Simple AttachMovie Action Script 3 Flash

posted in: Tutorial | 0

AttachMovie dalam Flash digunakan untuk memanggil movieclip yang tidak nampak di stage, tetapi ada di Library. Dengan fungsi ini, stage tidak akan terlalu penuh atau bejubel karena saking banyaknya objek. Hal ini juga akan lebih menghemat penggunaan layer dan frame karena pemanggilan movieclip dapat dilakukan dengan action script (AS). Dalam demo artikel ini, kita akan mencoba membuat simple attachMovie alias attachMovie sederhana agar lebih mudah dipahami.

simple attachmovie as3 dengan flash

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas loadMovie. Lalu apa perbedaannya dengan attachMovie? Penggunaan loadMovie dilakukan jika kalian ingin memuat file swf dari dokumen file yang berbeda, sedangkan attachMovie yang diload bukan swf melainkan hanya moveclip dan masih dalam satu dokumen yang sama (bukan beda swf).

Simple Attachmovie

Masih seperti contoh-contoh demo artikel saya sebelumnya, saya lebih suka memakai objek yang sederhana seperti rectangle dan oval nantinya hehe. Okeh, langsung masuk ke inti materi.

  1. Pastikan kalian sudah menginstal Flash di PC kalian. Kenapa saya selalu menulis ini? Kali aja ada yang nanya kita pakai aplikasi apa haha.
  2. Buat dokumen baru dan pastikan kalian memilih ActionScript 3 karena kita akan menggunakan AS3 untuk kali ini.
    buat dokumen as3
  3. Buatlah dua objek yang berbeda. Seperti biasa saya akan memakai kotak yang dibuat dengan Rectangle Tool dan lingkaran yang dibuat dengan Oval Tool. Lingkaran akan kita posisikan sebagai tombol (button) dan kota akan menjadi movieclip.
    kotak dan lingkaran dalam stagePenggunaan button dilakukan untuk memanggil movieclip dengan attachMovie. Walaupun pada dasarnya bisa langsung tanpa button, tetapi dengan penggunaan tombol akan lebih memudahkan konsep tentang script tersebut.
  4. Klik kanan objek lingkaran > Convert to Symbol. Pilih sebagai Button dan akhiri dengan OK.
    pilih convert to symbol
  5. Lanjutkan dengan klik kanan objek kotak > Convert to Symbol. Pilih Movie Clip dengan catatan berikan centang pada pilihan Export for ActionScript. Berikan penamaan pada Class yang mudah diingat. Akhiri dengan OK.
    movieclip dengan export for as
  6. Jika kalian menemukan warning seperti gambar berikut, abaikan saja dan langsung klik OK.
    as class warning
  7. Setelah kedua objek menjadi symbol, hapuslah objek movieclip alias kotak yang kalian buat. Loh kok dihapus? Tak apalah. Objek tersebut bisa kalian munculkan kembali dari Library. Semua yang ada di Library berarti tidak akan terhapus dari data dokumen Flash kalian. Selain itu, penghapusan ini bertujuan akan ketika tombol lingkaran kita klik, tombol tersebutlah yang berfungsi untuk melakukan attachMovie kotak agar muncul kembali.
  8. Sekarang pilihlah objek lingkaran. Lihat ke panel Properties dan berikan instance name. Semisal saja di sini saya berikan nama tombol. Penamaan bebas sesuai keinginan kalian.
    berikan nama pada instance nameInstance name sangat dibutuhkan dan bisa dibilang wajib jika kalian menggunakan AS3 apalagi untuk button. Dalam AS3, semua symbol dan objek tidak akan bisa langsung diberikan action script layaknya pada AS2 dan semua action script akan diletakkan di keyframe. Untuk itulah pentingnya sebuah instance name yakni sebagai penamaan untuk memanggil objek yang diberikan action script.
  9. Klik kanan keyframe pada layer 1 > pilih Actions. Pemberian script pada AS3 akan kita lakukan di keyframe.
    klik kanan keyframe dan pilih actions
  10. Jika panel Actions telah terbuka, ketik script berikut.
    tombol.addEventListener(MouseEvent.CLICK,klik);
    
    function klik(event:MouseEvent):void
    {
    	var rectangle:MovieClip = new kotak();
    	addChild(rectangle);
    }

    Yang perlu kalian perhatikan dalam script di atas antara lain:

    • teks tombol merupakan instance name dari lingkaran yang telah kita jadikan button tadi.
    • klik merupakan function baru untuk menambahkan fungsi agar button bisa diklik yang disusul penjelasan function di bawahnya.
    • var rectangle adalah variabel untuk menambahkan atau memunculkan objek kotak yang tadi sudah kita export for action script dengan nama kotak
  11. Sekarang coba jalankan animasi kalian dengan Ctrl + Enter

Apa yang terjadi? Munculkah objek kotak di stage kalian? Jika muncul berarti kalian berhasil menggunakan attachMovie. Untuk saat ini posisi kotak pasti akan tak teratur entah di pojok atau di manapun. Kalian bisa mengatur posisinya dengan menambahkan action script koordinat x dan y sehingga script menjadi seperti berikut.

tombol.addEventListener(MouseEvent.CLICK,klik);

function klik(event:MouseEvent):void
{
	var rectangle:MovieClip = new kotak();
	addChild(rectangle);
	rectangle.x = 250;
	rectangle.x = 150;
}

Jika masih ada yang belum jalan, langsung aja komentar di sini ya 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.