Memainkan Game Flash Tanpa Flash Player

Bagikan:

Adobe Flash mungkin secara resmi mati, tetapi game Flash tidak akan pernah mati. Meskipun Adobe berhenti mendukung Flash Player pada tanggal 31 Desember 2020, Anda masih dapat memainkan game Adobe Flash hari ini.

Adobe Flash adalah pilar internet selama tahun 2000-an dan selama periode 20 tahun, ia membangun warisan game dengan proporsi yang belum pernah terjadi sebelumnya, mencakup puluhan ribu game.

Sekarang setelah situs web yang menghosting konten Flash tidak aktif, banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara memainkan game Flash tanpa Flash.

Dalam artikel ini, kami mencantumkan beberapa proyek yang memungkinkan Anda memainkan game Flash tanpa Flash.

Kematian Artefak Sejarah

Tanda nisan Flash Player
Tanda nisan Flash Player

Kematian Adobe Flash sama sekali tidak mengejutkan. Meskipun Adobe berhenti mendukung Flash pada tanggal 31 Desember 2020 , paku pertama di peti mati Flash adalah keputusan Apple untuk tidak mendukungnya pada keluarga perangkat iOS pada tahun 2010.

Dalam sebuah surat terbuka yang menjelaskan keputusan Apple, Steve Jobs mengkritik kinerja Flash, konsumsi energi, dan kerentanan keamanan. Apple mungkin benar, seperti juga banyak publikasi yang berpihak dalam mengkritik banyak kekurangan Flash. Namun, kembali pada tahun 1998, ketika Flash awalnya dirilis, itu benar-benar merevolusi internet.

Sebagai alat animasi ringan, ini membantu mengubah antarmuka berbasis teks statis dari internet menjadi portal interaktif seperti sekarang ini. Tidak butuh waktu lama untuk diperhatikan oleh komunitas game, yang akan mulai menggunakannya untuk membuat video game.

Warisan Game yang Berlangsung Selama 20 Tahun

Pada tahun 2000, Tom Fulp meluncurkan portal permainan Flash otomatisnya, Newgrounds , yang menerima, memproses, dan menerbitkan konten Flash ke internet secara instan. Ini adalah dasar dari kebangkitan game Flash.

Tiba-tiba, hanya dengan satu klik mouse, Anda dapat memuat, melihat, dan berinteraksi dengan game dan konten Flash. Dan ini lima tahun sebelum YouTube diluncurkan.

Pada saat Adobe berhenti mendukung Flash, puluhan ribu game telah dikembangkan menggunakan teknologi tersebut. Bahkan Nintendo telah meluncurkan game Flashnya sendiri, Mission in Snowdriftland sebagai cara untuk mengiklankan produk Nintendo lainnya.

Tapi sekarang Adobe telah mencabut Flash, warisan permainannya yang tak tertandingi berada dalam risiko besar untuk hilang selamanya. Dan itu pasti akan terjadi jika bukan karena sejumlah proyek yang tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan Anda memainkan game flash tanpa Flash player bahkan setelah Flash dinyatakan mati dan terkubur.

Cara Memainkan Game Flash Tanpa Adobe Flash Player

Proyek-proyek berikut berusaha untuk melestarikan game Flash, memastikan kita semua dapat terus menikmati bermain game Flash tanpa Flash di masa depan:

1. BlueMaxima’s Flashpoint

BlueMaxima's Flashpoint Home Page
BlueMaxima’s Flashpoint Home Page

Upaya untuk menyelamatkan game Flash dimulai dengan kontribusi individu dari pengguna Medium @bluemaximax011 , AKA Ben Latimore. Setelah Latimore menerbitkan sebuah artikel Medium yang mengumpulkan perhatian yang sangat positif atas usahanya, Flashpoint berubah menjadi proyek pelestarian web game internasional seperti sekarang ini.

Upaya Latimore dimulai pada Januari 2018, dalam upaya untuk berlari lebih cepat dari hilangnya konten sebelum kematian Flash. Sejak itu, Flashpoint telah berkembang menjadi proyek pelestarian untuk permainan web dan animasi yang dibuat untuk berbagai plugin, kerangka kerja, dan standar internet. Pada versi 9.0, Flashpoint telah menyimpan lebih dari 70.000 game dan 8.000 animasi yang berjalan di berbagai platform, yang berarti memiliki game yang tidak memerlukan flash di katalognya juga.

