1 Akun WhatsApp, 4 Perangkat? Begini Langkahnya

Bagikan:

Pengguna WhatsApp di Indonesia kini sudah bisa menikmati fitur dukungan multi-device yang mulai digelontorkan WhatsApp sejak Juli lalu. Fitur ini memungkinkan 1 akun WhatsApp bisa untuk 4 perangkat sekaligus.

Fitur atau dukungan ini memungkinkan satu akun WhatsApp bisa digunakan di empat perangkat secara bersamaan tanpa bergantung pada ponsel dengan nomor yang terdaftar.

Biasanya, ketika pengguna ingin menggunakan WhatsApp di perangkat lain seperti aplikasi desktop atau web, ponsel dengan nomor yang terdaftar harus tetap online. Dukungan multi-perangkat ini masih dalam tahap beta.

Menjalankan Fitur Multi-Device WhatsApp

Untuk bisa menikmati fitur multi-device agar dapat menjalankan 1 akun WhatsApp di 4 perangkat, pengguna WhatsApp di Tanah Air harus bergabung dalam program beta. Caranya dengan meng-klik menu “Linked devices” melalui ikon “tiga titik” yang berada di pojok kanan tampilan utama WhatsApp Android/iOS. Lalu, klik menu “Multi-device beta” dan klik tombol “Join Beta”.

Setelah itu, pengguna bisa kembali ke tampilan sebelumnya dan klik “Link a device” untuk memindai kode QR di perangkat yang ingin dihubungkan.

Apabila pengguna sebelumnya sudah login di WhatsApp Web atau Desktop, maka pengguna akan kembali diminta untuk memindai kode QR yang baru.

Dengan dukungan multi-devices atau multi-perangkat, pengguna WhatsApp dapat menggunakan di perangkat lain, meski ponsel dengan nomor yang terdaftar dalam keadaan offline atau tidak terhubung internet.

Hal ini akan sangat berguna apabila ponsel pengguna tiba-tiba mati karena kehabisan baterai atau memiliki koneksi internet yang buruk, tetapi mereka masih memiliki koneksi internet di PC.

Dengan begitu, fitur anyar ini bisa dibilang menyerupai akses media sosial, di mana sebuah akun bisa login di mana saja tanpa keterikatan dengan sebuah perangkat atau smartphone.

Meski demikian, ketika pengguna WhatsApp menggunakan fitur ini untuk pertama kalinya, ponsel dengan nomor yang terdaftar harus tetap online.

Setelah login berhasil, maka meski ponsel tersebut mati atau offline, fitur ini akan tetap bisa digunakan. Adapun maksimal perangkat yang bisa dihubungkan dengan fitur ini adalah empat perangkat, termasuk WhatsApp Web, Desktop, dan Portal.

Uniknya, pengguna juga kini bisa mengaktifkan WhatsApp Web di dua tab di satu browser yang sama, atau dua browser yang berbeda, misalnya Chrome dan Firefox.

Sebelumnya, apabila WhatsApp Web terbuka di tab atau browser lain, maka pengguna dipaksa untuk mengalihkan WhatsApp Web ke tab atau browser yang sedang diakses, dengan catatan ponsel dengan akun WhatsApp tersebut harus tetap online.

Membatalkan Fitur Multi-Device WhatsApp

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa fitur ini masih beta. Jika ingin membatalkannya, kita cukup keluar saja dari program beta yang diberikan WhatsApp. Bagaimana caranya? Simak teruss pokoknya ya 😀

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp melalui smartphone (Android/iOS).
  2. Kemudian, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih opsi “Linked Devices”.
  3. Setelah diklik, nantinya akan muncul daftar perangkat apa saja yang terhubung secara bersamaan.
  4. Jika sebelumnya sudah Log In di WhatsApp Web atau desktop, kalian harus keluar (Log Out) terlebih dahulu. Caranya, pilih nama perangkat yang kalian kehendaki dalam urutan tersebut, lalu klik tombol “Log Out” pada jendela pop-up kecil yang muncul. Jika sudah, tampilan halaman tersebut akan bersih, tanpa ada nama perangkat lain yang aktif.
  5. Untuk keluar dari multi-device beta, kalian bisa langsung meng-klik tombol “Leave Beta” yang ada di bagian bawah. Secara otomatis, setelan opsi “Linked Devices” Anda sudah kembali seperti semula dan hanya bisa menghubungkan akun ke satu perangkat lainnya.

Secara ringkasnya dapat kalian lihat langkahnya pada gambar berikut.

Keluar dari program beta multi-device WhatsApp

Nah, itu dia ya cara masuk dan keluar dari program beta multi-device di WhatsApp. Apa kalian akan tetap ikut program beta ini atau tidak? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar di bawah ya 😀

Bagikan:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments