S.ID untuk Mempersingkat Link dari Indonesia

posted in: Tutorial | 0

Jika kalian sudah pernah membuat dan mempersingkat link dengan gg.gg, kali ini kita akan membuat dan mempersingkat link dengan s.id.

Pasti dari kalian ada yang bertanya apa beda antara gg.gg dan s.id? Berikut penjelasannya sekalian kita me-review gg.gg dan s.id.

Persamaan

Sebelum membahas perbedaan, ada baiknya kita bahas dulu persamaan keduanya ya agar perbedaan ini nantinya tidak menjadikan pudar persamaan yang terjalin antara kita antara keduanya.

  1. Keduanya memiliki fungsi yang sama yakni untuk mempersingkat atau memperpendek URL/link yang kalian miliki.
  2. Keduanya memiliki dashboard untuk menyimpan URL/link yang telah disingkat. Tentunya dashboard ini akan muncul setelah kalian registrasi akun.
  3. Keduanya sama-sama memiliki fitur edit URL/link yang telah disingkat dalam dashboard.

Nah, mungkin untuk sementara persamaan yang saya dapat baru seperti di atas. Jika kalian memiliki persamaan yang lain, mohon bisa menulisnya di kolom komentar ya agar nanti artikel ini bisa di-update untuk pemahaman pembaca lainnya *nuhun.

Perbedaan

Tentu saja ada perbedaan dari gg.gg dan s.id. Berikut penjelasannya.

  1. Jika melihat dari struktur domain, gg.gg merupakan sistem untuk memperpendek link yang berasal Guernsey (Britania Raya). Untuk s.id sendiri merupakan sistem mempersingkat link pertama dari negeri kita tercinta yakni Indonesia. Anak bangsa kita hebat-hebat loh *prokproksalute.
  2. Jika kalian sudah memiliki akun, dashboard penyimpanan link s.id akan memiliki tampilan user interface yang lebih nyaman dipandang dengan grafis statistik pengunjung.
    Tampilan dashboard s.id
    Tampilan dashboard s.id

    Untuk tampilan dashboard gg.gg, yang saya lihat hanya seperti berikut.

    Tampilan dashboard gg gg
    Tampilan dashboard gg gg

    Untuk penilaian sekiranya mana yang lebih manis untuk dipandang saya serahkan ke kalian yes 😀

Nah, perbedaannya juga saya baru nemu dua. Jadinya biar seimbang dengan persamaannya ya. Dan lagi-lagi jika ada yang lain, kalian bisa menambahkan di kolom komentar.

Cus langsung aja ke langkah-langkah untuk membuat dan mempersingkat link dengan S.ID

  1. Buka https://s.id/ Jika kalian ingin memiliki akun, register saja ya. Bisa kok langsung login dengan akun Google.
  2. Dalam tampilan halaman Beranda, kalian tinggal masukkan saja link yang ingin kalian singkat seperti berikut.
    Tempat untuk mempersingkat link dengan s.id
    Tempat untuk mempersingkat link dengan s.id

    Sistem s.id akan otomatis memberikan link singkatnya secara random seperti di atas. Untuk mengedit agar singkatan link dapat menjadi sesuai keinginan, kalian harus registrasi terlebih dahulu.
    Enaknya sih ya bisa diedit sesuai keinginan agar link yang disingkat mudah diingat. Udah, register aja. Yakin kok kalian kuat 😀

  3. Jika kalian sudah register, sebelum mempersingkat link, lakukan login terlebih dahulu. Kotak mempersingkat link setelah login nantinya ada di bagian dashboard akun kalian.
    Mempersingkat link dan menamai link dalam akun dashboard s.id
    Mempersingkat link dan menamai link dalam akun dashboard s.id
  4. Nah, dari tampilan di atas, kalian bisa melihat nama link s.id/halalbihalaldemagz yang mudah diingat karena sesuai dengan keinginan pribadi setelah memiliki akun.

Sampai di sini artikel ini sudah selesai ya. Jika ada yang kesulitan, jangan lupa bertanya di kolom komentar. Selamat berusaha 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.