Fitur Baru WhatsApp: Satu Kali Lihat

Bagikan:

WhatsApp baru saja meluncurkan fitur privasi terbaru, di mana pengguna dapat mengirimkan foto dan video yang bersifat “sekali lihat”. Fitur baru WhatsApp ini diumumkan pada 3 Agustus 2021.

Melalui fitur foto dan video Sekali Lihat, WhatsApp menjanjikan perlindungan privasi yang lebih baik bagi pengguna serta ruang penyimpanan yang lebih lega.

Fitur Sekali Lihat sudah dapat digunakan oleh pengguna WhatsApp di Android dengan memperbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru via Google Play Store.

Apa itu foto dan video sekali lihat?

Mengutip Blog WhatsApp, 3 Agustus 2021, mengambil foto atau video menggunakan ponsel, serta mengirimkannya kepada teman, rekan kerja, atau kerabat telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup. Akan tetapi, tidak semua foto dan video yang dibagikan oleh pengguna perlu menjadi jejak digital yang permanen.

Tak hanya itu, pada banyak ponsel, semakin sering mengambil foto itu berarti hanya akan menghabiskan ruang penyimpanan ponsel.

“Itulah sebabnya kami meluncurkan fitur Sekali Lihat yang dapat menghilangkan foto dan video dari chat setelah dibuka. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan kendali yang lebih besar atas privasi mereka,” tulis WhatsApp.

Manfaat fitur Sekali Lihat

Menurut WhatsApp, fitur Sekali Lihat bermanfaat ketika pengguna ingin mengirim foto yang sifatnya sementara, seperti foto pakaian yang mereka coba di toko, atau informasi sensitif seperti kata sandi Wi-Fi.

WhatsApp juga memastikan bahwa konten media yng dikirimkan menggunakan fitur Sekali Lihat dilindungi oleh enkripsi end-to-end, sehingga WhatsApp tidak dapat melihatnya.

Cara menggunakan fitur Sekali Lihat

Fitur Sekali Lihat akan muncul sebagai tombol khusus (ikon angka 1) pada papan caption ketika pengguna hendak mengirimkan foto atau video.

Pengguna harus mengaktifkan fitur Sekali Lihat setiap kali ingin mengirim foto atau video yang bersifat sekali lihat. Untuk diketahui, setelah mengirimkan foto atau video sekali lihat, pengguna tidak akan dapat melihatnya lagi.

Ketentuan fitur Sekali Lihat

Selain itu, saat fitur Sekali Lihat diaktifkan, pengguna juga tidak dapat meneruskan, menyimpan, memberi bintang, atau membagikan foto atau video yang dikirim atau diterima.

Pengguna hanya dapat melihat apakah penerima telah membuka foto atau video sekali lihat jika mereka menyalakan laporan dibaca.

Jika pengguna tidak membuka foto atau video tersebut dalam waktu 14 hari setelah dikirim, maka foto atau video akan kedaluwarsa dari chat.

Foto atau video sekali lihat dapat dipulihkan dari cadangan (backup), jika pesan belum dibuka pada saat pencadangan dilakukan. Jika foto atau video sudah dibuka, media tersebut tidak akan disertakan dalam cadangan dan tidak dapat dipulihkan.

Masih bisa di-screenshot

WhatsApp mengingatkan pengguna untuk hanya membagikan media Sekali Lihat kepada orang yang dipercaya. Meski foto atau video hanya dapat dilihat sekali, namun penerima pesan masih bisa mengambil tangkapan layar (screenshot) atau merekam layar (screen record) saat membuka foto atau video yang diterima.

Selain itu, jika penerima pesan melaporkan media Sekali Lihat yang mereka terima, maka media tersebut akan diberikan kepada WhatsApp untuk dipelajari.

Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/07/150000765/fitur-terbaru-whatsapp-foto-dan-video-sekali-lihat-lalu-hilang-ini-cara?page=all

Bagikan: