Pesan GoFood dan Cek Saldo BCA? “OK Google” Saja

posted in: News | 0

Kabar ter-wow menurut saya datang dari karya anak bangsa kita. Iyups…kalian sekarang bisa pesan GoFood dan Cek Saldo BCA melalui asisten “OK Google”.

Fitur Google Assistant semakin kaya akan fitur baru. Google baru saja mengumumkan beberapa fitur baru yang bisa dilakukan si asisten virtual ini. Salah satunya untuk memesan makanan melalui layanan Go Food di Gojek.

Sebelumnya, Google Assisstant baru bisa digunakan untuk membuka aplikasi Gojek saja.

“Kami umumkan bahwa Google Assistant bisa digunakan untuk layanan lainnya di Gojek,” jelas Nimesh Ranjan, Google Assistant Program & NBU Lead saat mempresentasikan fitur baru Google Assisstant di acara Google for Indonesia, Rabu (20/11/2019).

Ranjan pun lantas mendemonstrasikan fitur anyar tersebut dibantu rekannya, Effie Goenawan, Product Manager Google Assistant.

Baca juga: Pembaruan Mode Google Maps di Update Terbaru

Cara menggunakannya pun sama dengan perintah suara lainnya saat menggunakan Google Assistant, yakni dengan menekan dan menahan tombol home hingga muncul titik-titik warna-warni di bagian bawah layar.

Lantas, ucapkan “Ok Google, order (sebut makanan) di Gojek” maka pengguna akan langsung diarahkan ke layanan Go Food yang menampilkan beberapa tenant penjual makanan yang dimaksud. Pengguna cukup lanjutkan proses pemesanan seperti biasa.

“Selain memesan makanan dengan Go Food, Anda juga bisa menggunakan Google Assitant untuk Go Ride,” jelas Evi sambil mendemonstrasikan Google Assistant untuk layanan Gojek.

Ia juga menerangkan bahwa pengguna bisa mengawasi status pesanan dengan mengatakan “OK Google, cek status order di Gojek”.

Tak cuma dengan Gojek, Google Assitant juga bisa digunakan untuk mengecek saldo di rekening Bank BCA dengan mengatakan “Ok Google, bicara dengan Bank BCA untuk cek saldo” kepada Google Assistant.

Nimesh Ranjan
Nimesh Ranjan, Google Assistant Program & NBU Lead saat memperkenalkan beberapa fitur baru Google Assistant di acara Google for Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Ranjan juga memperkenalkan fitur baru di Google Assistant untuk meningkatkan keamanan privasi pengguna.

“Anda sekarang bisa menghapus aktivitas perintah suara dengan mengucapkan “Ok Google, hapus percakapan saya pada Anda” atau “Ok Google, hapus semua percakapan suara minggu lalu”.

Kemudian, Google Assistant akan memberikan konfirmasi langsung bahwa percakapan telah dihapus. Semua fitur ini sudah tersedia dalam pengaturan Bahasa Indonesia.

Nah, itu dia cara pesan GoFood dan cek saldo BCA kalian dengan Google Assistant yes. Kombinasi Google yang telah menambahkan database untuk GoFood dan cek saldo BCA ini tentunya akan mempermudah banyak pihak terutama mahasiswa yang pengen cari makan. Selamat bersuka ria 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.