 2020. Overall, sepertinya langkah-langkah ini juga akan sama di semua tempat perpanjangan SIM nantinya. Langsung aja dah cus.
Eitsssā€¦sebelum masuk ke langkah perpanjangan, jangan lupa bawa hal berikut.

  1. Fotokopi KTP sebanyak 6 lembar (mungkin yang terpakai hanya 5 lembar, jaga aman dilebihin)
  2. SIM asli karena nanti akan diganti dengan SIM yang baru.
  3. Uang sebesar Rp 175.000,00 (jaga aman juga dilebihin aja jikalau ada kenaikan di beda waktu yup).

Tes Kesehatan dan Tes Psikologi

Dua tes ini ada di tempat berbeda. Jika di Demak, lokasi tes kesehatan masih satu baris dan dekat Polres. Kalian bisa melihat plangnya seperti berikut.

Lokasi tes kesehatan untuk memperpanjang SIM

Untuk tes psikologi, ini sepertinya tes baru yang dulu saat saya bikin SIM pertama gak ada tes ini. Entah barunya mulai kapan gak tau juga karena perpanjang SIM pun 5 tahun sekali. Baru tahu kalau harus tes psikologi juga saat memperpanjang.

Lokasi tes psikologi agak sedikit beda arah kalau di Demak. Dari lokasi tes kesehatan, kalian harus nyeberang dari jembatan (sekitar Jalan Bhayangkara) dan nanti akan ada plang berikut.

Lokasi tes psikologi untuk perpanjangan SIM

Tes psikologi nantinya juga gampang dan gak banyak kok. Kalian cukup mengisi form yang sudah disediakan dan menjawab terkait kepribadian dan psikologi mental yang kalian miliki. Pastikan diisi jujur ya, gaes, karena ini berkaitan dengan keselamatan saat kalian berkendara.

Untuk tes kesehatan ya seperti biasa, masih sama saat membuat SIM baru dulu. Ada uji massa badan dan uji kesehatan mata juga. Ini gampang lah pokoknya.

Setelah dua tes di atas selesai, barulah kalian masuk ke Polres untuk langkah selanjutnya. Oiya, dua tes di atas masing-masing memiliki biaya berbeda yup.

Membayar Biaya Memperpanjang SIM

Nah, kalau ini ada lokasi pembayaran yang disediakan di Polres yang berada di loket BRI. Kalian bisa langsung membayar di loket secara cash. Nanti kalian juga akan diberi map untuk memasukkan semua berkas dari bukti sudah melakukan tes kesehatan, tes psikologi, dan bukti pembayaran.

Untuk biaya perpanjangan SIM hanya Rp 75.000,00 alias terpisah dari biaya tes kesehatan dan tes psikologi. Seperti ini gambar rincian biayanya.

Rincian biaya pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM

Kalau ditotal keseluruhan termasuk biaya tes kesehatan dan psikologi sekitar Rp 175.000,00. Kalau ada kenaikan di lain waktu ya jaga aman bawa Rp 200.000,00 lah ya, belum jika di tempat kalian harus ada biaya parkir dan minum es teh hehe.

Setelah ini, mulailah masuk ke ruang perpanjangan SIM.

Ruang Perpanjangan SIM

Setelah dari pembayaran biaya bank di loket BRI dan memperoleh map yang telah kalian isi dengan bukti pembayaran tiga tempat (tes kesehatan, tes psikologi, dan pembayaran perpanjang SIM dari BRI), serahkan map tersebut ke loket 1 agar kalian mendapatkan formulir.

Oiya, di ruang ini akan ada empat loket: loket 1 untuk pendaftaran dengan mengisi formulir, loket 2 untuk penyerahan formulir, loket 3 untuk entry data, dan loket 4 untuk pengambilan SIM.

Tampilan loket 1 dan loket 2

Sebelum masuk ke loket 1, kalian harus mengisi formulir pendaftaran yang akan meminta data pribadi kalian seperti nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, pekerjaan, dan sebagainya. Isilah dengan sejujur-jujurnya ya.

Setelah pengisian formulir selesai, masuklah ke loket 2 untuk menyerahkan formulir pendaftaran.

Tampilan loket 3 dan loket 4

Loket 4 juga menjadi loket pendaftaran untuk yang melakukan peningkatan SIM. Lebih jelasnya kalian bisa melihat keterangan loket di gambar di atas ya.

Untuk ruang pengambilan foto nanti ada di sebelah loket 4, gaes. Di ruang foto hanya akan diminta sidik jari dan foto yang akan dipasang di SIM baru kalian.

Pengambilan sidik jari dan foto untuk SIM

Setelah selesai dari ruang foto, kalian hanya perlu mengantri sebentar agar nama kalian dipanggil di loket 4 untuk pengambilan SIM baru yang akan kalian miliki.

Sembari menunggu antrian, kalian juga bisa membaca sedikit koleksi buku perpustakaan di Polres ini. Yah, masih sangat sedikit keitungnya karena rak lemari yang masih sangat longgar saking kosongnya. Semoga lain kali bisa lebih banyak koleksi bukunya dengan novel dan sebagainya yang bikin pengunjung betah.

Koleksi perpustakaan Polres Demak

Jika kalian pembuat SIM baru, ruang ujian AVIS akan berada di sebelah kiri saat kalian mengantri.

PS:

Saat perpanjangan saya waktu dulu, setelah keuar dari ruang foto tapi lama sekali dipanggil, gaes. Antrian panggilan pun lama-kelamaan udah habis. Padahal, saya belum dapet SIM baru. Nah, kalau nantinya kalian akan seperti ini, langsung konfirmasi dan tanyakan ke pihak petugas bahwa kalian belum menerima SIM baru. Petugas nanti akan mengecek ulang. Jikalau petugas bilang SIM baru sudah tercetak tapi kalian belum merasa menerima, ya bilang saja kalau belum menerima.

Kalian nanti akan diminta fotokopi KTP lagi untuk pengecekan. Inilah kenapa tadi saya nulis agar lembar fotokopi KTP dilebihin untuk jaga-jaga kondisi seperti ini. Setelah fotokopi KTP tambahan saya berikan ke petugas, selang beberapa menit akhirnya keluar juga SIM baru. Cuss pulang deh.

Oiya, biaya parkir di Polres Demak gak ada alias gratis karena saya bawa motor dan ditaruh begitu saja di lingkungan sekitar Polres dengan rapi. Jikalau sekitar Polres kalian harus parkir, ya tambahkan biayanya sendiri ya haha.
Sekian info perpanjangan SIM mudah based on true story dari saya hari ini. Jangan lewat calo dah, langsung saja eksekusi sendiri. Mudah bangeets kok šŸ˜€