» » Update WordPress & Pluginnya dengan Mudah

Update WordPress & Pluginnya dengan Mudah

posted in: Tutorial | 0

Artikel ini saya luncurkan karena melihat beberapa teman yang menanyakan hal-hal dasar penggunaan WordPress dalam membuat website termasuk cara untuk update WordPress dan pluginnya. Berikut akan kita bahas langkah mudah update WordPress dan plugin yang ada di dalamnya baik secara manual maupun secara otomatis.

langkah mudah update wordpress
Langkah Mudah Update WordPress

Pada dasarnya, WordPress menyediakan pilihan agar kalian bisa melakukan update secara otomatis ataupun manual. Secara manual, tentunya kalian harus selalu melakukan update berkala jika ada pembaruan melalui dashboard admin. Jika kalian menggunakan cara otomatis, kalian bisa minta bantuan dengan menginstal plugin agar sistem WordPress mengizinkan pembaruan secara otomatis ketika update baru muncul.

Secara pribadi, saya pun mengaktifkan fitur update otomatis untuk plugin karena akan lebih terbantu. O, iya…sejauh yang saya alami, update otomatis hanya dapat dilakukan untuk plugin. Jika ada update versi WordPress dan theme, kalian harus melakukannya secara manual. Namun, jika kalian menemukan cara otomatis update WordPress dan theme, bisa ditambahkan di komentar ya sekalian berbagi ilmu kepada pembaca yang lain 🙂

Okeh, langsung masuk ke materi inti. Berikut langkah mudah update WordPress secara manual.

  1. Masuk ke tampilan admin seperti biasa dengan login menggunakan username dan pass WordPress kalian.
  2. Setelah masuk ke dashboard, jika ada pembaruan yang dibutuhkan maka akan muncul notifikasi berupa tanda seperti berikut di panel atas.
    tanda ada update wordpress
  3. Atau bisa juga melalui menu Dashboard (Dasbor) > Update (Pembaruan) yang terletak di panel sebelah kiri.
    panel pembaruan
  4. Langsung saja klik tanda tersebut dan kalian akan diantarkan ke tampilan Pembaruan WordPress. Halaman ini akan terbagi menjadi empat bagian yakni pembaruan versi WordPress, pembaruan plugin, pembaruan tema, dan pembaruan terjemahan. Kalian bisa melihatnya seperti berikut.
    tampilan pembaruan wordpress
    Bagian pembaruan versi WordPress
    tampilan bagian pembaruan plugin
    Tampilan bagian pembaruan plugin
    tampilan pembaruan theme
    Tampilan pembaruan theme

    Di bawah tampilan pembaruan theme (tema) akan terlihat tampilan perbaruan terjemahan. Untuk saat ini di WordPress saya belum ada pembaruan terjemahan sehingga tampilan tampak seperti berikut.

    tampilan pembaruan terjemahan
    Tampilan pembaruan terjemahan
  5. Berikan tanda ceklist (centang) pada bagian yang ingin di-update. Saran saya sebaiknya berikan centang semua pembaruan yang ada terutama pada versi WordPress. Pembaruan (idealnya) akan meningkatkan performa kinerja pada sistem WordPress dan biasanya akan lebih aman security-nya.

Biarkan jendela browser tetap terbuka selama proses update (pembaruan) berlangsung. Jika sudah selesai, kalian akan melihat tampilan sukses setelah instalasi.

Gimana? Mudah kan? Jika masih bingung, jangan lupa berkomentar pada kolom di bawah ini ya.

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.