» » PlayStation 5 Lebih Kuat dari PlayStation 4 Pro?

PlayStation 5 Lebih Kuat dari PlayStation 4 Pro?

posted in: News | 0

Siapa yang tak kenal Sony. Perusahaan yang disinyalir kalah dan bangkrut karena regenerasi yang sangat lambat ternyata masih terus berusaha eksis di bidang teknologi. Tak hanya itu, Sony terkenal karena memiliki kualitas yang sangat disukai oleh banyak penggunanya. Nah, sekarang ada produk baru yang akan diluncurkan yakni PlayStation 5.

Tampilan PlayStation 5

Konsol game Sony generasi selanjutnya -sebut saja PlayStation 5 atau PS5- disinyalir bakal bisa mendukung game yang dapat dimainkan dengan frame rate 240 FPS (frame per detik) di resolusi 4K.

Alhasil, bukan hanya gambarnya terlihat tajam, tapi gerakan aneka animasi dalam game pun akan sangat mulus dengan frame rate setinggi itu.

Kabar ini berasal dari Michael Patcher, analis industri, yang menaksir keberadaan konsol next-gen Sony di tahun depan.

Menurut Pachter, konsol Sony selanjutnya boleh jadi dilengkapi dengan sejumlah fitur mumpuni, seperti gameplay hingga 240 FPS dan kemampuan memainkan game virtual reality (VR).

“Menurut saya, mereka (Sony) mungkin akan menciptakan perangkat yang mendukung output hingga 240 FPS di resolusi 4K dan mendukung PSVR,” katanya sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TrustedReviews, Selasa (1/1/2019).

Dengan kata lain, Patcher memprediksi PS5 bakal memiliki jeroan yang jauh lebih bertenaga dibandingkan PS4 versi Pro saat ini.

PS4 Pro bisa menjalankan game hingga resolusi 4K, tapi dengan frame rate mentok di angka 30 FPS sehingga animasi gerakan tampak tak terlalu mulus.

Beberapa game yang dimainkan di resolusi di 4K pada PS4 Pro juga kebanyakan hanya versi upscale yang didongkrak dari resolusi awalnya di 1080p.

Rumor lain yang beredar mengatakan bahwa PS5 belum akan hadir dalam waktu dekat. Kemungkinan sang penerus PS4 ini baru bakal dirilis menjelang akhir 2019 atau 2020.

Menariknya, selain PS5 “reguler”, Patcher juga memprediksi bahwa Sony akan melepas konsol lain yang difokuskan untuk menjalankan game lewat streaming dan dibanderol dengan harga jauh lebih murah.

Ia mengatakan strategi serupa juga akan dilakukan oleh rival Sony, Microsoft, dengan lini konsol Xbox besutannya.

“Saya pikir akan ada perangkat streaming, seperti konsel Xbox seharga 100 dollar AS yang tak punya kemampuan 4K atau 240 FPS. Lalu bakal ada konsol 400 dollar AS yang mendukung 4K, 240 FPS, dan VR,” ujar Patcher.

Sumber: tekno.kompas.com

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.