» » Tetap Calm dan Hematlah Gems Kalian

Tetap Calm dan Hematlah Gems Kalian

posted in: Ceritaku | 0

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan gems di Clash of Clans seperti membersihkan sampah, pohon, trunks, batu, menyelesaikan misi yang harus dipenuhi, dan juga kalian bisa beli gems langsung dengan merogoh uang dari saku kalian melalui inApp Purchase yang tersedia. Ya, iAP (in App Purchase) adalah fitur untuk membeli item digital. Kalian bisa membeli apapun selama kalian punya uang atau tukar pulsa karena sekarang semua operator telekomunikasi menyediakan akses pembelian item digital dengan menyedot pulsa kalian. Namun, seperti kata pepatah “Hemat pangkal kaya” dan itulah yang akan kalian lakukan. Tenang alias calm dan hematlah gems kalian selama bermain.

Hematlah Gems

beli gems cocJika alian perhatikan gambar di atas, kalian akan melihat harga yang tertera pada masing-mmasing jumlah gems yang pastinya semakin banyak gems yang kalian beli akan semakin mahal pula harganya (dalam IDR atau kurs rupiah – menyesuaikan masing-masing negara). Pembelian gems tidak akan kita bahas di sini. Sesuai dengan judul, kita hanya akan membahas penghematan gems ya 😀

Banyak sekali godaan pembelian item jika kalian bermain sebagai free user alias pengguna gratisan. Dalam Clash of Clans, godaan terbanyak adalah pada sistem boost untuk mempercepat produksi (entah itu troops, gold, elixir, spell, atau sebagainya). Nah, awalnya Clash of Clans hanya memberi kalian sedikit gems dan kalian harus berusaha untuk menghematnya. Kenapa harus berhemat? Toh itu juga free kan? Nah, itu dia alasannya. Clash of Clans memang menyediakan gems secara free, tetapi jangka waktu untuk mendapatkan gems itu yang sangat super duper lama dan langka. Jika kalian terburu-buru alias tidak sabar, maka kalian akan tergoda untuk membeli gems dan mengeluarkan uang kalian.

Gunakan gems dengan sebijak mungkin karena Clash of Clans juga sering mengadakan promo boost dengan satu gems untuk setiap objek yang bisa kalian boost misal ketika promo natal, halloween, atau sebagainya. Jika saat tidak sedang berlangsung promo, kalian akan butuh 10 – 30 gems untuk boost per objek. Lumayan kan jika kalian bersabar menunggu promo datang dan kalian hanya butuh satu gems untuk boost. Dengan demikian, kalian bisa hemat 9 gems lainnya.

boost barrack
30 gems untuk boost Barrack
boost elixir collector
10 gems untuk boost elixir collector

 

Okeh, sampai di sini dulu pembicaraan kita. Next time akan kita bahas kapan sebaiknya menggunakan dan membeli gems serta tata caranya pembeliannya. Lanjut main, gan 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.