[Skripsi Terdokumentasi] Buku Jantung Skripsiku

posted in: Ceritaku | 0

Huft…dengan sedikit rasa lelah karena barusan gendong 20 kg gabah, but it’s nothing, kalau lagi penuh mood tetep aja pengen cerita. Yup…I live in a small village called Weding Timur. In here, you can find rice field, everywhere around of you stay. Mudeng? Sama kalau gak mudeng toss metal 😀

Berkaitan dengan gendong-menggendong gabah tadi, saya menjelaskan sedikit tentang tempat tinggal. Saya tinggal di desa Weding Timur dan sebagian besar tanah desaku masih sawah. So, mayoritas penduduk adalah petani termasuk orang tua saya and I would say, “I’m proud to be son of farmers”.

Okey, kembali ke topik. Eh, kalau mau mampir bawa oleh-oleh yang banyak :p

Dalam artikel ini saya akan cerita tentang buku-buku yang menjadi jantung referensi dari skripsi yang sedang saya kerjakan. So, judul artikelnya “Buku Jantung Skripsiku” sudah tepat kan?? Hehe. Sebelum saya cerita, apa yang ada di bayangan kalian atau istilah gaulnya kalau update status: “What’s on your mind?” jika kalian pernah merasakan menjadi seorang programmer yang geek dan tiba-tiba berubah jadi nerd dan kutu buku di semester akhir? Yup, that’s right. So hard… kalian harus berjuang sekuat tenaga kayak lagunya bang Rhoma yang berjudul Perjuangan dan Doa (musiiii….kk). Walaupun berat, demi keberkahan skripsi dan pastinya menjauhkan diri dari segala plagiatisme yang sudah merembet dari semester awal, membaca buku pun menjadi hal yang wajib dan tak terelakkan. Bahkan, saya pernah berpikir bahwa semester akhir ini sukses besar untuk menjadi seorang nerd dan ingin mengadakan nerdfest karena geekfest sudah menjadi mainstream 😀

Saya akan mencoba mengurai beberapa buku (tidak semua) yang menjadi referensi/acuan dalam skripsi saya dan pastinya tidak detail ya. Ingat, ini cuma cerita seorang mahasiswa kupu-kupu yang suka main game. Tentunya akan lebih jelas dan baik kalau kalian membaca sendiri buku-buku yang akan saya ceritakan. Mari kita kupas satu per satu sebagai berikut.

  1. The Digital Reader: Using E-books in K-12 Education
    Buku ini dikarang oleh Terence W.Cavanaugh yang diterbitkan di Washington dan sudah pasti orang Barat. Beruntung sekali saya menemukan buku ini. For yyour info (disingkat gaul menjadi FYI) , skripsiku membahas tentang E-books dan ingin menghasilkan inovasi Buku Pintar Elektronik (BPE), ternyata cukup susah mencari referensi tentang buku elektronik atau ebook yang berbahasa Indonesia. Buku yang baru saya temukan dan membahas tentang sejarah ebook adalah buku karya Prof. Tilaar. Saya pun berpikir untuk mencari literatur berbahasa Inggris. Yah…walaupun my english is so belepotan, PeDe aja keles 🙂

    The Digital Reader: Using E-books in K-12 Education
    The Digital Reader: Using E-books in K-12 Education

    Dari buku ini saya mengambil tentang bahasan kelebihan ebook. Ebook memiliki beberapa kelebihan dalam hal fitur, aksesibilitas, ketersediaan, dan dapat menunjang strategi pembelajaran. Dalam buku ini juga dibahas tentang beberapa format ebook, tetapi menurut hemat saya format yang dibahas ini masih format lama. Maklum, buku diterbitkan tahun 2006 dan saat ini tahun berapa? Hehe…Dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat khususnya dalam bidang software, format ebook yang ada sudah banyak sekali yang beredar. So, mari kita lanjut ke buku yang kedua.

  2. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran
    Karya tulis Ratna Wilis Dahar ini menjadi acuan saya dalam hal teori pembelajaran yang berkaitan dengan kurikulum 2013. Dalam buku ini, Dahar menjelaskan tentang teori belajar Bruner dan teori belajar Piaget.

    Buku Teori-teori belajar dan pembelajaran
    Buku Teori-teori belajar dan pembelajaran
  3. Theories of Learning
    Melengkapi buku pada poin nomor 2, buku ini juga mengulas berbagai macam teori pembelajaran di dalamnya. Ada sedikit perbedaan antara buku ini dan buku nomor dua yakni pada buku ini dibahas juga tentang Sibernetika dan pembelajaran dengan komputer.

    Buku Theories of Learning
    Buku Theories of Learning
  4. Teknologi Pengajaran
    Buku karya Nana Sudjana ini memang cukup lengkap dalam mengulas definisi dan kawasan teknologi pengajaran.

