» » TH 11 News Update (Bagian Terakhir)

TH 11 News Update (Bagian Terakhir)

posted in: Ceritaku | 0

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas lima update baru dalam TH 11 yang ada dalam Clash of Clans. Nah, kita lanjutkan pembahasan selanjutnya masih mengenai topik yang sama yakni TH 11 News Update.

TH 11 News Update
  1. Perubahan Sistem Shield dan Bonus MultiplayerNah, ini yang menyebabkan saya gelo ketika update terbaru Clash of Clans muncul. Sistem shield berubah drastis termasuk damage di multiplayer battle yang berpengaruh pada bonus tropi. Shield yang dulu ada sebelum update muncul yang sering dimanfaatkan kebanyakan user yang suka looting daripada tropi adalah dengan menaruh TH di luar dan ketika TH-nya diserang akan otomatis mendapatkan shield 12 jam. Hal tersebut sangat menguntungkan pada saat itu.
    shield and guard from news
    Namun, sistem update terbaru kali ini hanya memberikan guard selama kurang lebih 30 menit jika TH yang berada di luar diserang. Ruginya lagi, damage ketika TH hancur juga memberikan pengaruh persentase bonus yang didapat. Ya, bonus kehancuran sekarang berupa persentase total dari kehancuran. Jika kalian menyerang TH di multiplayer battle yang memiliki loot banyak, otomatis loot yang kalian dapatkan dengan hanya menghancurkan TH saja sudah cukup banyak termasuk dark elixir.
    Dulu, sistem bonus jika menghancurkan TH hanya berdasarkan tropi yakni silver, gold, dan seterusnya. Sekarang sudah beda drastis dengan adanya persentase kehancuran dan hal itu memaksa kebanyakan user untuk memasukkan lagi TH ke dalam perlindungan wall.
    Selain itu, kalian juga bisa menikmati guard shield dan memungkinkan kalian untuk membelinya dengan harga lebih murah daripada shield biasa yakni 10 gems untuk 2 jam bertahan. Bedanya dengan shield biasa adalah untuk jenis guard kalian dapat dengan bebas menyerang di multiplayer battle tanpa khawatir village kalian akan diserang. Dengan adanya guard, desa atau village kalian tidak akan bisa diserang selama guard kalian aktif.
    guard and shield price
  2. Gold Storage dan Elixir Storage yang Lebih Besar
    Jika sebelumnya gold storage dan elixir storage hanya dapat mentok sampai level 10, tetapi di TH 11 kalian dapat upgrade lagi hingga level 11 dengan kuota yang tentunya lebih besar sesuai dengan kebutuhan upgrade defense dan troops yang lebih besar.
    bigger storage from news
  3. Level Troops yang lebih Besar
    Selain storage dan defense, perbesaran level juga diberikan pada beberapa tipe troops seperti Minion dan Witch. Dulu Minion hanya dapat mencapai level maksimal di level 6, tetapi sekarang dapat mencapai level 7. Untuk Witch, level maksimalnya dulu adalah level 2, tetapi sekarang dapat ditingkatkan menjadi level 3. Berikut screenshot yang saya ambil dari top player yang sudah memiliki level troops maksimal sebagai TH 11. Dapatkah kalian menyebutkan troops mana lagi yang level maksimalnya mengalami perubahan?
    th 11 max troops
  4. Gameplay Balancing
    Beberapa peningkatan gameplay balancing yang sekiranya penting untuk kalian perhatikan adalah sebagai berikut.

    • penambahan battle time (waktu menyerang) sebanyak 30 detik.
    • Goblin sekarang memiliki target TH dan Clan Castle. Sebelumnya Goblin hanya fokus pada resources dahulu baru kemudian objek yang lain, tetapi sekarang si Goblin dapat langsung menyerang TH dan Clasn Castle.
    • Preparation Day saat war yang lebih singkat yakni 23 jam saja.
      Untuk game balancing yang lain kalian dapat membaca lebih lengkap di screenshot di bawah ini (in English of course)
      new gameplay balancing
  5. Other Improvements
    Ya walaupun bisa dibilang hanya pemanis, setidaknya kalian juga perlu mengetahui hal-hal yang sekiranya penting hehe. Berikut beberapa peningkatan (improvement) yang menjadi pemanis di update Clash of Clans.new improvements

    • Tambahan achievement untuk Anti-Artillery dan Sharing is Caring
      Ketika achievement diperoleh, kalian akan mendapatkan bonus gems seeprti biasanya. Kali ini achievement ditambahan pada Anti-Artillery di mana kalian harus menghancurkan Eagle Artillery dalam jumlah tertentu untuk unlock achievement dan Sharing is Caring di mana kalian harus menyumbangkan spell dalam jumlah tertentu untuk unlock achievement.
    • Pengantrian troops
      Sekarang pengantrian troops sesuai urutan kalian menekan troops-nya layaknya spell. Dulu sebelum update, ketika kalian memilih troops antrian menyamakan jenis troopsnya. Sekarang, antrian sesuai dengan urutan kalian menekan troops. Bingung dengan kata-kata saya? Ya, sama haha. Coba saja langsung training troops dari barrack 😀
    • Animated clan war button
      Nah, ini jelas pemanis. Jika kalian masuk dalam war dan sedang terjadi attack entah itu musuh yang sedang menyerang atau teman kita yang sedang menyerang dan kita berada dalam posisi homebase, maka tombol clan war akan menjalankan animasi layaknya perang. Don’t forget to practice it.

Emm…sepertinya itu saja sudah cukup ya. Jika masih penasaran dengan improvements yang lain, baca aja deh di bagian News. Jangan lupa bawa kamus barangkali seperti saya yang bahasa Inggrisnya medok Jowo banget hehe.

Sekian dulu ya, selamat bersenang-senang dengan TH 11 yang baru bagi yang sudah merasakannya. Yang belum mencapai TH 11 dan masih kuat berjuang alias tidak seperti saya yang sudah lelah untuk naik TH, lanjut aja mainnya. Jangan lupa jaga kesehatan 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.