» » Pengaturan Page Layout pada MS. Word

Pengaturan Page Layout pada MS. Word

posted in: Tutorial | 0

Pengaturan page layout menjadi hal yang sangat penting bagi para pengguna Microsoft Word apalagi untuk kalangan akademisi baik itu siswa maupun guru bahkan juga penting untuk pebisnis undangan, warnet, dan sebagainya. Penataan layout adalah hal dasar yang harus diketahui karena juga berkaitan dengan hasil cetakan yang pastinya menyesuaikan kertas yang ada. So, pertanyaan di bawah ini harus sudah bisa kalian jawab setelah belajar dan mempraktikkan artikel ini ya 😀

mengatur layout
Pengaturan Page Layout

Pengaturan layout dalam Word tidak hanya sebatas ukuran kertas saja. Kalian nanti juga akan bertemu dengan margin kertas dan sebagainya. Langsung saja deh daripada basa-basa dan bisi, mari kita simak cerita selengkapnya dalam langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Word kalian. Kalian boleh menggunakan versi apa saja dari Word yang tersedia di komputer kalian. Dalam demo ini, saya menggunakan Word 2016 ya biar dibilang kekinian haha.
  2. Selanjutnya, silahkan buat dokumen kosong baru atau blank document. Untuk Word 2016, tampilan tersebut akan muncul setelah Word terbuka.
    pilih blank document
  3. Setelah itu, kalian akan bertemu dengan dokumen baru yang masih putih mulus belum ada coretan apapun. Langsung saja perhatikan menu ribbon yang ada di bagian atas. Masuk ke tab Layout.
  4. Klik tanda anak panah kecil yang terletak seperti gambar berikut.klik page setup
  5. Lalu, akan muncul tampilan Page Setup. Nah…di tampilan inilah kalian bisa mengatur ukuran kertas, margin, dan sebagainya yang berkaitan dengan layout halaman.tampilan page setup
  6. Yang perlu kalian perhatikan juga adalah ukuran awal pengaturan default dalam Word adalah dengan menggunakan satuan inch. Hal itu dapat kalian lihat dari tanda petik di belakang angka yang menunjukkan satuan inch.
    tanda satuan inch
  7. Bagi sebegian besar orang, satuan inch sangat jarang dipakai dan lebih familiar dengan satuan sentimeter (cm). Untuk itu, kita juga akan mengganti satuan inch menjadi sentimeter pada Word. Hal tersebut telah kita bahas pada artikel sebelumnya.
  8. Setelah berubah menjadi sentimeter (cm), kalian akan lebih leluasa untuk mengatur ukuran layout-nya. Dalam pengaturan layout terdapat tiga tab utama yakni Margins, Paper, dan Layout.
    tiga tab utama menu page setup

Biasanya, margin untuk dokumen resmi seperti skripsi, makalah, dan sejenisnya itu top dan left = 4 cm, sedangkan bottom dan right = 3 cm. Ehiya, margin digunakan sebagai batas teks akan mulai dituliskan dalam halaman terhitung dari jarak tepi kertas.

Nah, gimana? Sekarang kalian sudah paham kan tentang pengaturan layout di Word? Selamat mencoba 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Muhammad Faizin
Latest posts from