Smart Apps Creator (SAC) : Start Page, Page, Section

posted in: Tutorial | 0

Setelah kalian berkenalan dengan Smart Apps Creator (SAC), kali ini kita akan belajar tentang Start Page, Page, dan Section. Apa perbedaannya? Cus mari kita bahas.

Start Page dalam Smart Apps Creator

Yang perlu kalian ingat jika membuat project dengan Smart Apps Creator adalah quote berikut.

Dalam satu project SAC hanya akan ada satu Start Page. Dan tidak ada Page yang bernama End Page.

start page hanya satu

Itu intinya ya. Jadi walaupun ada Start Page, tetapi tidak ada Page yang bernama End Page. Loh, terus gimana ngakhirinya?

Layaknya aplikasi Google yang setahu saya beum pernah memasang tombol exit, untuk mengakhiri aplikasi yang dibuat dengan SAC cukup dengan menekan tombol Home di perangkat Android kalian jika ingin aplikasinya berhenti.

Dalam istilah pengembang aplikasi, biasanya Start Page ini juga dikenal dengan Splash Sceen. Nah, durasi Start Page ataupun Splash Screen biasanya gak lama kan? Mungkin sekitar 1-2 detik.

Start Page ini bisa kalian ubah durasi lama muncul di bagian menu Page > perhatikan Start Page Time yang tertulis dalam satuan second (s).

Untuk melihat hasil sementara jalannya aplikasi, kalian bisa menekan Preview di sebelah kanan. Jika tampilan Preview sudah muncul, untuk menutup hasil Preview cukup dengan klik tombol Home di tengah perangkat seperti berikut.

tombol home untuk menutup preview

Start Page tidak bisa dihapus dan akan selalu ada dalam project SAC.

Page dalam Smart Apps Creator

Dalam interface yang sudah kalian pelajari sebelumnya, tampilan SAC terasa sangat mirip dengan Powerpoint. Nah, di bagian sebelah kiri kalian akan melihat semaca outline yang di Powerpoint bernama Slide. Dalam SAC, tampilan slide ini disebut Page.

Page dalam tampilan Smart Apps Creator

Dengan demikian dapat kita definisikan bahwa Page dalam SAC adalah lembar kerja yang dpaat digunakan untuk meletakkan semua aset objek yang akan kalian gunakan.

Oiya, satu catatan penting lagi: dalam SAC bisa dibilang hampir tidak bisa dan tidak ada fitur edit gambar atau sejenisnya. Jadi, jika kalian ingin memasukkan gambar dan butuh diedit (misal menghapus background atau yang lain), editlah dulu dengan Photoshop atau sejenisnya ya.

SAC hanya menerima aset objek jadi yang siap untuk langsung ditata dalam area kerja (Page).

Nah, Page di sini ukurannya juga menyesuaikan dengan width dan height yang kalian masukkan pada saat memilih layout awal dengan jenis perangkat yang kalian pilih. Semua ukuran width dan height dalam Page akan sama dan tidak bisa berbeda antara satu Page dengan Page lainnya.

Untuk isi objek dalam Page tentunya bisa berbeda sesuai objek yang kalian inginkan termasuk jenis interaksi, animasi, dan sebagainya yang berkaitan dengan objek masing-masing.

Page dapat ditambahkan, dihapus, di-copy dan paste sesuai dengan keinginan.

Section dalam Smart Apps Creator

Section di sini adalah pembatas dari masing-masing bagian pengelompokkan Page. Analogi lengkap antara Page dan Section dapat kita buat seperti berikut.

  1. Kalian akan membuat aplikasi dengan judul Hewan
  2. Aplikasi tersebut terdiri atas tiga menu utama yakni Darat, Air, dan Udara
  3. Di dalam isi dari menu Darat akan berisi hewan yang hidup di daratan dan akan kalian munculkan 10 hewan. Begitu juga untuk menu Air dan menu Udara. Jadi total hewan yang muncul adalah 30 hewan.
  4. Menu Darat jika diklik akan menuju ke 10 hewan darat. Begitu juga menu Air dan Udara yang akan menuju ke halaman masing-masing.
  5. Jika masuk ke isi hewan darat akan masuk ke halaman hewan 1 yang kemudian bisa dilanjutkan ke hewan 2 hingga 10 hewan. Begitu juga untuk hewan Air dan Udara.

Nah, dalam hal ini dapat kita simpulkan:

  • Page adalah jumlah seluruh halaman yang sama jumlahnya dengan jumlah hewan yang muncul + satu halaman Start Page yang wajib selalu ada.
  • Section adalah batas dari masing-masing jenis hewan. Jadi, jika masuk ke halaman Darat tidak akan muncul hewan Air dan Udara. begitu juga sebaliknya.

Jika aplikasi dijalankan (Preview), halaman yang sudah dipisahkan dengan Section setelah habis tidak akan bisa bergeser/berpindah ke halaman lain.

Nama awal pembuatan Section biasanya akan bernama Default Section seperti berikut.

Nama tersebut juga bisa kalian ganti sesuai dengan keinginan agar mudah diingat. Caranya klik kanan bagian Default Section > pilh Rename Section.

Pastikan yang kalian klik kanan di bagian Default Section itu ya, bukan di Page. Kalau di Page nanti Rename Section gak akan muncul. Kemudian pada kotak dialog yag muncul, masukkan nama baru untuk Section kalian.

Akhiri dengan Submit. And….it’s done.

Sampai sini kalian sudah mengenal tentang Start Page, Page, dan Section dalam Smart Apps Creator (SAC). Jika ada yang ingin ditanyakan, janglan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar ya.

Masih banyak kok yang akan kita pelajari hehe. Selamat belajar 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.