BlueMaxima’s Flashpoint menggunakan peluncur yang dibuat khusus, Apache, dan aplikasinya sendiri, Flashpoint Secure Player. Dengan ini, Anda dapat memutar media berbasis web dalam lingkungan yang cepat dan ramah pengguna tanpa meninggalkan perubahan permanen atau lubang keamanan di komputer Anda.

Flashpoint menawarkan dua versi perangkat lunaknya: Ultimate , versi ukuran penuh 478GB yang berisi setiap bagian media yang disimpan oleh proyek dalam format siap offline, dan Infinity , versi 500MB yang lebih kecil yang memungkinkan Anda mengunduh dan memainkan game Flash tanpa Flash sesuka hati.

2. The Flash Game Archive

Flash Game Archive Home Page
Flash Game Archive Home Page

Flash Game Archive adalah arsip permainan Flash gratis yang dapat Anda mainkan secara lokal di komputer Anda kapan saja. Tujuannya adalah untuk melestarikan game Flash sebelum benar-benar hilang.

Proyek pelestarian ini dipimpin oleh tim pengembang Kanada, Dragom. Flash Game Archive adalah proyek nirlaba dan gratis untuk digunakan, tetapi jika Anda bergabung dengan Flash Game Archive Patreon , Anda dapat memperoleh akses lebih awal ke semua tambahan game dan kemampuan untuk meminta agar game baru ditambahkan.

Flash Game Archive menawarkan Anda kesempatan untuk terus memainkan game Flash tanpa Flash player hanya dengan mengunduh kliennya. Perangkat lunak Flash Game Archive memungkinkan Anda mengunduh game Flash sesuai permintaan dan memainkannya secara offline. Game dan media lainnya disimpan di pusat data, dengan lebih dari 1888 game saat ini dalam arsip.

3. The Internet Archive

Software Library Flash Home Page
Software Library Flash Home Page

The Internet Archive, perpustakaan digital nirlaba dari situs internet dan artefak budaya lainnya yang terkenal dengan Wayback Machine , sekarang meniru game dan konten Flash. Mengikuti prinsipnya, “akses drive pelestarian,” The Internet Archive meluncurkan proyek Emularity, yang membuat berbagai perangkat lunak lama berjalan.

Dengan semangat yang sama, menggunakan emulator Ruffle Flash, situs tersebut menambahkan dukungan flash ke sistem Emularity-nya. Ruffle adalah emulator Flash player yang dibangun dalam bahasa pemrograman Rust.

Bersama-sama, Internet Archive dan Ruffle memungkinkan Anda memainkan game Flash tanpa flash seperti yang biasa Anda lakukan, bahkan setelah Desember 2020. Sistem ini berfungsi di semua browser yang mendukung Webassembly dan tidak mengharuskan Anda menginstal Adobe Flash Player.

4. Newgrounds

Newgrounds.com Home Page
Newgrounds.com Home Page

Newgrounds, situs web dan perusahaan hiburan online (ya, situs yang sama yang membantu melontarkan game Flash menjadi hebat), adalah organisasi lain yang membantu melestarikan dan memainkan game Flash tanpa Flash. Setelah menjadi rumah bagi lebih dari 20 tahun konten yang dibuat menggunakan Flash, ia bermaksud untuk terus demikian bahkan setelah browser berhenti mendukung plugin Flash.

Dengan ide untuk melestarikan game dan konten Flash, Newgrounds mengembangkan pemutar Flashnya sendiri. Meskipun itu tergantung pada plugin Flash Adobe dan Anda mungkin diminta untuk menginstalnya.

Newgrounds Player dirancang untuk menciptakan “pengalaman menjelajah yang mulus di Newgrounds, sambil mempertahankan kemampuan untuk menikmati semua konten klasik kami,” menurut halaman unduhannya sendiri.

Satu lagi yang penting bagi netizen Indonesia, agar bisa mengakses situs Newgrounds, harus menggunakan VPN ya. Bad news for this 🤦‍♂️

Flash Game Akan Hidup Selamanya

Adobe mungkin sudah mati dan terkubur, tetapi game Flash masih hidup. Selama bertahun-tahun baik pengguna dan pengembang telah mengeluh tanpa henti tentang kerentanan Flash dan lubang keamanan, tetapi tidak ada yang akan menghapus fakta bahwa teknologi yang sama ini membantu internet menjadi alat interaktif seperti sekarang ini.

Selain itu, Flash praktis melahirkan game berbasis web dan membantu salah satu adegan game indie terbesar muncul entah dari mana. Jumlah game yang dibuat menggunakan Flash selama 20 tahun sejarahnya sangat banyak sehingga melampaui jumlah game yang dibuat untuk platform lain sejauh ini.

Bagikan:
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar