Instal Aplikasi Android di Windows 11

Bagikan:

Pembuatan Windows 11 Preview hadir dengan dukungan asli untuk Windows Subsystem for Android (WSA) yang memungkinkan Anda menjalankan aplikasi Android di desktop tanpa emulator pihak ketiga. Dengan demikian, untuk instal aplikasi Android di Windows 11 sudah sangat mudah.

Dalam Windows 11, untuk sementara hanya dapat mengunduh aplikasi dari Amazon Appstore karena dukungan untuk toko lain tidak tersedia. Appstore Amazon tidak sebesar Play Store dan hanya sejumlah terbatas aplikasi Android yang dapat diunduh secara resmi di Windows 11. Untungnya, Anda dapat menggunakan alat baris perintah untuk menginstal aplikasi Android dan bahkan menjalankan Windows Subsystem for Android on non-Insider PC, , serta hindari menggunakan pengelola WSA.

Jika Anda tidak ingin menggunakan baris perintah (yang mungkin sulit bagi pemula), ada cara yang lebih mudah untuk melakukannya. Aplikasi baru bernama “WSA PacMan”, yang tersedia di Github untuk ditinjau dan diberi umpan balik, memungkinkan Anda menginstal aplikasi Android tanpa membuka prompt perintah atau pengaturan sistem.

Seperti namanya, ini adalah pengelola paket sumber terbuka pihak ketiga yang dibuat khusus untuk Windows Subsystem for Android. Ini bertindak sebagai GUI dan menjalankan perintah ADB di latar belakang untuk menginstal aplikasi Android, dan juga bergantung pada port default sehingga Anda tidak perlu membuat perubahan apa pun pada aplikasi atau WSA itu sendiri.

Windows 11 Android subsystem

WSA PacMan adalah GUI untuk perintah ADB dan bergantung pada WSA asli yang disertakan dalam OS, jadi Anda perlu mengatur WSA untuk satu kali.

Pertama, Anda memerlukan perangkat yang menjalankan Windows 11 dan mendukung Android Subsystem untuk Linux. Kedua, pastikan Anda telah menginstal atau mengaktifkan Subsystem for Android dan opsi debugging diaktifkan. Jika tidak, pengelola paket tidak akan dapat menginstal aplikasi di perangkat Anda.

Cara menginstal aplikasi Android dengan GUI

  1. Buka halaman rilis Github dan unduh WSA PacMan.
  2. Aplikasi PackMan akan secara otomatis terhubung ke WSA karena menggunakan port default 58526 untuk debugging.
    Android package manager
  3. Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di atas, WSA PacMan memiliki antarmuka yang sederhana dan Anda hanya perlu mencari file APK yang ingin Anda jalankan.
    WSA installer untuk instal aplikasi Android

Jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar dan memilih file APK, Anda akan melihat panduan penginstalan yang mirip dengan penginstal asli yang disertakan dalam sistem operasi.

Anda dapat membuka aplikasi yang diinstal seperti yang Anda lakukan pada aplikasi Windows lainnya. Aplikasi yang diinstal oleh manajer paket akan muncul di Start menu Anda dan dapat disematkan ke taskbar.

Bagikan:
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar