PIN Adsense Tak Kunjung Datang? Ini Solusinya

posted in: Ceritaku | 0

Jika kalian termasuk pegiat Google Adsense, sama seperti saya, tentunya kalian juga akan mengalami masa di mana Google akan meminta verifikasi PIN Adsense yang wajib kalian lakukan.

Nah, permintaan verifikasi ini biasanya muncul setelah nominal penghasilan yang diperoleh mencapai $10 atau sekitar antara 100-130 ribu rupiah.

Tanda kewajiban verifikasi ini dibutuhkan agar saldo Adsense bisa dicairkan. Biasanya akan muncul tanda merah seperti berikut jika saldo kalian sudah mencapai batas untuk verifikasi.

Tanda permintaan verifikasi Adsense
Tanda permintaan verifikasi Adsense

Klik tombol AKSI untuk menuju proses. Tampilan verifikasi yang akan muncul secara berkelanjutan adalah dua tahap verifikasi yakni identitas dan verifikasi PIN Adsense.

  1. Verifikasi identitas dilakukan dengan mengunggah (upload) identitas diri. Di sini kalian bisa menggunakan KTP, SIM, atau Passport. Catatan penting: pastikan kartu identitas tersebut memiliki alamat yang sama dengan alamat yang kalian masukkan di bagian Setelan > Pembayaran.
    Menu untuk pengaturan alamat Adsense
    Menu untuk pengaturan alamat Adsense

    Kalian bisa mengupload dari foto smartphone atau sejenisnya. Pastikan foto terlihat jelas dan tidak terlalu kecil ukurannya. Jika ada blur, buram, gelap, dan sejenisnya, Google langsung akan menolak.
    Jika tertolak, kalian hanya punya tiga kali kesempatan untuk upload ulang berkas identitas. Setelah tiga kesempatan itu habis, kalian tidak akan lagi bisa verifikasi. Untuk saat ini, Google tidak menyediakan bantuan jika kalian gagal verifikasi Adsense.
    Tanda gagal verifikasi Adsense
    Tanda gagal verifikasi Adsense

    Yang bisa kalian lakukan hanyalah membuat Adsense dengan akun lain dan mengulang lagi mengumpulkan receh dari nol. Be aware yes 😀

  2. Verifikasi PIN Adsense yang nantinya akan bisa kalian input setelah menerima berkas dari Google. Nah, ini yang akan kita bahas.

Jika kalian sudah melalui tahap verifikasi pertama dan lolos, langkah yang kalian lakukan selanjutnya adalah verifikasi tahap kedua.

Di tahap kedua ini yang dibutuhkan adalah dowo ususe atau dalam bahasa Indonesia adalah sabar sesabar-sabarnya. Kenapa? Karena ini butuh penantian lama terutama bagi kalian yang alamatnya jauh dari perkotaan seperti saya yang ndeso pelosok – tapi tetep kudu pinter dong 😀

Berdasarkan pengalaman saya, setelah beres di verifikasi identitas, langkah selanjutnya adalah verifikasi alamat yang dapat kalian lakukan di menu Akun > Informasi Akun > pilih verifikasikan alamat.

Verifikasi alamat untuk pengiriman PIN
Verifikasi alamat untuk pengiriman PIN

Setelah muncul tampilan berikut, sekali lagi yang perlu kalian lakukan hanya menunggu dan terus posting konten yang baik dan berkualitas. Just wait dan post the best content you have.

Tempat memasukkan PIN Adsense
Tempat memasukkan PIN Adsense

Dalam tampilan tersebut tertulis:

PIN Anda akan dikirim melalui pos 3-5 hari setelah tanggal yang tercantum di atas dan bergantung pada layanan pos mungkin baru sampai dalam waktu 2-4 minggu

Nah, sampai di sini harapan Google dan tentunya kita selaku penunggu agar PIN sampai ke alamat kalian adalah 2-4 minggu. Patoklah target terburuk yakni 4 minggu yang berarti sebulan. What? Sebulan? Iyo.

