Berkontribusi sebagai Penerjemah di WordPress

Bagikan:

WordPress memiliki banyak komunitas yang tersebar di berbagai belahan dunia dan bisa dibilang sangat solid untuk saling bahu-membahu dalam berkembang. Jika kalian juga ingin memberikan kontribusi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berkontribusi sebagai penerjemah di WordPress.

Siapa yang Bisa Menjadi Penerjemah?

Siapapun, di manapun, dan kapanpun. Kalian tak harus memiliki kemampuan pemrograman, desain, atau apapun lah yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi.

Loh, beneran gak perlu skill khusus? Ya enggak gitu juga kaleee hehe. Sesuai konteks dong, kan kalian niatnya menjadi penerjemah alias translator di WordPress. Jadi, kalian tetap butuh skill dalam bahasa terutama bahasa Inggris.

Berkonribusi sebagai Penerjemah

Ada beberapa syarat yang diperlukan untuk menjadi penerjemah atau translator di WordPress, antara lain:

  1. Memiliki akun di wordpress.org untuk login.
  2. Buka laman https://translate.wordpress.org/ . Di laman inilah kalian bisa ikut berkontribusi sebagai penerjemah. Akun kalian di wordpress.org tadi bisa kalian gunakan langsung untuk login ya. Tombol login ada di pojok kanan atas, nyempil hehe.
    Tombol login translator wordpress
  3. Pada tampilan awal  laman, kalian akan melihat tampilan untuk memilih bahasa yang kalian gunakan sebagai hasil translasi. Karena saya bangga dengan Indonesia, saya pilih dong Indonesia hehe. Ketikkan bahasa tersebut di kotak pencarian bahasa.
    Pencarian bahasa dalam translate wordpress
    Setelah itu, klik Contribute Translation.
  4. Pada laman berikutnya, kalian akan diberikan tampilan untuk memilih apa yang akan kalian terjemahkan. Kalian bisa menerjemahkan core WordPress, theme (tema), plugin, dan sebagainya. Di sini saya akan memberikan contoh untuk menerjemahkan plugin saja ya.
    Pilihan apa yang akan diterjemahkan
    Klik menu Plugin untuk menuju halaman translasi plugin.
  5. Pada tampilan berikutnya, kalian akan bertemu dengan berbagai macam nama plugin yang ada di WordPress. Nah, di sini kalian harus sudah menentukan di awal plugin apa yang akan kalian terjemahkan. Dalam contoh ini saya akan menerjemahkan plugin bernama Login/Signup Popup.
    Menerjemahkan Login or Signup PopupKetik nama plugin di kolom pencarian plugin, kemudian Enter. Setelah plugin yang dicari muncul, klik Translate Project.
  6. Pada tampilan berikutnya, akan muncul tampilan string-string apa yang harus kalian terjemahkan mulai dari Development, Development Readme, Stable, dan Stable Readme. Di sini semua sudah terkumpul kata-katanya. Biasakan untuk memulai dari Stable dulu ya karena ini yang nantinya akan rilis ke end-user.
    String yang harus diterjemahkan
    Klik pada bagian Stable (latest release).
  7. Nah, di sini kalian akan dihadapkan pada kalimat-kalimat yang harus kalian terjemahkan. Di sebelah kiri adalah kalian asli (original string). Yang perlu kalian lakukan adalah klik dua kali pada kolom Double-click to add di bagian Translation.
    klik dua kali untuk mengedit string
  8. Setelah kalian klik dua kali, akan ada form untuk pengetikan terjemahan yang kalian buat. Nah, jika ada kode-kode khusus, jangan diterjemahkan ya. Biarkan saja tetap seperti itu. Yang perlu kalian terjemahkan hanyalah bahasa manusianya saja 😀
  9. Untuk mempermudah penulisan yang memiliki kode, kalian klik tombol Copy original saja. Nanti kodenya akan otomatis tersalin. Yang perlu kalian lakukan tinggal mengganti bahasa manusianya dengan terjemahan yang kalian buat. Berikut contohnya.penerjemahan string yang berisi kode
  10. Jika terjemahan kalian sudah selesai, klik tombol Suggest. String yang sudah kalian terjemahkan akan berwarna orange.

Kesimpulan

Sampai di sini contoh satu string aja ya. Sebisa mungkin terjemahkan semua string yang ada. Tapi gak masalah kok kalau hanya beberapa saja sesuai kemampuan kalian hehe.

Nantinya akan ada pihak yang meng-approve dari WordPress untuk menerima atau tidak terjemahan yang kalian sarankan.

Dengan berkontribusi sedikit, kalian sudah bisa memberikan perubahan pada dunia WordPress umumnya dan memajukan Indonesia khususnya agar WordPress bisa digunakan kita semua.