Tumbangkan Burton Albion: 9 – 0, City Menuju Final

posted in: Sport | 0

Laga Manchester City vs Burton Albion berubah menjadi pesta gol City dalam laga pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Kamis pagi WIB, 10 Januari 2019. Dalam laga tersebut, City tumbangkan Burton Albion dengan skor 9 – 0.

Selebrasi Gabriel

Kemenangan yang disokong trigol Gabriel Jesus, dwigol Phil Foden, serta sumbangan satu gol dari Kevin De Bruyne, Olexandr Zinchenko, Kyle Walker dan Riyad Mahrez itu membuat satu kaki City sudah menjejaki partai final Piala Liga Inggris.

Hasil itu sekaligus meringankan beban tim besutan Pep Guardiola tersebut saat melawat ke markas Burton di Stadion Pirelli pada laga kedua 23 Januari waktu setempat mendatang.

Burton memulai pertandingan dengan sangat positif ketika mereka melakukan serangan pertama. Lucas Akins melepaskan tembakan tepat sasaran yang mampu diantisipasi kiper muda City, Arijanet Muric.

Tuan rumah merespons cepat saat De Bruyne berhasil memenangi duel udara kendati diapit dua bek Burton untuk menyundul bola umpan lambung kiriman David Silva. De Bruyne membawa City unggul 1-0 saat laga baru berjalan lima menit.

Tim tamu berusaha mengimbangi permainan City dan menciptakan serangan berbahaya ketika Akins menyodorkan bola di muka gawang yang diselesaikan dengan tendangan melambung dari sasaran oleh Marcus Harness.

Pada menit ke-19, Mahrez berhasil menyarangkan bola ke gawang Burton dengan tendangan voli. Namun gol tersebut dianulir lantaran ia terlanjur dalam posisi offside ketika Ilkay Guendogan melepaskan umpan.

Sang juara bertahan lantas menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-30 lewat gol pertama Jesus di laga tersebut dengan sundulan mudah dari jarak dekat menyelesaikan bola muntah hasil tembakan Leroy Sane yang membentur kiper Bradley Collins.

Empat menit berselang Jesus mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan kiriman David Silva. Wasit sempat meninjau teknologi asisten wasit video (VAR) untuk memastikan gol tersebut sah dan skor berubah menjadi 3-0 bagi City.

City tak membutuhkan waktu lama untuk menegaskan mereka tengah menggelar pesta gol ke gawang Burton. Pada menit ke-37 giliran Zinchenko mencetak gol dari umpan silangnya yang gagal disambut Jesus dan juga tak mampu diantisipasi Collins hingga bola masuk ke gawang.

Dua menit jelang waktu normal babak pertama usai, Mahrez hampir ikut mencatatkan namanya di papan skor lebih awal ketika menerima umpan Sane dengan tendangan voli. Namun kali ini Collins bisa mementahkan bola yang datang.

Tertinggal empat gol di babak pertama, Burton tak kehilangan daya juang mereka. Mereka menciptakan peluang pada menit ke-53 saat Scott Fraser menyelesaikan kerja sama umpan satu dua sentuhan bersama Akins dengan tembakan melengkung dari tepi kotak penalti, sayang bola masih melambung tipis dari sasaran.

Empat menit berselang, City malah menegaskan keunggulan mereka ketika Jesus melengkapi raihan trigolnya di laga tersebut dengan melompat untuk menyundul umpan kiriman Mahrez.

Belum puas dengan keunggulan lima gol, City menambah lagi menjadi 6-0 lewat gol Foden, yang baru empat menit merumput usai menggantikan De Bruyne, pada menit ke-62.

Tiga menit sesudahnya, City mencetak gol ketujuh mereka lewat capaian caturgol Jesus yang dengan mudah menyontek bola di muka gawang menyelesaikan umpan Sane.

Gol kedelapan City di laga itu tercipta pada menit ke-70 saat akselerasi Mahrez diakhiri umpan tarik yang disambut sontekan Walker.

Nasib naas Collins di bawah mistar gawang Burton rupanya belum berakhir. Tujuh menit menjelang waktu normal usai, Mahrez akhirnya mencatatkan namanya di papan skor dengan tendangan kesempatan kedua setelah menerima umpan dari Bernardo Silva.

Laga Manchester City vs Burton Albion berakhir 9-0 di Etihad ketika wasit Mike Dean meniup peluit tanda laga usai.

Sumber: bola.tempo.co

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.