Saya pun menunggu. Hari berganti minggu. Minggu berganti bulan. Bulan berganti menjadi dua bulan. Datang PIN-nya? BELUM.

PIN yang dikirimkan lewat Pos Indonesia tersebut tidak memiliki resi. Jadi, kalian tidak bisa melakukan pelacakan dalam bentuk apapun.

Lalu, apa yang saya lakukan saat PIN Adsense tak kunjung datang? Berdiam diri? Ora…jangan berdiam diri jika kalian mengalami nasib sama seperti saya dengan pelosoknya rumah.

Yang saya lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Google mengirimkan PIN melalui pos. Artinya melalui kurir Pos Indonesia, bukan yang lain.
  2. Datangi kantor cabang besar kurir Pos Indonesia terdekat dari lokasi alamat kalian. Sekali lagi kantor besar ya bukan agen. Jarak saya ke kantor cabang besar adalah sekitar 10 km dan saya pun meluncur ke Pos Indonesia.
  3. Tanyakan ke pihak Pos Indonesia, “Pak/Bu/Mas/Mbak, untuk pengambilan PIN Google Adsense di mana ya?”
    Setelah itu nantinya kalian akan diarahkan ke bagian khusus yang menangani pengiriman paket. Petugas pengiriman akan menanyakan alamat yang tercantum dan jawablah sesuai alamat kalian karena masing-masing petugas pengirim paket memiliki alamat tujuan dan daerah berbeda.
  4. Yang saya alami saat ke Pos Indonesia, berkas PIN saya tidak langsung ketemu saat petugas mencari. Jangan emosi, slow down baby. Ini artinya berkas kalian belum sampai di kantor cabang Pos Indonesia daerah kalian.
  5. Jika belum ketemu, jangan langsung pulang dengan tangan kosong. Mintalah kontak nomor WA/SMS petugas yang mengantar paket ke daerah kalian tadi. Kontak ini berfungsi untuk menanyakan progress apakah sudah ada atau belum berkas PIN kalian. Nah, saran saya kalian jangan tiap hari bertanya ya. Ingat untuk menghormati waktu orang lain termasuk waktu milik petugas Pos Indonesia. Tanyalah 5 hari atau seminggu sekali.

Dari langkah saya di atas, seminggu saya nanya belum ada kabari. Lanjut dua minggu nanya belum ada kabar juga. Hingga akhirnya nembus nambah satu bulan lagi (jadi 2 bulan dari batas menunggu Google di keterangan tadi), juga belum datang.

Alhasil, alhamdulillah dengan total sekitar 2 bulan + hampir 3 minggu PIN saya datang dan diantar langsung ke rumah saat nyuci motor hehe.

Seperti ini berkasnya. Udah lecek, kumel banget karena saking lamanya perjalanan.PIN Adsense Tak Kunjung Datang

Loh, kok bisa lama seperti itu ya? Saya harap gambar ini bisa menjawab pertanyaan kalian.

Pengiriman dari Malaysia
Pengiriman dari Malaysia

Iyup…yang menyebabkan lama adalah pengiriman dari Malaysia. Akan lebih lama lagi karena rumah saya pelosok. Jika rumah kalian perkotaan mungkin gak selama yang saya alami.

Jika kalian buka berkas PIN tersebut, akan seperti ini.

Tampilan berkas PIN Adsense
Tampilan berkas PIN Adsense

Letak PIN ada di sebelah kanan yang saya tandai warna merah ini yes. Di sini juga ada petunjuk cara memasukkan PIN tersebut ke akun.

Letak PIN Adsense
Letak PIN Adsense

So, jangan emosi ya jika memang PIN kalian tak kunjung datang. Terus berusaha dan rezeki pasti akan kembali jika itu milik kalian.

Sampai di sini artikel saya selesai. Jika kalian mengalami hal yang sama, bisa diceritakan di kolom komentar. Barangkali ada yang senasib bisa jadi bahan untuk saling menguatkan. Semangat 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.