Adobe AIR SDK 33 untuk Build 64 Bit di Animate/Flash

Bagikan:

Bagi pengembang aplikasi mobile (Android atau iOS) dengan Adobe Flash atau Adobe Animate, tentunya akan menemukan problem saat upload di store (Play Store atau App Store) karena diharuskan build 64 bit. Solusinya adalah Adobe AIR SDK 33.

Sementara itu, AIR SDK yang dirilis resmi oleh Adobe selaku pengembang pertama hanya mentok di versi 32.0.0.116 yang belum mendukung 64 bit. So, gimana solusinya?

Walaupun Adobe sudah lepas tangan dengan AIR SDK, namun yang perlu kita ingat adalah Adobe Animate masih eksis dan terus dikembangkan selaku pengganti Adobe Flash. Ini artinya AIR SDK masih terus hidup.

Loh, kok terus hidup? Lalu siapa yang mengembangkan? Kan Adobe udah lepas tangan?

Jawabannya adalah AIR SDK dikembangkan oleh pihak ketiga yakni HARMAN selaku bagian dari Samsung Company.

Sampai detik saya menulis artikel ini, versi AIR SDK yang dikembangkan oleh HARMAN sudah ada di versi 33.1.1.63. Kalian bisa mengunduh AIR SDK 33.1.1.63 di link https://airsdk.harman.com/download .

Apa perbedaan AIR SDK yang dikembangkan HARMAN selaku pihak ketiga dengan yang dikembangkan Adobe? Tentu saja ada.

  1. AIR SDK terbaru yang dikembangkan HARMAN sudah mendukung 64 bit, artinya saat diupload di toko aplikasi (Play Store atau App Store) tidak akan ditolak lagi.
  2. HARMAN adalah pihak ketiga. Dalam hal ini tentunya HARMAN akan mengambil semacam “keuntungan” karena bersedia mengembangkan AIR SDK.

Apa keuntungan yang diperoleh HARMAN selaku pihak ketiga?

AIR SDK yang dikembangkan oleh HARMAN masih bisa dinikmati secara gratis. Namun, kalian akan memperoleh semacam splashscreen saat aplikasi terbuka di awal dengan tampilan logo HARMAN.

Splashscreen HARMAN landscape
Splashscreen HARMAN landscape
Splashscreen HARMAN portrait
Splashscreen HARMAN portrait

Yah kalo bisa dibilang tampilan ini seperti aplikasi yang kalian kembangkan dengan Unity versi free lah. Kan ada logo Unity di awal.

Jika kalian ingin membuang splashscreen tersebut, kalian harus membayar kepada pihak HARMAN. Berikut patokan beberapa harga yang ditawarkan HARMAN.

Harga AIR SDK HARMAN
Harga AIR SDK HARMAN

Nah, kalau saya sih masih menggunakan versi Free Tier alias gratis dan harus rela ada logo HARMAN. Toh munculnya hanya sebentar.

Sampai di sini sekarang solusi untuk problem 64 bit saat upload di Play Store atau App Store semoga bisa beres ya. Jika masih ada masalah, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar.

Happy coding 🙂