Cara Instal Spotify di Linux

Bagikan:

Spotify adalah layanan streaming musik terbesar di dunia. Ratusan juta orang menggunakannya untuk mendengarkan musik dan mengonsumsi podcast setiap hari — dan angka itu mencakup sejumlah besar pengguna Linux. Namun, sebagian pengguna belum tahu cara instal Spotify di Linux. Yuk, kita bahas.

Cara Instal Spotify di Ubuntu dan Linux

Memicu popularitas hub musik adalah kenyataan bahwa kalian dapat menggunakan Spotify secara gratis, hanya dengan mendaftar untuk sebuah akun. Tanpa biaya, tanpa ribet. Kalian juga dapat membeli langganan Spotify Premium, dan ini membuka fitur tambahan seperti mendengarkan offline.

Pemutar web Spotify juga dapat berjalan di browser web apa pun, tetapi pemutar desktop Spotify resmi untuk Linux menawarkan pengalaman keseluruhan terbaik berkat integrasinya yang erat dengan desktop Ubuntu dan tombol media keyboard.

Ada dua cara yang bisa dipilih untuk instal Spotify di Linux. So, baca terus pokoknya ya sampai akhir.

Cara Instal Spotify di Linux

  1. Menggunakan Snap Spotify

Snap resmi untuk aplikasi Spotify memudahkan pengguna dalam menginstalnya di Ubuntu 18.04 LTS atau versi di atasnya (serta pada setiap distribusi Linux lain yang mendukung Snap apps).

Langsung saja tekan tombol di bawah ini.

Jika lebih suka Terminal, kalian dapat menginstal Spotify di Ubuntu 18.04 dan versi di atasnya dari baris perintah juga jika Anda menjalankan:

sudo snap instal spotify

Aplikasi Spotify yang kalian dapat melalui snap Spotify maupun terminal adalah sama. Aplikasi akan secara otomatis memperbarui di background ketika versi baru tersedia.

Just info, aplikasi snap Spotify sudah menerima beberapa pembaruan termasuk peningkatan kecepatan dalam membuka.

  1. Menggunakan Repositori Linux Spotify

Jika kalian bukan penggemar aplikasi Snap, kalian dapat menambahkan repositori resmi Spotify Linux ke daftar software sources di sistem. Ini memungkinkan kalian menginstal pemutar desktop yang sama dengan versi Snap tetapi dalam format aplikasi yang lebih tradisional.

Anda harus merasa nyaman dengan baris perintah karena ini adalah cara termudah untuk menginstal aplikasi dengan cara ini.

curl -sS https://download.spotify.com/debian/pubkey.gpg | sudo apt-key add - 
echo "deb http://repository.spotify.com stable non-free" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/spotify.list

Selanjutnya, instal aplikasi dengan menjalankan perintah berikut di jendela Terminal :

sudo apt install spotify-client

Setelah terinstal, jalankan aplikasi desktop Spotify dari menu aplikasi pilihan kalian, login, dan bersenandunglah!

Bagikan: