Membuat Kuis di Slido (From Scratch)

Bagikan:

Banyak sekali platform untuk membuat kuis online yang tersedia di internet. Masing-masing memiliki harga dan fitur yang berbeda. Kali ini kita akan belajar membuat kuis di Slido secara gratis saja. Fitur-fitur dasarnya udah cukup kok untuk membuat kuis yang menyenangkan siswa ataupun peserta kegiatan.

Berkenalan dengan Slido

Bagi kalian yang baru pertama kali mendengar Slido tentu akan bingung, apa itu semacam slide atau apa?

Tampilan Laman Slido
Tampilan Laman Slido

Tentu saja bukan slide ya. Slido dengan tagline-nya Audience Interaction Made Easy merupakan salah satu platform live kuis, polling, atau Q&A (tanya jawab) yang dapat digunakan secara serentak bersama-sama.

Nah, yang menjadi menyenangkan dari platform semacam ini adalah bisa memberi challenge pada peserta secara live dan hasil yang muncul pun realtime.

Kuis yang dibuat bisa berupa pilihan ganda, isian singkat, dan sebagainya. Untuk fitur, tentunya bagi penggemar gratisan seperti saya akan berbeda dengan fitur premium yang berbayar.

Pada akhir kuis, akan muncul leaderboard juga dapat memunuculkan urutan-urutan teratas dengan hasil terbaik. Terbaik ini berdasarkan jawaban benar dan kecepatan menjawab.

Mulai Membuat Kuis

Langsung aja dah daripada banyak cuap-cuap ya. Berikut langkah-langkah untuk membuat kuis di Slido.

  1. Buka web resmi slido di www.sli.do
  2. Jika sudah memiliki akun, langsung saja login. Jika belum, kalian harus mendaftar terlebih dahulu dengan email. Atau bisa seperti saya yang langsung saja login dengan akun Google.
Login dengan Google di Slido
  1. Jika sudah berhasil login, akan ada pemberitahuan via email bahwa kalian sudah terdaftar di Slido. Email juga biasanya akan berisi beberapa tips tambahan untuk mempermudah menggunakan Slido. Tampilan awal setelah berhasil login adalah seperti berikut.
Tampilan setelah login Slido
Tampilan setelah login Slido
  1. Untuk mulai membuat kuis, klik tombol Create Slido yang berwarna hijau.
Klik Create Slido
Pilihan saat Create Slido
  • From scratch, artinya kalian akan membuat kuis benar-benar dari nol (scratch). Ini tepat untuk semacam soal ujian karena timer menggunakan menit.
  • From templates, artinya menggunakan template-template yang sudah tersedia dan tinggal mengedit saja bagian isinya. Ini tepat untuk kuis just for fun karena timer bisa diatur menggunakan detik.
  • Present now, artinya memulai mempresentasikan slido yang telah dibuat. Tentu kita tidak akan memilih ini jika belum memiliki kuis ya.

Kalian bisa memilih sesuai keinginan. Untuk tutorial kali ini, saya akan membuat From scratch yup. Ada juga artikel lain di web ini jika ingin membuat kuis dengan templates.

  1. Setelah muncul tampilan berikut, isilah bagian Event name, pilih Start date dan End date. Untuk Event code boleh diubah, boleh juga tidak. Asal tidak ada event code yang sama, kuis tetap akan bisa dibuat. Akhiri dengan klik Create Slido
Bagian yang perlu diisi di Slido
Bagian yang perlu diisi di Slido
  1. Kemudian akan muncul tampilan yang akan memberikan pilihan untuk pembuatan kuis (sebelah kiri – kotak merah) dan tampilan tata cara user/peserta untuk bisa join dalam memainkan kuis kalian nantinya (sebelah kanan – kotak biru).
Tampilan pilihan kuis dan tampilan tayangan ke user di Slido
Tampilan pilihan kuis dan tampilan tayangan ke user di Slido
  1.  Sebagai contoh misal saya membuat kuis pilihan ganda. Klik pilihan Multiple choice, kemudian isikan soal dan pilihan jawabannya seperti berikut. Oiya, pilihan jawaban juga bisa sampai lima pilihan atau lebih loh.
Pembuatan soal pilihan ganda di Slido
Pembuatan soal pilihan ganda di Slido

Yang perlu kalian perhatikan adalah bagian dalam kotak merah di atas. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Mark correct answer, artinya jawaban yang benar dapat memiliki tanda centang. Kalian bisa memberi tanda centang pada pilihan jawaban kalian yang benar. Biasanya ini saya aktifkan.
  • Allow to select multiple options, artinya jika ini aktif (bercentang), user/peserta dapat memilih jawaban lebih dari satu. Biasanya ini tidak saya aktifkan.

Hasilnya adalah seperti berikut dengan jawaban benar tercentang biru.

Membuat soal dengan jawaban benar di Slido
Membuat soal dengan jawaban benar di Slido

Akhiri dengan klik Save. Soal akan tersimpan. Kalian dapat membuat soal lebih dari satu dengan langkah yang sama. Nah, sampai tahap ini kuis sudah selesai dibuat ya.

  1. Untuk mengatur durasi berapa lama kuis tayang di peserta, klik tanda tumpukan titik tiga di sebelah kanan soal > pilih Assign session.
Assign session di Slido
Assign session di Slido

Kemudian atur di bagian Duration. Satuan dalam menit yes. Artinya berapa menit waktu yang diberikan pada user untuk menyelesaikan ujian dengan semua soal di dalamnya ya.

Atur bagian duration
Atur bagian duration

Bermain Kuis dengan Siswa/Peserta

Langkah selanjutnya adalah bagaimana user (siswa/peserta) dapat bermain bersama dengan kuis yang telat kita buat.

Setelah semua soal selesai, klik Present di bagian kanan atas untuk meluncurkan kuis agar dapat diakses peserta. Kemudian akan terbuka jendela baru dengan tayangan seperti berikut.

Tampilan presentasi kuis Slido
Tampilan presentasi kuis Slido

User (siswa/peserta) dapat join dan bermain kuis dengan membuka browser (mobile atau desktop) dengan mengakses laman slido.com dan kemudian menginput kode kuis yang tertera. Opsi lain bisa juga dilakukan dengan men-scan QR code yang muncul di tampilan kuis kalian.

Sebagai admin, sebelum memulai kuis nanti akan ada nama-nama peserta yang muncul dan jumlahnya. Pastikan dulu semua user sudah masuk agar bisa mengikuti kuis secara serentak.

Setelah itu, klik tombol berwarna hijau seperti tanda Play di bagian kiri bawah pada layar kalian untuk memulai memainkan soal.

Di masing-masing browser peserta akan muncul soal dan pilihan jawaban yang bisa langsung dipilih.

Demikianlah untuk tutorial Slido dengan pilihan From Scratch. Akan berlanjut untuk pilihan From templates yes 😀

Bagikan: