Solusi Matikan Iklan di Ponsel Xiaomi

posted in: Tutorial | 0

Males melihat ponsel Xiaomi-mu muncul iklan mulu? Nah, ini dia solusi mudah matikan iklan di ponsel Xiaomi.

Ketika sedang menjajal aplikasi bawaan di ponsel Xiaomi, pengguna biasanya menemukan beberapa iklan ads (iklan). Bahkan, notifikasi dan halaman pengaturan ponsel pun kerap diselipkan iklan. Hal ini dikarenakan Xiaomi menanamkan sistem untuk menampilkan iklan di sebagian antarmuka MIUI dan aplikasi bawaannya. Sistem tersebut bertajuk “MIUI System Ads” (MSA).

MSA tidak bisa dihapus (uninstall) oleh pengguna. Namun, ada cara untuk menonaktifkannya agar ponsel Xiaomi bebas iklan. Bagaimana caranya?

Solusi Mudah Matikan Iklan Xiaomi

Langkah 1: Matikan fitur sistem iklan (MSA)

– Pergi ke menu pengaturan ponsel atau yang biasa disebut “Settings”.

– Pilih menu “Additional settings”, lalu pilih “Authorization & revocation”.

– Kemudian, matikan fitur bertajuk “msa” dengan mengklik toggle di sebelah kanan. Tunggu beberapa saat hingga tombol “Revoke” bisa ditekan pada jendela yang muncul.

mematikan MSA di MIUI

Dengan menonaktifkan induk sistem ini, maka sistem iklan pada ponsel Xiaomi pun tidak akan berjalan. Namun, iklan masih bisa muncul karena terus dilacak oleh fitur rekomendasi iklan yang masih aktif.

Karena hal tersebut, pengguna harus mematikan fitur “Personalized Ad” pada ponsel Xiaomi. Caranya sendiri ada di langkah selanjutnya.

Langkah 2: Matikan fitur ads tracking

– Pergi ke menu “Settings” > “Additional settings” > “Privacy” > “Ad services”.

– Di halaman “Ad services”, matikan opsi “Personalized ad recommendations”.

mematikan ad services di MIUI

Sekarang, kedua fitur iklan sudah dimatikan. Meski begitu, pengguna ternyata masih bisa menemukan iklan pada aplikasi bawaan MIUI, seperti Mi Apps, Mi Browser, Mi Music, Mi Video, dan sebagainya.

Oleh karena itu, pengguna juga disarankan untuk mematikan fitur rekomendasi di serangkaian aplikasi besutan Xiaomi. Bagaimana caranya? Simak langkah berikut.

Langkah 3: Matikan fitur rekomendasi iklan di aplikasi bawaan Xiaomi

– Mi Browser

Buka aplikasi Mi Browser, lalu ke menu pengaturan dengan mengetuk ikon “tiga garis vertikal”. Kemudian pilih “Settings” > “Privacy & security”. Di sini, matikan fitur “Recommended for you”.

Pengguna disarankan pula mengatur halaman utama aplikasi Mi Browser yang penuh iklan. Untuk menggantinya pergi ke menu “Settings” > “Advanced” > “Set start page”. Di sini, ganti halaman utama menjadi www.google.com. Setelah itu, klik OK.

mengganti halaman utama Mi Browser

– MIUI Security

Buka aplikasi MIUI Security. Kemudian pergi ke menu “Settings” dengan mengetuk ikon pengaturan di sebelah kanan atas. Di halaman ini, matikan opsi “Receive recommendations”.

Baca juga: Lisensi Android Huawei Akan Dicabut Google

– Mi Cleaner

Buka aplikasi MIUI Security lalu beranjak ke menu pengaturan. “Settings” > “Cleaner”. Di halaman pengaturan “Cleaner”, matikan opsi “Receive recommendations”.

– MIUI Downloads

Buka aplikasi MIUI Downloads lalu ke menu pengaturan dengan mengunjungi halaman “Settings”. Kemudian matikan opsi “Show recommended content”. Pilih “Ok” pada jendela yang muncul.

– Mi Music

Buka aplikasi Mi Music. Lalu, ke menu “Settings” > “Advanced Settings” yang bisa diakses dari mengklik ikon “tiga garis vertikal” di sebelah kiri atas. Di sini, matikan opsi “Receive recommendations”.

mematikan fitur rekomendasi Mi Music

– Mi Video

Buka aplikasi Mi Video, kemudian ke tab “Account” pada bagian kanan bawah aplikasi Mi Video. Di sini, pilih menu “Settings”. Setelah itu, nonaktifkan opsi “Online recommendations” dan “Push notifications”.

mematikan fitur rekomendasi Mi Video

– MIUI Folders

Tak hanya di aplikasi bawaan, iklan juga bisa disisipi di folder-folder aplikasi Xiaomi. Untuk menghilangkannya, buka salah satu folder lalu ketuk nama folder tersebut. Kemudian, nonaktifkan sub-menu “Promoted apps” yang terletak di bawah kolom nama folder.

mematikan fitur promoted app MIUI

Demikianlah cara efektif untuk membasmi iklan di ponsel Xiaomi dengan antarmuka MIUI. Cara-cara ini sendiri telah terbukti berhasil dan telah diuji coba di ponsel Redmi 6 Pro dengan MIUI versi 10.

Kalian juga bisa melakukannya di perangkat Xiaomi lain yang memiliki antarmuka MIUI versi 9. Selamat mencoba!

Sumber: tekno.kompas.com

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.