Clash of Clans Gaming Sensation in Review : Semester Akhir Nge-game? Why Not?

Bagikan:

Siapa yang pernah bermain Clash of Clans (CoC) ? Atau bahkan sering dan saking seringnya kalian jadi addicted (kecanduan) untuk selalu memainkan game ini? Ya, begitulah efek dari bermain game. Tak jarang jika sebagian orang menilai game dapat memberikan efek buruk termasuk orang tua yang sering menekankan anaknya untuk giat belajar dan menegur si anak ketika mereka bermain game.

Clash of Clans

Padahal, game juga memiliki nilai pembelajaran yang tersirat di dalamnya sekalipun itu game peperangan ataupun kriminal. Jikalau dikaitkan dengan pendidikan dan kurikulum, biasanya disebut hidden curriculum. Dalam game peperangan, kriminal, ataupun yang lainnya, dalam bermain sebuah game pemain akan belajar mengatur strategi dalam memenangkan game yang mereka mainkan.

Okey, it’s enough. Banyak sekali artikel yang bisa kalian baca tentang manfaat dan juga dampak negatif game sehingga saya tidak akan membahasnya di sini – silahkan tanya mbah Google ya. Tentunya kontrol dalam bermainkan game juga diperlukan 😀

Baca juga: Game Strategi Online Terbaik: Clash of Clans

Kembali pada fokus kita yaitu pada game buatan Supercell yang dikenal dengan Clash of Clans (CoC). Jika kalian bermain CoC (termasuk saya juga memainkannya hehe), kalian akan belajar tentang strategi baik secara individu maupun berkelompok. Sensasinya adalah ketika kalian memulai war/battle baik dalam single mission, multiplayer, maupun clan war. Mari kita bahas satu per satu sensasi yang ada dalam war tersebut.

  1. Single Mission
    Dalam battle single mission, kalian akan dihadapkan pada Goblin Town Hall di mana si Goblin menyimpan gold dan elixir mereka dan misi kalian adalah memperoleh gold dan elixir tersebut atau setidaknya menghancurkan pertahanan 50%. Tentunya dengan adanya penjaga (defense) yang berbeda-beda pada tiap level. Tingkatan level yang ada pada single mission ini semakin ke atas akan semakin sulit bahkan kesulitannya akan melebihi bayangan kecepatan level attacker kalian. Misalnya, jika kalian telah memenangkan level Arrow Head di single mission dan akan naik ke level selanjutnya (Red Carpet) perbedaannya akan terasa jauh. Pertahanan si Goblin akan lebih kuat melebihi bayangan kalian jika kalian masih level awal. Dalam level Arrow Head, kalian belum akan menemukan Hidden Tesla dan defense lain dengan level cukup tinggi. Namun, ketika kalian naik ke level Red Carpet, kalian sudah menemukan Hidden Tesla dan Tower Wizard yang levelnya sudah cukup tinggi. Tower Wizard di level sebelumnya hanya level 1, sedangkan di Red Carpet sudah level 3. Untuk memperoleh Hidden Tesla di base village kita harus mencapai Town Hall level 7 terlebih dahulu. Itu pun belum untuk upgrade army yang ada ke level lebih tinggi. Tentunya untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan gold dan elixir yang tidak sedikit.
    Oleh karena kesulitan single mission tersebut, tak sedikit yang mengabaikannya dan hanya digunakan untuk menguji kemampuan army setelah upgrade atau bahkan hanya untuk menghemat gold karena untuk search opponent akan memakan sedikit gold – hanya sedikit kok 😀
    Kalian juga akan mendapatkan achievements dalam bentuk gems jika sudah mencapai level tertentu. Berikut tampilan single player dalam beberapa level (Obsidian Tower, Arrow Head, dan Red Carpet).

