» » Softkey Opening Aplikasi Mobile Learning

Softkey Opening Aplikasi Mobile Learning

posted in: Tutorial | 0

Setelah kalian mempelajari pembuatan frame label, kali ini kita akan melanjutkan pembuatan softkey opening yang akan digunakan untuk membuat aplikasi mobile learning dengan Flash Lite.

Jika kalian belum mempelajari seri awal, ada baiknya kalian memulai dari link berikut karena tutorial ini terbit secara berseri. Doakeun semoga penulis bisa istiqomah ya nulisnya. Amiin.

Seri 1 – Pengenalan Flash untuk Aplikasi Mobile

Seri 2 – Membuat Animasi Frame by Frame Flash

Seri 3 – Membuat Animasi Shape Sederhana dalam Flash

Seri 4 – Mengenal Symbol dalam Flash

Seri 5 – Membuat Frame Label

Seri 6 – Membuat Opening

Jika semua seri di atas sudah kalian pelajari, kita berlanjut untuk membuat softkey yang nantinya akan dapat digunakan untuk membuat fungsi tombol handphone akan berfungsi. Cus yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buat layer baru di atas layer isi > ganti nama menjadi Softkey.
    layer softkey
    Pemberian ActionScript pada softkey juga akan berbeda tiap keyframe karena perbedaan penggunaan tombol yang nantinya akan digunakan. hal tersebut akan kita atur setelah semua isi pada masing-masing label frame lengkap.
  2. Buatlah objek (bisa berupa teks/objek lain) di luar Stage yang akan kita jadikan Softkey > Convert to Symbol > pilih type Button.
    membuat symbol softkey
  3. Berikan actionscript pada softkey dengan klik kanan tombol softkey > Action.
  4. Pada panel Action, pastikan bertuliskan Actions – Button dengan gambar tombol softkey di bawah area pengetikan actionscript.
    tanda action pada softkey
  5. Klik Script Assist yang ada di sebelah kanan panel Action. Script Assist akan memudahkan kita untuk membuat actionscript tanpa mengetikkan satu per satu actionscriptnya. Klik dua kali goto dari panel Action sebelah kanan sehingga pada area pengetikan actionscript sehingga otomatis akan muncul beberapa actionscript.
    • ganti on (release) menjadi on (keyPress “<Enter>”)
      Script ini adalah berfungsi untuk mengaktifkan tombol Enter untuk menuju ke menu utama.
      as enter softkey awal
    • ganti gotoAndPlay(1); menjadi gotoAndStop(“menu”);
      Script ini menunjukkan bahwa setelah tombol Enter ditekan maka perintah menuju ke frame label โ€œmenuโ€ akan dijalankan.
      as enter softkey final
  6. Tambahkan pula action stop(); di layer ActionScript dengan klik kanan frame ke-1 layer ActionScript > Actions. Klik dua kali stop pada panel Action sebelah kanan. Pastikan juga panel Action bertuliskan Actions – Frame karena script akan kita letakkan di frame.
    fscommand

Itu dia langkah untuk membuat softkey pada bagian opening aplikasi mobile learning yang kita buat. Jika ada dalam hati kalian yang bilang, “loh kok tiba-tiba nyampe sini?”, itu artinya kalian harus mempelajari seri-seri tutorial sebelumnya di atas ya. Selamat belajar ๐Ÿ™‚

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.