TH 11 News Update – Clash of Clans

posted in: Ceritaku | 0

Sepertinya untuk menulis artikel tentang Clash of Clans dan TH 11-nya sudah agak terlambat ya berhubung TH 11 sudah keluar awal tahun kemarin. Ya mending lah daripada gak ada update hehe. Sebut saja latepost 😀

TH 11

Town Hall 11 (TH 11)

TH 11 yang telah dinanti-nantikan dan sudah lama menjadi isu pecinta Clash of Clans akhirnya muncul dengan tambahan defense, hero, dan level troops yang lebih tinggi. Bagi yang sudah mencapai puncak TH 10, tentunya TH 11 adalah obat tersendiri terhadap kecanduan mereka dalam bermain game ini. Pastinya dong, kalau sudah level mentok main game buat apa gitu kan? Rada useless juga kalau hanya tiap hari war dengan level mentok tanpa bisa nambah level pasukan lagi.

Anehnya nih, dulu ketika TH 11 muncul pertama kali kebetulan saya sedang online di perpusda Demak dan menyempatkan diri membuka Clash of Clans dengan melihat langsung pada Top Player. Lebih gila ketika melihat baru juga beberapa jam TH 11 muncul ternyata sudah ada yang mencapai level troops dan hero mentok untuk TH 11. Duh, itu pasti tiap detik main ya dan gak tau berapa gems yang mereka gunakan untuk boost 😐
th 11 top player

Berhubung saya juga baru nyampe TH 9 dan sepertinya sudah mulai lelah untuk up defense yang akhirnya menyebabkan akun saya stuck di TH 9, saya hanya akan menulis artikel sesuai update dari News di Clash of Clans. Apa saja yang baru setelah TH 11 muncul? Lanjut baca yukk…

  1. Splash screen baru
    Kita mulai dari tampilan pertama ketika pembukaan Clash of Clans yakni dengan splash screen-nya. Setelah TH 11 muncul, tampilan awal ini berubah dari sebelumnya dan tentunya hadir dengan desain ala TH 11. Jika kalian perhatikan gambar splash screen berikut, kalian sudah diajak Supercell untuk masuk ke TH 11 dengan ditandai Wizard Tower dan Archer Tower yang berada di belakang Archer Queen merupakan level akhir di TH 11. Wow, it’s great design.
    splash screen baru
  2. Munculnya Hero baru: Grand Warden
    Dalam TH 11, kalian akan menemukan tambahan satu hero baru yang bernama Grand Warden yang dapat kalian beli di shop dengan harga 6 juta elixir. Hmm…rada heran juga untuk hero yang dapat dibeli dengan elixir ini. Lebih aneh lagi adalah ketika saya mencoba melakukan serangan ke TH 11 (secara iseng) dan melempar Hog Rider di dekat Grand Warden, ternyata si hog mendeteksi Grand Warden sebagai defense.
    Beda dengan dua hero sebelumnya di mana Hog Rider tidak menyerang hero terlebih dahulu. Mungkin karena fungsinya sebagai hero bertahan kali ya. Setelah saya melihat profil Grand Warden dari top player, sepertinya memang Grand Warden memiliki fungsi pertahanan dan juga menyerang jika dilihat dari Info yang dia miliki. Berikut info tentang Grand Warden.
    grand warden info
    Dari screenshot di atas, dapat kita lihat bahwa Grand Warden dengan level 20 memiliki damage per second sebesar 110 poin. Walau tidak terlalu besar dalam damage, tapi kita juga harus melihat sisi bahwa Grand Warden juga memiliki Life Aura dan Eternal Tome. Dengan Life Aura, Grand Warden dapat meningkatkan hitpoint dari defense di sekitarnya. Berikut keterangan dari Life Aura.
    grand warden life aura info
    Selain itu, Eternal Tome juga dapat melindungi Grand Warden dan objek di sekitarnya dari serangan (completely imune to damage) untuk beberapa detik. Berikut keterangan yang bisa kalian baca dari info Grand Warden tentang Eternal Tome.
    grand warden eternal tome info
  3. Defense baru: Eagle Artillery – The Sleeping Sentinel
    Defense yang satu ini benar-benar seperti elang. Eagle Artillery dapat menyerang musuh dari jarak jauh sekalipun bahkan tertulis di info memiliki unlimited range untuk menyerang. Saya pun penasaran dengan cara bertahan si Eagle ini dan akhirnya iseng lagi menyerang TH 11 dan efeknya bener-bener wow. Sistem pertahanan si Eagle Artillery bener-bener greget. Saya sempat bertanya sesulit apa war dalam TH 11 untuk menghasilkan bintang tiga kalo sistem defense-nya kayak gini? *mikir keras*
    Yang penasaran dengan info dari Eagle Artillery bisa dilihat pada screenshot berikut.
    eagle artillery info
    Eagle Artillery ini dapat kalian beli dengan harga 8 juta gold ketika kalian sudah mencapai TH 11 (tentunya). Harga yang sebanding dan sangat mahal untuk sistem pertahanan yang keren ya.
  4. Sumbangan spell di Clan
    sumbangan baru untuk spell
    Dengan update terbaru yang telah dikeluarkan oleh Supercell dalam game ini, kalian yang sudah memiliki clan castle level 4 ke atas dapat menyumbangkan atau memberi donasi spell kepada yang membutuhkan di clan ketika ada request. Namun, spell yang dapat kalian sumbangkan adalah spell yang hanya memiliki housing space satu saja alias dark spell. Kalian belum bisa menyumbangkan spell biasa karena spell biasa membutuhkan housing space minimal 2.
  5. Freeze Spell di TH 9
    Yup, sekarang si pembeku alias Freeze Spell dapat kalian nikmati ketika sudah mencapai TH 9. Itu artinya semua spell sudah unlock termasuk haste spell di TH 9. Namun, Freeze Spell di TH 9 ini hanya mentok di level 1. Untuk melakukan research dan naik ke level selanjutnya, kalian harus masuk ke TH 10 dan pastinya upgrade Laboratory. Dulu sebelum update terbaru keluar, Freeze Spell hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang sudah mencapai TH 10. Kebetulan saya sudah TH 9 ya dan bisa mencicipi sedikit rasa beku dari Freeze Spell hehe.

Bersambung…

Kita sudahi sampai di sini agar artikelnya tidak kepanjangan dan kalian juga tidak lelah nyecroll hehe. Lanjut pada postingan selanjutnya ya.

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.