» » Perpanjang STNK Sendiri Gampang Kok

Perpanjang STNK Sendiri Gampang Kok

posted in: Ceritaku | 0

Bulan pertama jika tahun baru datang menjadi bulan pengantrian di mana saya harus menjalankan kewajiban sebagai warga negara yang taat yakni membayar pajak untuk kendaraan bermotor. Bagi yang sudah pernah melakukan perpanjangan STNK secara langsung oleh diri sendiri tanpa nitip orang lain (jangan sebut calo ya, tetangga soalnya haha) pasti udah tahu langkah yang harus dilakukan. Nah, kali ini saya baru pertama melakukan perpanjangan sendiri karena kebetulan motornya ada KTP sendiri hehe. Cekidot nih pengalaman saya dalam perpanjang STNK di Samsat Kota Wali Demak.

parkiran samsat

Gambar di atas adalah tampak depan kantor Samsat Demak dengan adanya parkir motor yang disediakan. Bagi kalian yang belum pernah ke Samsat Demak, cobalah lakukan pencarian di Google dengan keyword lokasi Samsat Demak dan kalian akan menemukan alamat dan petunjuk maps ke arah lokasi tersebut. Yup…Samsat Demak terletak di Jl. Sultan Trenggono, Jogoloyo, Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59571, Indonesia.

Kisah saya kali ini untuk sementara hanya pengalaman dalam perpanjangan STNK tanpa penggantian plat kendaraan roda dua (sepeda motor) yakni untuk perpanjangan tahunan, bukan perpanjangan lima tahunan ya. Bulan Juli tahun ini insyaAllah akan saya usahakan menulis lagi untuk pergantian plat karena motor butut saya harus ganti plat bulan tersebut.

Ada baiknya sebelum ke Samsat kalian menyiapkan fotokopi berkas berikut.

  • Fotokopi KTP Pemilik,
  • Fotokopi STNK, dan
  • Fotokopi BPKB (untuk perpanjangan lima tahunan)

Saat saya melakukan pengisian hanya diminta satu lembar fotokopi STNK dan KTP karena hanya untuk perpanjang satu tahunan. Sebaiknya kalian memfotokopi lebih dari satu lembar untuk masing-masing berkas tersebut. Oiya, di Samsat juga ada fotokopi yang bisa kalian gunakan. Namun, saran saya sebaiknya fotokopi di rumah karena jika antrean fotokopi panjang, maka kalian harus bersiap untuk tenaga lebih. Juga, katanya, fotokopi di Samsat lebih mahal dari fotokopi biasa.

Langkah perpanjangan STNK tahunan bisa kalian ikuti sebagai berikut.

  1. Sesampainya kalian di Samsat Demak, jika kalian membawa kendaraan baik motor maupun mobil, kalian bisa memarkirkannya di parkiran yang tersedia. Untuk kendaraan tak bermotor dan roda tiga atau sejenisnya menyesuaikan tempat yang ada karena biasanya kendaraan yang ada di parkiran adalah sepeda motor (roda dua) dan mobil (roda empat).
    parkiran motor samsat
    Parkiran motor Samsat Demak
    parkiran mobil samsat
    Parkiran mobil Samsat Demak
  2. Jika akan melakukan perpanjangan lima tahunan alias ganti plat nomor, kalian harus melakukan pengecekan bodi kendaraan terlebih dahulu atau disebut dengan cek fisik. Nah, di Samsat sudah tersedia bagian cek fisik yang bisa kalian gunakan dan GRATIS.
    tempat cek fisik
  3. Jika kalian layaknya saya yang baru kali pertama memperpanjang sendiri, jangan ragu dan (biasanya) malu untuk bertanya pada siapapun yang kalian jumpai tentang langkah yang harus kalian lakukan. Jika kalian ragu untuk bertanya pada orang yang tidak kalian kenal di sana, setidaknya tanyalah pada satpam. Satpam di sana dipastikan tidak akan menyesatkan kalian. Saya pun diberi petunjuk oleh Pak Satpam agar memberikan STNK asli, selembar fotokopi KTP, dan selembar fotokopi STNK yang kemudian dimasukkan dalam stopmap yang diberikan oleh Pak Satpam tersebut.
  4. Selanjutnya masuk ke dalam antrean penyerahan arsip dan berikan stopmap yang berisi berkas tadi kepada petugas. Kalian akan mendapatkan nomor antrean untuk menuju loket kasir/pembayaran. Pada saat saya melakukan perpanjangan, tersedia dua nomor untuk pemanggilan. Santai saja, cepet kok kalau urusan antre menyerahkan uang 😀
    tempat menunggu antreanSelama masa pengantrean, kalian tidak akan bosan jika membawa smartphone karena tersedia Wifi gratis yang cukup membantu kalian ketika bosan.
  5. Setelah pembayaran selesai, kalian akan berlanjut di pengantrean loket Penyerahan STNK. Nah, di sinilah kalian harus bersabar sedikit lebih panjang apalagi jika banyak antrean. Fokuskan telinga kalian dan jangan sampai terlewat karena penyerahan STNK diberikan dengan memanggil nama orang sesuai dengan nama pemilik STNK dan KTP, bukan nama kalian yang memperpanjang. Jika terlewat, mungkin kalian akan menunggu panggilan lebih lama lagi hehe.
    antrean loket penyerahan stnk
    Antrean loket penyerahan STNK

Jika sudah sampai langkah tersebut, STNK kalian sudah beres dan kalian bisa pulang dengan segera. Jangan lupa bawa pulang juga kendaraan yang kalian bawa (jika bawa) dari parkiran dengan memberikan karcis parkir yang diberikan oleh mesin otomatis saat kalian masuk pertama kali. Lokasi parkir motor ada di sebelah kiri, sedangkan lokasi parkir mobil ada di sebelah kanan kantor Samsat Demak. Udah gitu doang. Mudah kan? 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Muhammad Faizin
Latest posts from