WhatsApp dan Windows Phone Berpisah Tahun Ini

posted in: News | 0

WhatsApp akan menyetop dukungan untuk sistem operasi Windows Phone pada 31 Desember 2019 mendatang. So, WhatsApp dan Windows Phone berpisah tahun Ini.

whatsapp dan windows phone

Penghentian ini sejalan dengan keputusan Microsoft yang akan mengakhiri dukungan untuk Windows 10 Mobile pada bulan Desember.

Dalam blog resminya, WhatsApp menyebut tidak lagi mengembangkan layanan untuk Windows Phone. Sehingga pengguna disarankan untuk beralih menggunakan sistem operasi lain.

Micorosft sendiri telah mengimbau pengguna Windows Phone sebelumya untuk bermigrasi ke perangkat Android atau iOS.

Pengguna Windows Phone bisa memilih menggunakan perangkat Android versi 4.03 atau lebih baru atau perangkat iOS versi 8 atau lebih baru.

Baca juga: “Kematian” Resmi Windows 10 Mobile

WhatsApp juga mengumumkan tenggat untuk beberapa sistem operasi Android dan iOS lawas.

Pengguna Android versi 2.3.7 atau versi lebih lama, serta iOS 7 dan versi lebih lama, hanya akan bisa menggunakan layanan WhatsApp sampai tanggal 1 Februari 2020.

Perlu diperhatikan, bahwa pengguna perangkat kedua sistem operasi di atas tidak lagi bisa membuat akun WhatsApp baru ataupun melakukan verifikasi ulang akun yang sudah ada.

Karena pengembangan layanan sudah tidak tersedia, WhatsApp mewanti-wanti bahwa kemungkinan ada beberapa fitur yang tidak berfungsi sewaktu-waktu dan tidka bisa dilakukan pembaruan.

WahtsApp rutin memangkas dukungan untuk beberapa perangkat yang minim basis pengguna. Sebelumnya, aplikasi layanan pesan instan ini telah menghentikan dukungan untuk sistem operasi Nokia Symbian S60, Nokia Series 40, BlackBerry OS dan BlackBerry 10.

Android, Blackberry, dan iOS Juga

Mulai awal 2019 ini, sederet ponsel Nokia dengan OS Series 40 (sering disingkat S40), tak akan lagi bisa menjalankan aplikasi pesan instan WhatsApp. Pihak WhatsApp mengumumkan bahwa mereka menghentikan dukungan layanan sejak 31 Desember 2018 lalu.

Dalam sebuah publikasi lewat blog resminya, WhatsApp mengatakan bahwa mereka hanya akan memberi dukungan teknis pada smartphone dengan sistem operasi minimum Android 4.0, Windows Phone 8.1, iOS 8, serta JioPhone dan JioPhone 2.

Dengan kata lain, deretan ponsel Nokia dengan OS S40 seperti Asha 501, 210, 301, dan lain-lain tidak bisa lagi menjalankan aplikasi WhatsApp pada ponselnya. Celakanya, pengguna pun tidak akan bisa memindahkan riwayat percakapan ke platform lain.

“Jika Anda memiliki salah satu perangkat di atas, cukup instal WhatsApp dan verifikasi nomor telepon Anda pada perangkat baru. Ingat bahwa WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon di satu perangkat,” tulis pihak WhatsApp.

“Selain itu, saat ini tidak ada opsi untuk mentransfer riwayat percakapan antar-platform. Namun, kami menyediakan opsi untuk mengekspor riwayat obrolan Anda menjadi sebuah lampiran pada e-mail,” lanjut mereka.

Whatsapp juga mengumumkan akan menghentikan dukungan pada perangkat Android 2.3.7 dan iOS 7. Namun dukungan teknis untuk dua sistem operasi ini baru akan dihentikan pada 2020 mendatang.

Sebelumnya pada tanggal yang sama di akhir 2017 lalu, WhatsApp juga menghentikan dukungan untuk beberapa sistem operasi. Kala itu WhatsApp menegaskan tak lagi mendukung Blackberry OS dan Blackberry 10.

Sistem operasi lawas lain yang bernasib serupa adalah Windows Phone 8.0 dan yang versi lebih tua. Selain itu WhatsApp juga mengingatkan sejumlah fitur bisa saja berhenti berfungsi pada waktu yang tak ditentukan.

“Karena kami tidak lagi mengembangkan secara aktif untuk sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja,” tulis pihak WhatsApp

Sumber: tekno.kompas.com

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.