Plugin Alternatif Pengganti Jetpack

posted in: Tutorial | 2

Jika kalian telah mempertimbangkan penggunaan Jetpack yang memperberat kinerja server, langkah yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah mencari plugin alternatif yang sekiranya sepadan untuk menggantikan beberapa fungsi yang ada dalam Jetpack. Yang perlu kalian ingat adalah (untuk sementara saat ini) hanya ada beberapa plugin alternatif pengganti Jetpack. Secara keseluruhan belum ada plugin yang total bisa menggantikan fungsi Jetpack.

plugin alternatif jetpack

Plugin Alternatif

Beberapa plugin yang sekiranya bisa menggantikan fungsi Jetpack yang bisa kalian gunakan antara lain:

  1. Contact Form 7
    Contact form yang terpasang dalam Jetpack dapat mempermudah pemasangan form sesuka hati. Untuk menggantikan fungsinya, kalian bisa memakai Contact Form 7 yang juga tak kalah populer.
    tampilan contact form 7
    Plugin ini tersedia secara gratis dan bisa kalian untuk di direktori wordpress
  2. Disqus Comment System
    Jika kalian memakai Jetpack, akan ada pilihan untuk mengaktifkan fitur komentar sehingga dalam setiap artikel/posting akan terlihat tampilan kolom komentar yang berbeda dari bawaan asli WordPress. Sebagai penggantinya jika kalian menonaktifkan Jetpack adalah plugin Disqus.
    tampilan disqusPlugin ini juga tersedia secara gratis di direktori wordpress.
  3. Email Subscribers & Newsletters
    Fitur extra widget dalam Jetpack akan memberikan kalian widget tambahan yang dapat kalian gunakan untuk email subscriber, top post & pages, facebook and twitter widget, dan lain sebagainya. Sebagai pengganti untuk bagian email subscriber yang berfungsi sebagai jalan agar pengunjung web bisa menjadi pelanggan gratis via email jika ada artikel baru dalam web kalian, kalian bisa menggunakan Email Subscribers & Newsletters.
    tampilan email subscribers newsletters
    Plugin ini juga tersedia secara gratis di direktori wordpress.
  4. Google Analytics Dashboard for WP + WP Statistics
    Ketika kalian menggunakan Jetpackdan mengaktifkan fitur wordpress stats, kalian akan disuguhi statistik web kalian dalam dashboard admin layaknya statistik Google Analytic. Agak berbeda sebenarnya dengan Google Analytic karena wordpress stats memberikan tampilan statistik web kalian yang terhubung dengan wordpress.com. Sebagai alternatif, kalian bisa menggunakan dua plugin sekaligus yakni Google Analytics Dashboard for WP + WP Statistics.

    tampilan gadwp
    Tampilan Google Analytics Dashboard for WP

    Google Analytics Dashboard for WP akan memberikan ringkasan trafik web kalian dari pencarian sesuai Google Analytics, sedangkan WP Statistics akan memberikan gambaran trafik keseluruhan pengunjung termasuk jumlah hit (kunjungan) pada setiap artikel.

    tampilan wp statistics
    Tampilan WP Statistics

    Kalian bisa mengunduh dua plugin di atas ecara gratis juga di direktori wordpress ya.

  5. WordPress Popular Posts
    Plugin ini berfungsi untuk menggantikan extra widget yang tadi saya bicarakan pada poin ketiga. Kalian bisa mengunduhnya secara gratis di direktori wordpress dan fungsinya akan sama persis dengan top posts yang dimiliki Jetpack.tampilan wordpress popular posts
  6. Facebook By WebLizar
    Untuk widget Facebook, kalian bisa menggunakan Facebook By WebLizar sebagai alternatif pengganti widget Facebook Jetpack. Jangan ragu karena cara pengaturannya juga sederhana.
    tampilan facebook weblizar
  7. Twitter Tweets
    Untuk plugin pengganti widget Twitter Jetpack, kalian bisa menggunakan Twitter Tweets yang juga dikembangkan oleh Weblizar.
    tampilan twitter weblizar

Kalian juga bisa memilih plugin lain yang ada di direktori wordpress karena ada banyak plugin yang fungsinya sama dengan plugin di atas. Namun, pastikan juga plugin yang kalian pilih masih disupport oleh pengembang plugin-nya dan pastikan cocok untuk versi wordpress kalian. Jika kalian memilih plugin di atas, saya sudah mencobanya sendiri dan pastinya cocok sampai versi wordpress terakhri yang stable di 4.6.1 ya 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.