Smart Apps Creator (SAC) : Mari Berkenalan

posted in: Tutorial | 0

Pengen bikin aplikasi Android tapi gak bisa pemrograman? Apa bisa? O…jelas bisa dong. Hari gini apa sih yang gak bisa? Hahaha…nih kita berkenalan dengan Smart Apps Creator (SAC) yang dapat membantu kalian untuk membuat aplikasi Android tanpa pemrograman.

Berkenalan dengan Smart Apps Creator

Bagi kalian yang ingin mengembangkan atau membuat aplikasi Android sendiri biasanya akan kepentok dengan istilah “pemrograman”. Programming seringkali menjadi momok bagi siapapun yang belum memiliki basic bidang IT.

Nah, di zaman milenial yang serba dimudahkan, tentunya tidak perlu repot dan bingung lagi kudu bisa pemrograman untuk bisa membuat aplikasi Android.

Apapun latar belakangnya, yang penting niat untuk berkembangnya

Sekarang kalian akan daku kenalkan dengan Smart Apps Creator yang bisa membantu untuk pembuatan aplikasi android tanpa pemrograman. Kelebihan Smart Apps Creator selain tidak menggunakan pemrograman, kalian juga dapat melakukan exporting project ke HTML5 dan Windows Apps (.exe). Cus lah ya langsung aja kita masuk ke inti aplikasinya.

Oiya, di sini nama Smart Apps Creator akan sering saya tulis SAC saja ya sebagai singkatannya.

Download dan Instal Smart Apps Creator

Untuk memulai menggunakan Smart Apps Creator (SAC), kalian bisa mengunduh versi trial yang dibagikan secara gratis di web resmi Smart Apps Creator. Namun, jika web resmi tidak bisa kalian buka, alternatif link download yang recommended adalah dari Filehippo.

Jika mendapatkan file dalam bentuk kompresan (entah .rar atau .zip), silahkan extract terlebih dahulu. Untuk langkah instalasinya sama seperti instal software lain alias Next…Next…dan akhiri dengan Finish 😀

Pilihan Layout

Jika sudah terinstal, silahkan buka SAC kalian. Nah, pada tampilan awal biasanya akan muncul pilihan jenis device yang akan kalian kembangkan seperti berikut.

pilihan device SAC

Nah, selain dapat mengembangkan untuk aplikasi Android, kalian juga dapat mengembangkan untuk aplikasi iOS loh. Pastinya TANPA KODING/PEMROGRAMAN.

Namun, jika mengembangkan aplikasi iOS tentunya kalian harus punya berbagai perangkat untuk uji coba dan sebagainya. Karena saya pasukan yang suka gratisan, saya ajak kalian untuk mengembangkan Android saja ya 😀

Langsung cus ke pilihan Android Phone di bagian bawah dan pilih tipe layout yang kalian kehendaki. Dalam hal ini saya memilih Horizontal saja untuk tampilan landscape. Jika kalian menghendaki portrait berarti pilih Vertical. Atau jika menghendaki bisa kedua layout, pilih Mixed. Akhiri dengan Submit.

memilih layout SAC

Untuk Width dan Height sebenarnya bisa kalian atur sendiri angkanya. Namun, karena ukuran perangkat Android yang banyak jenisnya, kalian boleh untuk tidak mengubah dan langsung memakai ukuran ini saja.

Interface

Tampilan antarmuka (interface) secara keseluruhan di SAC bisa dibilang sangat mirip dengan Powerpoint. Dengan demikian bisa saya bilang kalian akan cepat beradaptasi jika sudah serig menggunakan Powerpoint.

Tentunya ada beberapa fungsi yang juga akan berbeda antara SAC dan Powerpoint ya. Nah berikut tampilan interface dari SAC.

tampilan SAC

Untuk sementara kita cukupkan dulu ya sesi berkenalan dengan SAC. Di sesi selanjutnya, kalian akan mengenal tentang Start Page, Page, dan Section. Selamat mencoba 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.