    Attack Single Mission
    Gambar 1. Attack Single Mission
    Obsidian Tower
    Gambar 2. Obsidian Tower Level
    Arrow Head
    Gambar 3. Arrow Head Level
    Red Carpet Level
    Gambar 4. Red Carpet Level
  2. Multiplayer Battles
    Dalam multiplayer battles, kalian akan disuguhi sensasi yang lebih berwarna dan ini yang membuat pemain addict untuk selalu bermain game CoC ini. Di battle inilah kita dapat memperoleh banyak achievements mulai dari gold and elixir bonus, rating in league, tropi, hingga gems. Jika di dalam single mission semakin ke atas akan semakin sulit, dalam multiplayer battles kesulitan ditentukan pada pencapaian tropi kalian. Semakin banyak jumlah tropi kalian, maka musuh yang muncul setelah searching opponents akan semakin sulit. Yang lebih sensasional adalah tatkala kalian sudah bertarung atau bahkan sudah memiliki Dragon, Barbarian King, Archer Queen, atau bahkan P.E.K.K.A dalam base kalian. Dengan army tersebut, kalian akan lebih cepat mengalahkan defense musuh. Tentunya untuk memperoleh army tersebut juga membutuhkan upgrade yang tidak sedikit ya. Bagi yang penasaran dengan beberapa army, berikut screenshot pasukan saya termasuk ada Clan Castle (bertuliskan Dwarakan Kingdom) dan juga Hidden Tesla – masih butuh banyak upgrade ini 😀

    Village Base with Tesla and Clan
    Gambar 5. Village Base with Tesla and Clan
  3. Clan War
    Yang terakhir dan paling berbeda adalah sensasi dalam pertarungan antar-Clan (Clan War). Di dalam Clan War, kalian akan belajar mengatur strategi secara berkelompok. Untuk bisa melakukan Clan War, minimal harus sudah ada 10 orang member di dalam sebuah clan yang akan bertarung dengan kelompok dari clan yang lain. Sama seperti organisasi dalam dunia nyata, di dalam kelompok clan juga dipimpin oleh seorang leader yang dapat mengatur posisi anggotanya ketika war dimulai. Frekuensi war pada masing-masing clan dapat berbeda-beda bergantung pada pengaturan. Ada yang seminggu sekali, seminggu dua kali, selalu war, atau bahkan tidak war sama sekali. Walaupun tidak melakukan war, keuntungan dari bergabung dalam sebuah clan adalah adanya donasi pasukan yang dapat kalian minta (request) / berikan (donate) pada sesama anggota clan. Jumlah pasukan (army) yang bisa didonasikan atau request tentunya sesuai dengan kapasitas clan yang ada. Semakin tinggi levelnya akan semakin lebih banyak yang bisa diterima, tetapi untuk memberikan (donate) pasukan hanya bisa maksimal 5 pasukan per orang untuk semua jenis army jika clan belum penuh. Pasukan dalam clan dapat berfungsi untuk defense (pertahanan) secara otomatis ketika musuh menyerang ke dalam base village kita. Selain itu, pasukan clan juga dapat digunakan untuk menyerang ketika kita bermain dalam multiplayer battle.
    Berikut beberapa tampilan yang akan kalian temui dalam Clan War :

    Clan-War-Enemy-Base
    Gambar 6. Clan War Enemy Base
    Clan War Friendly Base
    Gambar 7. Clan War Friendly Base
    War Result
    Gambar 8. Hasil Clan War yang Dimenangkan Oleh Dwaraka Kingdom

Memang, permainan dalam multiplayer battle-lah yang sering menimbulkan addiction apalagi jika kalian sering menang. Bahkan, ketika kalah sekalipun sensasi emosional akan muncul untuk bermain lagi dan lagi supaya bisa menang dan upgrade ke level yang lebih tinggi. Nge-game boleh karena game adalah hak segala bangsa haha. Apalagi untuk semester akhir yang “selo” dan sering galau, game merupakan hiburan tersendiri di samping kesibukan nykripsi atau final project yang lain. Pastikan kalian ingat untuk mengatur waktu dan jaga aktivitas agar tidak kedodoran. Ingat, ngegame untuk hidup dan BUKAN hidup untuk nge-game loh ya. So, jangan lupa jaga kesehatan kalian. Enjoy the clan war 😀

Bagikan: