» » Review Nikon D3400: DSLR Harga Terjangkau

Review Nikon D3400: DSLR Harga Terjangkau

posted in: News | 0

Review Nikon D3400

Kali ini kita akan me-review kamera DSLR Nikon D3400. Fokus DSLR entry level Nikon kali ini terletak pada hal-hal penting: ringan, tubuh kecil, desain sederhana dan hasil yang sangat bagus, di samping mudah untuk pertukaran lensa. Ini adalah update ke D3300 yang sangat baik dengan bobot yang lebih ringan, baterai yang lebih baik dan lensa kit yang didesain ulang.

Desain

Ini adalah salah satu DSLR paling ringan yang bisa Anda beli: sekitar 40 g kurang dari Canon EOS 1300D dengan lensa 18-55mm. Siap untuk pergi dengan lensa kit di atasnya hadir dengan 650g yang sangat rendah, yang akan Anda hargai selama sesi pemotretan yang panjang.

Bobot ringan dan ukuran kecil tidak mengorbankan kepraktisan. Grip bagus dan Anda tidak perlu takut tanpa sengaja bergerak atau memukul kontrol apapun. Ada satu trade-off di sini, dan itu adalah keseimbangan. Stick bahkan lensa sedikit lebih besar pada D3400.

Fitur dan kegunaan

Pegangan menggunakan karet lembut, ukuran tombol yang sudah disesuaikan dengan kenyamanan jari tangan dan mode pilihan mudah digunakan. Nikon sebelumnya tidak demikian meskipun harganya jauh lebih mahal.

Autofocus 11-point sangat tenang dan sama dengan model sebelumnya dalam hal performa: sedikit lebih lambat dalam kondisi pencahayaan yang buruk, walaupun ada lampu AF Assist untuk membantu dalam keadaan seperti itu.

Pilihan Nikon’s Picture Control memberi Anda rentang yang bagus untuk pengaturan pemotretan, termasuk opsi Flat yang memulai debutnya di D810. Modus standar bagus untuk pemotretan sehari-hari: tidak terlalu jenuh warna.

Jelas menyenangkan untuk motif bunga, dan Anda bisa main-main dengan pengaturan individual seperti kontras, kecerahan dan kejenuhan.

Kinerja

Sensor ini menawarkan tingkat ISO dari ISO100 ke ISO25,600, dan karena tidak ada filter low-pass, gambar ini bisa sangat detail, terutama dengan lensa makro.

kinerja nikon D3400

eperti lensa serupa Anda akan mencatat penyimpangan berwarna dan beberapa distorsi pada file RAW, dan tetap memerlukan pengeditan dengan software pengolah gambar jika ingin lebih maksimal.

Seperti banyak kamera serupa, metering cenderung mengarah ke underexposure namun bekerja dengan sangat baik, dan Auto White Balance juga sangat efektif.

Ini bukan kamera action besar – kamera ini hanya menangkap hingga 5fps dan tidak ada video 4K – tapi untuk hal lain sudah sangat hebat.

Salah satu fitur favorit adalah masa pakai baterai, yang bagus untuk 1299 shoot: memiliki tiga batangan baterai dapat berahan dua hari dalam pengujian .

Kesimpulan

D3400 sedikit mahal saat diluncurkan, tapi sekarang harganya turun, ini adalah titik awal yang bagus bagi siapa pun yang baru mengenal DSLR. Mudah digunakan, memiliki kualitas gambar yang bagus dan tentu saja kompatibel dengan sejumlah besar lensa berkualitas tinggi. Masa pakai baterai yang panjang membuatnya sangat baik untuk pekerjaan di luar ruangan, perjalanan dan festival.

Sumber:

https://www.t3.com/reviews/nikon-d3400-review

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.