    Buku Teknologi Pengajaran
    Buku Teknologi Pengajaran
  5. Bahan Ajar Pengembangan Kurikulum
    Buku ini merupakan karya dosen saya yakni Pak Siskandar. Jujur, saya kagum pada beliau tatkala menjelaskan tentang kurikulum termasuk metode beliau dalam mengajar. Dalam buku ini, kalian akan menemukan ulasan lengkap tentang pengembangan kurikulum.

    Buku Bahan Ajar Pengembangan Kurikulum
    Buku Bahan Ajar Pengembangan Kurikulum
  6. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum
    Buku karya H. Oemar Hamalik ini juga mengulas tentang pengembangan kurikulum. Saya memakai buku ini untuk saling melengkapi dengan buku Pak Siskandar.

    Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum
    Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum
  7. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek
    Melengkapi kedua buku di atas, buku ini juga mengulas tentang pengembangan kurikulum yang cukup mendalam.

    Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik
    Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik
  8. Wawasan Teknologi Pendidikan dan Mozaik Teknologi Pendidikan
    Dalam skripsi yang sedang saya kerjakan, ada dua buku karya Dewi Salma Prawiradilaga yang saya pakai sebagai acuan, yaitu buku Wawasan TP dan Mozaik TP. Kedua buku ini memiliki cakupan yang menurut saya bagus dalam membahas tentang konsep, definisi, dan kawasan teknologi pendidikan. Yang saya suka dari buku Mozaik TP adalah ada juga komik menarik yang menjelaskan tentang definisi teknologi pendidikan dan yang pasti karya anak TP juga loh 😀

    Buku "Mozaik TP"
    Buku “Mozaik TP”
    Buku Wawasan TP
    Buku Wawasan TP
  9. Educational Technology: A Documentation with Commentary
    Yup…buku ini adalah buku induk tentang konsep, definisi, dan kawasan dari teknologi pendidikan. Kumpulan definisi teknologi pendidikan dari AECT dan sejarahnya terulas lengkap di sini. Jika kalian ingin mendalami TP lebih dalam menurut AECT dan juga ingin mencoba mengasah kemampuan bahasa Inggris kalian, buku ini menyuguhkan konten yang pas. Buku ini cukup tebal dengan konten berbahasa Inggris.

    Educational Technology A Definition with Commentary
    Educational Technology A Definition with Commentary
  10. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D
    Siapa yang tak kenal Prof. Dr. Sugiyono dengan bukunya yang satu ini. Buku ini seolah-olah tenar sekali di telinga semenjak saya menjalani skripsi apalagi saya memakai R&D. Terngiang sudah tiap hari dengan buku ini dan ulasannya.

    Buku "Metode Penelitian Pendidikan"
    Buku “Metode Penelitian Pendidikan”
  11. Multimedia Learning
    Buku karya Richard E.Meyer ini disunting oleh ahli dari Indonesia sehingga terbit buku dalam bahasa Indonesia. Teringat dalam hidung saya, buku ini sangat istimewa karena memiliki aroma yang khas ketika dibuka (mungkin saking lamanya di perpus hehe). Saya mengambil sedikit ulasan tentang multimedia pembelajaran karena skripsi saya juga berkaitan dengan pengembangan produk tersebut.

    Buku "Multimedia Learning"
    Buku “Multimedia Learning”
  12. Pengantar Teknologi Pendidikan: Perspektif Paradigmatik dan Multidimensional
    Terakhir adalah buku super duper ini. Ini juga buku dari salah satu dosen yang saya kagumi karena beliau sangat detail dalam penguasaan ke-TP-an termasuk dalam mengolah dan menggunakan media sebagai presentasi. Pernah saya melihat beliau memaparkan slide dengan hanya rangkaian shape dalam Powerpoint but it’s so awesome for me. Pemilihan warna, kesimpelan tampilan, dan kekayaan konten dalam satu slide sangat indah di pandangan saya selaku mahasiswa yang sangat suka mengembangkan berbagai media. Alhamdulillah sekarang beliau sudah nikah. Who is he? Yes, Edi Subkhan 😀

    Pengantar Teknologi Pendidikan: Perspektif Paradigmatik dan Multidimensional
    Pengantar Teknologi Pendidikan: Perspektif Paradigmatik dan Multidimensional

    Selain buku di atas, masih ada beberapa buku yang tidak saya masukkan seperti buku Prof. Tilaar tadi yang berjudul 10 Windu Kaleidoskop Pendidikan Nasional, Undang-undang, dan peraturan-peraturan. Tak apalah, nanti kepanjangan kalau saya ulas semua karena temen-temen ketika melihat list daftar pustaka saya kebanyakan bilang, “banyak banget buku yang kamu pake”. Kadang di situ saya merasa sedih heuheu. Nah, kan…kalau temen-temen aja bilang kaya gitu berarti semester ini saya sukses menjadi nerd. Okefine, terusin aja cinta sama buku dan jadilah kutu buku yang kritis dan tetep nge-game, kawan 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.