Membuat Game dari Template Smart Apps Creator

Bagikan:

Sebelum masuk ke bagian inti materi, sebelumnya saya sampaikan dulu ya kalau di web ini sudah ada beberapa tutorial dasar untuk membuat aplikasi dengan Smart Apps Creator hingga menjadi outputnya juga loh. Nah, sekarang kita akan membuat game dari template yang sudah tersedia di Smart Apps Creator.

Sebelum lanjut, jika masih belum tahu apa itu SAC, bisa mempelajari tutorial dasarnya di artikel-artikel yang sudah saya buat berikut ini.

  1. Smart Apps Creator (SAC) : Mari Berkenalan
  2. Smart Apps Creator (SAC) : Start Page, Page, Section
  3. Opening Beranimasi dengan Smart Apps Creator (SAC)
  4. Mengatur Durasi Opening di Smart Apps Creator (SAC)
  5. Membuat Menu di Smart Apps Creator (SAC) – Bagian 1
  6. Membuat Menu di Smart Apps Creator (SAC) – Bagian 2
  7. Multipages dengan Smart Apps Creator
  8. Membuat Output APK di Smart Apps Creator (SAC)

Membuat Game dari Template

Ini adalah salah satu fitur dari Smart Apps Creator yang memudahkan siapa saja untuk membuat game sederhana yang dapat dinikmati secara offline.

Apakah ini butuh kemampuan programming?

O, tenang saja. Smart Apps Creator tidak perlu pemrograman. So, jika kalian belum menguasai pemrograman atau mungkin tidak mau mumet karena pemrograman, pembuatan game ini tidak akan membuat kalian berpusing ria.

Oiya, salah satu template yang bisa kita buat di SAC adalah jenis Connect the dots. Template ini akan memudahkan kalian untuk membuat game memasangkan secara sederhana dengan menarik garis-garis kea rah pasangan gambar yang sesuai.

Gimana caranya? Langsung simak dan jangan lupa sekalian dipraktikkan langkah-langkahnya ya.

  1. Buka aplikasi Smart Apps Creator yang sudah kalian instal. Jika kalian baru pertama menggunakan, saat ada tampilan yang meminta memasukkan key, kosongi saja key-nya. Cukup isikan email dan pilih Free trial 30 days.
  2. Buat dokumen baru dengan tipe Android Phone. Pilih tipe layout Horizontal.
Android Phone dengan layout horizontal di SAC
Android Phone dengan layout horizontal di SAC
  1. Untuk bagian Start Page silakan dibuat sesuai keinginan kalian ya. Bisa juga dicek di tutorial saya sebelumnya.
  2. Sekarang klik menu Template > klik Text. Di sini ada ada dua pilihan yakni Connect the dots Vertical dan Connect the dots Horizontal. Karena layout kita tadi saat milih dokumen awal adalah horizontal, maka pilih Connect the dots horizontal ya.
Klik Template lalu pilih Connect the dots horizontal
Klik Template lalu pilih Connect the dots horizontal
  1. Lalu akan muncul template di area kerja kalian.
    Jika kurang besar, kalian bisa memperlebar ukurannya dengan menarik titik-titik berwarna biru di bagian pinggir seperti berikut.
Memperlebar template game di SAC
Memperlebar template game di SAC
  1. Setelah selesai, kita ganti gambar di template. Klik terlebih dahulu objek Connect the dots yang sudah ada di area kerja kalian. Kemudian lihat panel Property di sebelah kanan > pilih Template Setting.
Pilih Template Setting untuk mengganti gambar
Pilih Template Setting untuk mengganti gambar

Nah, dari tampilan ini kita bisa mengganti gambar sesuai keinginan bahkan menambah/mengurangi berapa banyak gambar yang ingin dipasangkan.

Mengurangi dan menambah gambar game connect the dots
Mengurangi dan menambah gambar game connect the dots

Saya akan jelaskan dulu apa perbedaan gambar di bagian atas (warna kotak biru) dan bawah (warna kotak merah).

Perbedaan gambar bagian atas dan bawah
Perbedaan gambar bagian atas dan bawah
  • Gambar bagian atas gambar yang bisa diubah. Jika bagian atas diubah, maka bagian bawah juga akan ikut berubah.
  • Gambar bagian atas tidak bisa ditukar posisinya dengan gambar di sebelahnya, tapi gambar bagian bawah bisa ditukar dengan gambar di sebelahnya.
  • Gambar bagian bawah menunjukkan di mana pasangan untuk memasangkan garis. Jadi, posisi gambar pasangan bisa berbeda (tidak satu baris) bergantung dari peletakan posisi bagian bawah ini.

Untuk mengurangi/menambah gambar, gunakan tombol + dan – di bagian sebelah kiri. Jika ingin mengurangi, terlebih dahulu pilih bagian yang ingin dihapus seperti animasi di bawah ini.

Menghapus jumlah gambar connect the dots
Menghapus jumlah gambar connect the dots
  1. Setelah terhapus, otomatis bagian yang bawah juga akan ikut terhapus. Untuk mengganti gambar, klik tanda gerigi di gambar bagian atas. Semua gambar bisa diganti kok. Perhatikan animasi berikut ini untuk lebih jelasnya ya.
Mengganti gambar di connect the dots SAC
Mengganti gambar di connect the dots SAC

Gambar yang saya ganti menempati posisi A1 (bisa dilihat di gambar dengan tulisan A1). Nah, bagian atas gambar sudah berganti. Selanjutnya kita ganti bagian gambar yang ada di bawah untuk menentukan siapa yang menjadi pasangannya.

Pada awal posisinya, bisa kalian lihat bahwa gambar A1 pasangannya adalah B1. Begitu juga seterusnya dengan gambar yang lain. Untuk menukarnya gimana? Tinggal drag dan geser aja ke sampingnya. Perhatikan animasi di bawah ini ya.

Mengubah pasangan gambar connect the dots
Mengubah pasangan gambar connect the dots

Sekarang sudah kalian lihat bahwa pasangan A1 adalah B2. Oiya, di sini saya akan membuat tipe game dengan memasangkan gambar yang sama ya. Jadi, gambar buaya harus dipasangkan dengan gambar buaya juga.

  1. Setelah bagian bawah sudah ditentukan pasangannya, sekarang kita ganti bagian atas terutama untuk B2 yang akan menjadi pasangan A1. So, gambar B2 harus kita ganti juga dengan gambar buaya karena akan menjadi pasangan A1.
Mengganti gambar B2 yang menjadi pasangan A1
Mengganti gambar B2 yang menjadi pasangan A1

Bisa kalian lihat kan hasilnya antara gambar bagian atas dan bawah? Sampai di sini harusnya sudah paham ya penempatan pasangan antargambar hehe.

Kalian bisa mengganti semua gambar yang kalian inginkan. Jangan lupakan juga gambar pasangannya. Kalau sudah, akhiri dengan klik Submit.

Sekarang lakukan testing dengan klik tombol Preview. Hasilnya akan seperti animasi berikut.

Hasil testing Preview Connect the dots SAC
Hasil testing Preview Connect the dots SAC

Gimana? Sudah bisa terpasang dengan benar kah? Kalau sudah, berarti langkah-langkah yang kalian lakukan sudah benar.

Jika belum, pasti ada kesalahan. Coba cek dan ulangi lagi langkah-langkahnya ya. Kalau ada kesulitan bisa sampaikan di kolom komentar 🙂

Bagikan: