Sticky Post WordPress dengan Mudah

posted in: Tutorial | 0

Dalam suatu blog dan website terkadang kita akan menjumpai artikel yang tidak akan berubah posisinya walaupun artikel baru senantiasa diupdate. Hal tersebut bisa saja karena artikel tersebut memiliki status sangat urgent (penting) dan agar dapat dibaca pertama kali oleh pengunjung. Artikel yang demikian bernama pinned post atau tak jarang juga disebut sticky post. Dalam artikel ini saya akan menyebutnya dengan istilah sticky post saja ya karena WordPress menyebutnya sticky (in English).

pinned atau sticky post wordpress
Membuat Sticky Post

Ada dua cara mudah untuk membuat sticky post yakni pada tampilan post editor ketika kalian mengetik artikel atau bisa juga dengan quick edit. Mana yang menurut kalian lebih mudah? Ya pastinya harus dicoba dulu lah. Masalah mudah mana kan selera masing-masing hehe. Okeh, lanjut ke materi.

Melalui Post Editor

Langkah ini akan lebih efisien jika kalian lakukan sebelum publikasi artikel dilakukan. Kenapa? Karena pilihan sticky post ada dalam satu panel dengan tombol Publish. Langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut.

  1. Login ke dashboard WordPress kalian dan pastinya dengan username dan password seperti biasa.
  2. Jika kalian sudah punya draft artikel, silahkan buka draft kalian. Atau lebih aman sebagai kelinci percobaan, kita buat saja artikel baru dengan tombol New Post.
    klik new post
  3. Lanjutkan dengan menulis artikel kalian seperti biasa: judul artikel, isi/konten artikel, kategori, tag, dan lain sebagainya.
  4. Sebelum klik Publish, perhatikan pada bagian Visibility. O, iya…di sini saya memakai WordPress dalam bahasa Inggris ya. Kalian bisa menyesuaikan padanan katanya jika menggunakan bahasa Indonesia atau yang lain 😀
    visibility di wordpress
  5. Klik tombol Edit pada bagian Visibility dan kalian akan menemukan teks yang bertuliskan Stick this post to the front page. Berikan centang pada bagian tersebut.
    centang tanda sticky
  6. Akhiri dengan OK dan lanjutkan dengan klik Publish.

Done, sekarang artikel kalian sudah menjadi sticky post. Kalian bisa mengeceknya di beranda web kalian.

Melalui Quick Edit Post

Langkah lain untuk membuat sticky post adalah melalui Quick Edit. Langkah ini dilakukan sebagai alternatif yang efisien dan hemat waktu jika kalian terlanjut lupa memberi centang pada pilihan sticky sebelum publikasi artikel seperti langkah di atas. Mari kita simak langkahnya sebagai berikut.

  1. Lihat list artikel kalian di menu Post > All Post.
    masuk ke all post
  2. Tampilan selanjutnya akan memberikan kalian list dari semua artikel yang telah kalian tulis termasuk artikel yang masih draft. Untuk membuat sticky post, sorotlah dekatkan kursor kalian ke arah judul artikel yang ingin kalian jadikan sticky post. Jika kalian melihat Quick Edit, klik tombol tersebut.
    klik Quick Edit
  3. Kalian akan melihat tampilan pengeditan cepat (yaelah namanya juga Quick Edit haha) di mana tidak akan ada isi artikel. Yang bisa kalian edit adalah judul, tag, kategori, dan lain-lain termasuk memberi centang pada bagian sticky. Di manakah bagian tersebut? Cek gambar, guys 😀
    centang sticky dari Quick Edit
  4. Akhiri dengan klik Update.

Nah, itu dia dua langkah untuk membuat artikel kalian menjadi sticky post dan tidak akan tenggelam oleh waktu walaupun banyak artikel baru bermunculan. Jika masih bingung, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar ya 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.